6 Fakta Dr. Sivana, Salah Satu Musuh Turun-Temurun Shazam

6 Fakta Dr. Sivana, Salah Satu Musuh Bebuyutan Shazam

Fakta Dr. Sivana Shazam
6 Fakta Dr. Sivana, Salah Satu Musuh Bebuyutan Shazam | screenrant.com

Siapakah Dr. Sivana?

Penggemar superhero DC alhasil disambut dengan kehadiran film superhero DC Shazam! (2019), menampilkan sosok superhero berjulukan Shazam (atau yang dulu dikenal dengan nama Captain Marvel), yang mendapat kekuatannya dari Dewa Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles dan Mercury, sesudah meneriakkan kata SHAZAM.

Shazam (Zacary Levi) akan berhadapan dengan salah satu musuh bebuyutannya, yaitu Dr. Sivanan (Mark Strong), seorang ilmuwan cerdas dan berbahaya, yang cukup diperhitungkan di dunia DC. Bahkan kemunculan Dr. Sivana di dalam komiknya udah selama Shazam, bahkan Superman.

Berikut 6 Fakta Dr. Sivana, Musuh Bebuyutan Shazam

Sebagai salah satu musuh utama di film Shazam!, ada beberapa fakta yang bisa kau ketahui untuk mengenal huruf yang selalu mencari cara untuk mengalahkan Shazam dan keluarganya. Yuk kita liat fakta Dr. Sivanana ini.

1.

Dr. Sivana yakni ilmuwan ajaib pertama di dunia komik, tanpa kekuatan super.

Fakta Dr. Sivana Shazam
Dr. Sivana yakni ilmuwan ajaib pertama yang selanjutnya bakal jadi cikal bakal ilmuwan ajaib lainnya. | www.kincir.com

Ada yang merasa familiar dengan sosok Dr. Sivanna? Tentu dong, alasannya yakni beliau yakni cikal bakal “ilmuwan gila” di dunia komik, termasuk seluruh ilmuwan ajaib yang pernah ditampilkan dalam dunia film ataupun rujukan lainnya. Dr. Sivana yang punya nama orisinil Doctor Thaddeus Bodog Sivana yakni ilmuwan terpelajar dan berbahaya, salah satu musuh turun-temurun Shazam.

Beda dengan villain lainnya, ia nggak punya kekuatan super, tapi ia cuma mengandalkan kecerdasan dan kejeniusannya untuk menciptakan teknologi yang bisa melawan Shazam. Dalam komik The New 52, Dr. Sivana bisa melihat aura sihir dengan mata kirinya.

2.

Dr. Sivana diciptakan pada tahun 1940, tapi alhasil sempat menghilang sesudah digugat oleh DC.

Fakta Dr. Sivana Shazam
Dr. Sivana telah muncul dari tahun 1939 di Fawcett Comics. | boundingintocomics.com

Dr. Sivana dan Shazam udah berseteru semenjak lama, yaitu semenjak kemunculannya di komik Whiz Comics #2 tahun 1939, bahkan perseteruan mereka berdua ini berhasil mengalahkan penjualan komik Superman lho. Namun persilisihan mereka harus berakhir dikala DC Comics menggugat Fawcett Comic alasannya yakni Captain Marvel (Shazam) diduga menggandakan Superman.

Gugatan ini berlangsung selama 12 tahun dan alhasil dimenangkan oleh DC Comics. Pada tahun 70-an, DC alhasil membeli hak cipta serial tersebut, sampai alhasil pertarungan Shazam/Captain Marvel dengan Dr. Sivana pun berlanjut kembali di DC Universe.

3.

Dr. Sivana punya empat orang anak.

Fakta Dr. Sivana Shazam
Keluarga besar Dr. Sivana | boundingintocomics.com

Sebagai seorang villain, Dr. Sivana punya keluarga besar lho. Dari seorang istri berjulukan Venus Sivana, mereka mendapat empat orang anak, yaitu dua orang putra berjulukan Magnificus Sivana dan Thaddeus Sivana Jr., serta dua orang putri berjulukan Beautia Sivana dan Georgia Sivana.

Mereka jadi villain sama menyerupai ayahnya, kecuali Beautia yang jatuh cinta dengan Captain Marvel/Shazam, tapi ia nggak tahu kalo Shazam bahwasanya yakni seorang anak kecil berjulukan Billy Batson. Dalam komik Multiversity, mereka mendapat kekuatan yang menyerupai Shazam, yaitu berubah dikala meneriakkan “SIVANA”.

4.

Nama Dr. Sivana berasal dari kombinasi nama Dewa Shiva dan kata “Nirvana”.

Fakta Dr. Sivana Shazam
Nama Dr. Sivana merupakangan adonan dari kata Dewa Shiva dan kata “Nirvana” dalam agama Hindu. | chasemagnett.wordpress.com

Nama Dr. Sivana yang diciptakan oleh C.C. Beck dan Bill Parker ini merupakan adonan dari dua kata, yaitu nama Dewa Shiva dari agama Hindu dan juga istilah “Nirvana”, yaitu surga. Sama menyerupai villain superhero lainnya, awalnya Dr. Sivana yakni orang baik yang berusaha memberi bantuan besar kepada dunia dengan penemuannya.

Namun alasannya yakni persaingan yang ketat dan duduk masalah birokrasi membuatnya jadi gila, kemudian pergi menuju Planet Venus dan kembali ke bumi untuk melawan Captain Marvel/Shazam dan keluarganya. Walaupun namanyat terinspirasi dari Dewa Shiva dan Nirwana, kepribadian

5.

Dr. Sivana pernah berkomplot dengan dirinya sendiri yang berasala dari dunia paralel.

Fakta Dr. Sivana Shazam
Dr. Sivana dalam banyak sekali universe. | boundingintocomics.com

Ketika sesuatu nggak bisa berjalan dengan baik, maka kita sendirilah yang bisa menyelesaikannya, dan itulah yang ada dalampikiran Dr. Sivana dikala beliau menjadi villain utama dalam komik Multiversity karya Grant Morrison. Dia nggak cuma pengin menghancurkan dunia, tapi juga seluruh Multiverse dengan cara memanggil dirinya sendiri yang berada di dunia paralel lain.

Sayangnya, rencananya nggak berjalan dengan mulus alasannya yakni nggak semua Sivana tertarik dengan planning tersebut. Makara planning Sivana harus berakhir di tangan Sivana sendiri.

Artikel Lainnya

6.

Dr. Sivana tergabung dalam tim Fearsome Five.

Fakta Dr. Sivana Shazam
Dr. Sivana tergabung dalam tim Fearsome Five. | comicvine.gamespot.com

Setelah komik Captain Marvel berhenti dirilis di Fawcett Komik, Dr. Sivana pun sempat menghilang, dan gres kembali muncul di komik New Outsiders, menolong salah satu anggota Fearsome Five. Fearsome Five yakni kelompok supervillain yang berselisih dengan Teen Titans dan The Outsiders, beranggotakan Jinx, Gizmo, Psimon, Mammoth dan Shimmer.

Setelah Shimmer tewas, Dr. Sivana diminta untuk menghidupkannya. Sempat terjadi perdebatan antara Sivana dan Fearsome Five, sampai Sivana alhasil membunuh Gizmo. Ia pun mencari anggota gres untuk melawan The Outsiders, dan merekrut Joker, Deathstroke, Gorilla Grodd, Monsieur Mallah dan The Brain.

Itulah tadi 6 fakta Dr. Sivana, salah satu musuh turun-temurun Shazam yang sangat cerdas namun licik. Penampilannya ini sanggup kau lihat di film superhero Shazam! yang tayang April 2019.