6 Film Pahlawan Terbaik Dengan Plot Yang Anti-Mainstream

6 Film Jagoan Terbaik dengan Plot yang Anti-Mainstream

Film jagoan terbaik
Terseru di masanya | keepo.me

Berani angkat isu-isu antimainstream

Film jagoan atau yang dikenal pula dengan istilah film superhero memang punya daerah khusus di hati para pecinta film. Apalagi di Indonesia. Banyak yang sukses di pasar tanah air, padahal tidak begitu sukses di negeri asalnya. Terlepas dari laba dan popularitas, film jagoan jarang masuk dalam jajaran nominator di ajang penghargaan bergengsi.

Kebanyakan, film tersebut plotnya cenderung gampang ditebak dan kurang mengangkat info yang relateable dengan masyarakat. Walau jarang sering mendapat awards, film jagoan terbaru tetap menyuguhkan kisah yang nggak kalah seru. Black Panther bisa dibilang sukses keberaniannya mengangkat info keberagaman.

6 film jagoan terbaik yang ceritanya tak kalah seru

Selain Black Panther, ini beberapa film jagoan terbaru yang nggak kalah seru dan berani angkat info menarik. Tak hanya cinta dan kebenaran hitam putih semata, tapi nilai moralnya lebih deep daripada itu.

1.

Hancock, jagoan yang sempat terlupakan

Film jagoan terbaik
Hancock | www.slashfilm.com

Film jagoan terbaik Hancock mengisahkan gelandangan yang mempunyai kekuatan super luar biasa. Karena caranya menolong yang aneh, ia justru dimusuhi. Merasa tak dihargai, Hancock ogah menolong lagi. Suatu ketika, seorang anak yang ditolongnya berterima kasih dan bersedia membantu mendapat kepercayaan orang lain.

Film Hancock berhasil men-tackle stigma bahwa superhero selalu tepat dan berhati emas. Pada dasarnya, Hancock hanya insan biasa yang punya sisi negatif. Layar lebar yang dirilis 2008 ini menjadi pencetus film jagoan yang lebih realistis dan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Jangan lupakan juga bila Hancock di sini digambarkan sebagai seorang berkulit hitam. Jauh dari penggambaran jagoan di film Hollywood biasanya.

Link download film Hancock

2.

Chronicle, punya kekuatan super itu bukan hal mudah

Film jagoan terbaik
Chronicle | comicvine.gamespot.com

Tiga dewasa pria tak sengaja menemukan gua yang membuat mereka mempunyai kekuatan super. Kekuatan super mereka sebetulnya umum. Bisa terbang tanpa alat bantu, telekinesis, serta inhuman force. Awalnya, hal itu membuat mereka senang. Mereka tak peduli dengan lingkungan dan bermain dengan kekuatan mereka.

Hingga suatu saat, mereka terlibat dalam pertengkaran yang berujung fatal. Film ini berusaha mengembangkan pesan bahwa kekuatan super yang tak diimbangi dengan mental yang berpengaruh akan berakibat fatal. Secara tak langsung, film ini menyinggung info kesehatan mental yang dikala itu belum banyak dibicarakan.

Link download film Chronicle

3.

Alita: Battle Angel berusaha mengangkat info kesetaraan gender lewat film jagoan wanita

Film jagoan terbaik
Alita: Battle Angel | www.theverge.com

Film jagoan terbaru yang gres dirilis pada awal Februari 2019 ini memfokuskan ceritanya pada sosok Alita. Ia yakni cyborg yang ditemukan seorang ilmuwan di tumpukan rongsokan. Dirakit ulang dan dinamai Alita, ia menjalani hidupnya menyerupai insan biasa.

Suatu hari, ia bertemu Hugo dan mulai mempertanyakan banyak hal. Termasuk siapa dan apa tujuan hidupnya. Alita dikemas dengan cukup hati-hati. Sang creator tak menampilkan sesosok robot manis yang hanya berfungsi sebagai pemanis.

Hal ini dipandang banyak orang sebagai kemajuan dalam memandang tugas perempuan dalam film. Ada info body acceptance dan kebebasan menentukan jalan hidup sendiri yang diusung dalam film karya James Cameron ini. Meskipun laku di pasar Asia, Alita: Battle Angel ternyata tidak cukup sukses di pasar Barat.

Banyak juga yang menganggap Alita tak serta merta bisa dianggap sebagai film bertema women empowerment dengan beberapa kelemahan di beberapa sudut pandang.

4.

Big Hero 6, salah satu film animasi yang nggak cuma menghibur tapi bikin penonton merenung

Film jagoan terbaik
Big Hero 6 | www.oakwoodcinema.org

Meskipun ditujukan untuk semua umur, film jagoan animasi ini punya makna yang dalam. Dikisahkan Hiro, dewasa genius 14 tahun yang suka bermain berkelahi robot. Kakaknya yang sudah kuliah, mengajaknya mendaftar ke kampus dan berhenti terlibat dalam hal negatif.

Hiro berusaha membuat sebuah temuan yang mengagumkan. Tak disangka temuannya justru memulai banyak peristiwa dalam hidupnya dan mengancam dunia. Bersama robot ciptaan kakaknya, ia pun berusaha merebut temuannya kembali dan menyelamatkan kota dari kehancuran.

Meskipun tidak gamblang, film ini juga mengangkat info kesehatan mental akhir kehilangan seseorang yang dicintai. Juga sebuah kisah coming-age yang berusaha memotivasi semua orang untuk percaya bahwa semua orang punya kelemahan dan timeline kehidupan yang berbeda.

Link download film Big Hero 6

5.

Glass, film gres yang merupakan kombinasi Unbreakable dan Split

Film jagoan terbaik
Glass | www.independent.co.uk

Unbreakable merupakan film jagoan yang sempat hits di awal 2000-an alasannya wangsit kisah gres dan berani. Sementara Split, merupakan film thriller-psikologi yang menampakkan abjad utamanya sebagai sosok jahat dan berbahaya.

Ide menggabungkan ketiga abjad utama dari dua film tersebut berhasil membuat sebuah film jagoan yang sesuai dengan ekspektasi penonton. Dengan sentuhan drama psikologi yang intens, diimbangi agresi yang proporsional, Glass jadi film jagoan dengan plot menarik.

Link download film Unbreakable

Link download film Split

Link download film Glass

6.

Scott Pilgrim vs. The World, film jagoan surealis yang klasik tapi seru

Film jagoan terbaik
Scott Pilgrim vs The World | mentalfloss.com

Seorang bassist sebuah grup band garage berjulukan Scott, punya hidup yang biasa-biasa saja. Punya pacar anak Sekolah Menengan Atas dan band yang naik daun. Namun hidup ketika ia jatuh cinta pada Ramona. Usaha mendekati Ramona tidak semudah yang dibayangkan. Ia harus menghadapi mantan Ramona yang punya temperamen buruk.

Meskipun terdengar klise, seorang jagoan pria berusaha mendapat cinta seorang gadis. Film jagoan terbaru ini berhasil menampilkan sentuhan dan imbas menyerupai video game. Humor yang masuk akal, musik yang kece, dan wangsit kisah surealis yang seru pantas membuatnya sanggup banyak ulasan positif dari kritikus.

Link download film Scott Pilgrim vs. The World

Artikel Lainnya

Tak berhenti di situ, masih ada banyak film jagoan 2019 yang bakal memenuhi watching list-mu beberapa waktu ke depan. Dengan wangsit kisah anti-mainstream, nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk nontonin semuanya.