6 Film Hollywood Yang Jadi Ide Film Horor Terbaru Us

6 Film Hollywood yang Makara Inspirasi Film Horor Terbaru “Us”

film hollywood Us Jordan Peele
6 Film Hollywood yang Makara Inspirasi Jordan Peele, Sutradara Film Horor Us | www.zonared.com

Film horor terbaru Us ternyata banyak terinspirasi dari film horor lain.

Film Us (2019) yakni film horor terbaru yang berhasil jadi materi omongan banyak orang alasannya tema dan agresi mencekam yang ditampilkan. Film ini pun pribadi meraup $70,3 juta (3x lipat dari bujet) hanya dalam ahad pertamanya aja, menggeser Captain Marvel yang udah bertahan di puncak box office selama dua pekan berturut-turut.

Sutradara sekaligus penulis naskah film Us Jordan Peele mengungkap beberapa daftar ide film horor yang juga dibagikannya kepada para pemain film filmnya, semoga mereka dapat memahami film apa yang lagi mereka garap. Beberapa juga punya plot dan tema yang agak serupa, tapi tak sama.

Berikut 6 Film Hollywood yang Makara Inspirasi Film Horor Terbaru Us Karya Jordan Peele

Kalo kau mau lebih paham wacana kompleksitas film yang digarap Jordan Peele ini, mungkin kau perlu nonton juga beberapa film yang jadi inspirasinya. Yuk kita simak film Hollywood apa yang dimaksud!

1.

Dead Again (1991)

film hollywood Us Jordan Peele
Dead Again (1991) | www.justwatch.com

Dead Again (1991) yakni film romantis thriller yang disutradarai oleh Kenneth Branagh, yang juga berperan sebagai pemain bersama dengan calin istrinya Emma Thompson. Film ini menceritakan wacana seorang perempuan yang telah kehilangan ingatannya alasannya amnesia, dibawa ke sebuah daerah penampungan di Los Angeles.

Seorang detektif berjulukan Mike Church (Branagh) pun diminta untuk menyidik identitas perempuan tersebut, yang nggak dapat bicara dan selalu mengalami mimpi buruk. Penelusuran masa kemudian perempuan yang dipanggil “Grace” tersebut malah menguak masalah pembunuhan misterius 40 tahun lalu.

Link Download: Dead Again (1991)

2.

C.H.U.D. (1984)

film hollywood Us Jordan Peele
C.H.U.D. (1984) | www.nightmarishconjurings.com

Penyuka film horor niscaya juga suka dengan film monster yang bersembunyi di tempat-tempat gelap yang dapat menyerang korbannya kapan saja mereka lengah, dan film horor thriller Us pun memakai acuan film C.H.U.D. (1984) untuk adegan pembukanya. Film tersebut menceritakan wacana rangkaian bencana misterius hilangnya orang-orang di kota.

Setelah diselidiki, ternyata penyebab hilangnya orang-orang tersebut yakni akhir insan mutan kanibal yang disebut C.H.U.D. (Cannibalistic Humanoid Underground Dwellers) yang bermutasi akhir limbah radioaktif yang dibuang di bawah tanah kota New York. Film ini punya implikasi tema yang sama dengan Us: Manusia yang nggak bertanggung jawab yakni akar dari semua monster di dunia.

Link Download: C.H.U.D. (1984)

3.

Persona (1966)

film hollywood Us Jordan Peele
Persona (1966) | scrapsfromtheloft.com

Persona (1966) yakni salah satu masterpiece film psikologi terbaik, ditulis dan dibentuk oleh Ingmar Bergman. Ceritanya berpusat pada seorang perawat muda berjulukan Alma (Bibi Andersson) dan pasiennya, seorang arits ternama berjulukan Elisabet Vogler (Liv Ulmann), yang tiba-tiba berhenti untuk berbicara.

Dengan elemen horor psikologi, dualitas, kegilaan, dan identitas personal, Persona udah sering dijadikan subyek penelitian, analisa, interpretasi dan juga debat. Film ini pun jadi ide Jordan Peele dalam menciptakan Us, mengusung teror yang dialami sebuah keluarga oleh orang-orang yang seolah-olah dengan mereka.

Link Download: Persona (1966)

4.

Funny Games (1997)

film hollywood Us Jordan Peele
Funny Games (1997) | www.youtube.com

Film horor thriller Us dapat diblang paling banyak mengambil ide dari film Funny Games (1997), film psikologi thriller yang ditulis dan disutradarai oleh Michael Haneke. Film Austria ini menceritakan wacana dua perjaka yang menawan sebuah keluarga dan menyiksa mereka dalam sebuah permainan sadis.

Us juga banyak menampilkan beberapa visual sebagai bentuk homage dari film Funny Games. Lingkungan rumah yang diserang oleh dua perjaka di film ini juga situasinya persis dengan komplek danau yang ada di film Us.

Link Download: Funny Games (1997)

5.

Carnival of Souls (1962)

film hollywood Us Jordan Peele
Carnival of Souls (1962) | www.imdb.com

Carnival of Souls (1962) yakni film horor independen yang ditulis, disutradarai dan diproduseri oleh Herk Harvey. Film horor ini menceritakan wacana seorang perempuan muda berjulukan Mary Henry yang hidupnya berubah sehabis terlibat dalam kecelakaan mobil.

Dia kemudian pindah ke Utah, dan ketika sedang menyetir mobil, tiba-tiba ada pantulan wajah seorang laki-laki tak dikenal yang menggantikan wajah Marry, sampai kesannya mobilnya oleng. Sejak itulah, bencana gila terus berlangsung, menariknya ke sebuah karnival yang telah ditinggalkan.

Link Download: Carnival of Souls (1962)

Artikel Lainnya

6.

The People Under the Stairs (1991)

film hollywood Us Jordan Peele
The People Under the Stairs (1991) | www.imdb.com

Pada tahun 2017, sebelum film Get Out (2017) karya Jordan Peele rilis, Peele mengkurasi sejumlah film untuk Brooklyn Academy of Music yang dikhususkan utnuk membahas “social thriller“, dan semua daftar filmnya ini yakni sumber ide dari film Get Out.

Salah satu dari film tersebut yakni The People Under the Stairs (1991), film horor komedi yang ditulis dan disutradarai Wes Craven. Filmnya menceritakan seorang pintar balig cukup akal dan dua pencuri yang terjebak di dalam sebuah rumah milik sepasang suami istri, yang ternyata memenjarakan sekelompok anak kecil di bawah rumahnya.

Link Download: The People Under the Stairs (1991)

Inilah 6 film Hollywood yang jadi ide bagi Jordan Peele untuk menciptakan film horor thriller terbaru Us. Buat yang suka banget dengan genre film ini, kau wajib untuk nonton semua film tersebut.