5 Origin Superhero Shazam Yang Berbeda-Beda Di Komiknya

5 Origin Superhero Shazam yang Berbeda-Beda di Komiknya

superhero shazam
5 Origin Superhero Shazam yang Berbeda-Beda di Komiknya | www.dccomics.com

Shazam punya origin yang berbeda-beda lho di komik DC.

Superhero Shazam atau yang dulu berjulukan Captain Marvel, yakni salah satu huruf DC yang punya peranan cukup penting dalam dunia komik DC, sekaligus sangat menghibur. Ketika Beck dan Bill Parker merilis komiknya pertama kali di tahun 1939 dalam komik Whiz Comics #2, komiknya pun meledak di pasaran.

Digambarkan sebagai seorang anak kecil berjulukan Billy Batson yang suka baca komik, bisa berubah jadi superhero sesudah mengucapkan “Shazam!“, bahkan punya kekuatan yang lebih besar dari Superman, Shazam bahwasanya punya origin atau asal mula yang berbeda-beda. Hal ini terlihat dari 5 komik Shazam yang pernah rilis ini.

Berikut 5 Origin Superhero Shazam yang Berbeda-Beda di Komiknya

Menyambut film Shazam! yang tayang di Indonesia pada Rabu (6/4/2019), kita lihat yuk 5 origin superhero Shazam yang berbeda-beda di komiknya.

1.

Whiz Comics #2 (1939), komik yang pertama kali memperkenalkan Captain Marvel.

superhero shazam
Whiz Comics #2 (1939) yang jadi pesaing komik Superman | filmschoolrejects.com

Satu hal yang menciptakan komik origin superhero dalam komik Shazam ini berbeda adalah, ceritanya agak sedikit bernafsu dan cukup pendek untuk sebuah kisah origin seorang superhero. Dengan jumlah halaman yang cuma kurang dari 12 halaman aja, komik Whiz Comics #2 (1939) ini emang cukup ekonomis, tapi malah jadi lucu banget.

Dalam komik ini, Billy Batson muncul untuk pertama kalinya, diperkenalkan kepada penyihir Shazam, mendapat kekuatannya, kemudian bertarung dengan para bad guy. Simpel, tapi sangat menghibur, walaupun ceritanya pendek banget, ditulis dengan penggambaran yang baik, menjadi titik awal dongeng yang lebih besar.

2.

Shazam! #1 (1973)

superhero shazam
Shazam! #1 (1973) | www.worthpoint.com

Beberapa tahun jadi pesaing Superman, Fawcett Comics kesannya menghentikan penerbitan komik Captain Marvel tahun 1953, sebab somasi pelanggaran hak cipta yang diajukan DC Comics. Dua dekade kemudian, DC melisensi huruf tersebut dan mengubah namanya menjadi Shazam! sebab ada “Captain Marvel” yang lain.

Melanjutkan dari komik terakhir, Shazam! #1 (1973) menceritakan Billy Batson, Mary Batson (Mary Marvel) dan Freddy Freeman (Captain Marvel Jr.) yang digambarkan menghilang selama lebih dari 20 tahun. Namun mereka masih sepeti anak kecil sebab mati suri bersama musuhnya Dr. Sivana dan anak-anaknya.

3.

Shazam! The New Beginning (1987)

superhero shazam
Shazam! The New Beginning (1987) | www.worthpoint.com

Setelah DC menggabung semua dunia paralel dalam Crisis on Infinite Earths (1985-1986), termasuk Earth-S yang menjadi dunia Shazam, ia muncul kembali dalam komik Legends (1986). Pada ketika itu, DC tetapkan untuk menciptakan ulang origin dari beberapa superhero, termasuk origin Shazam yang dibentuk lebih suram.

Ketika orang tuanya tewas dalam kecelakaan mobil, Billy Batson diadopsi paman tirinya Sivana sesudah dibujuk sepupu tirinya Beautia dan Magnificus. Namun Sivana mengambil warisan Billy untuk menuntaskan eksperimen dimensi yang membawa Black Adam ke dunianya, dan petualangan heroik Billy pun dimulai.

4.

The Power of Shazam! (1994)

superhero shazam
The Power of Shazam! (1994) | comicbook.com

Ditulis dan digambar oleh Jerry Ordway, novel grafis The Power of Shazam! (1994) ini menggantikan New Beginning, mengakibatkan Billy Batson belum dewasa lagi, Black Adam digambarkan sebagai pembunuh orang bau tanah Billy, dan Sivana menjadi seorang taipan kejam ala Lex Luthor. Novel ini dilanjutkan komik berjudul sama yang rilis tahun 1995-1999.

Novel ini pun sering disejajarkan dengan dongeng yang ada di komik Captain Marvel maupun Superman terbaik, gambar yang dilukis oleh Jerry Ordway bisa menghasilkan gambar yang tampak hidup dan bergerak. Kalo kau mau baca kisah origin superhero Shazam, kau bisa cek yang ini.

Artikel Lainnya

5.

Shazam! (2011)

superhero shazam
Shazam! (2011) | filmschoolrejects.com

Ditulis oleh Geoff Johns, digambar oleh Gary Frank, dan awalnya menjadi backup di komik Justice League, dongeng yang ada di komik Shazam! (2011) inilah yang menjadi basis film Shazam! (2019). Billy Batson yakni seorang anak asuh, bersama Freddy, Mary dan huruf gres berjulukan Darla, Eugene dan Pedro saudara kandungnya.

Kekuatan sihir petir yang biasanya hanya dimiliki Mary dan Freddy, ternyata juga didapatkan oleh saudara Billy yang lain, sehingga mereka menjadi Shazam Family. Mereka harus berhadapan dengan Sivana, seorang arkeolog pencari kekuatan sihir, yang mendapat kekuatannya sesudah melepaskan Black Adam ke dunia.

Itulah tadi 5 komik origin superhero Shazam yang berbeda-beda di tiap-tiap komiknya. Buat kau yang kepingin tahu seluk beluk mengenai superhero Shazam sesudah nonton filmnya, kau bisa bacak 5 komik ini kenal lebih akrab dengan superhero Shazam.