7 Film Disney Yang Gagal Sukses Di Pasaran

7 Film Disney yang Gagal Sukses di Pasaran

Tomorrowland
Film Disney Gagal | www.empireonline.com

Ternyata Disney juga sanggup memproduksi film gagal.

Disney memang populer dengan film-filmnya yang selalu sukses di pasaran. Disney bangun pada tahun 1923 dan dianggap sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang hiburan termasuk industri film. Nggak heran bila film-filmnya selalu dinantikan oleh para penggemarnya.

Namun, tak selamanya Disney berhasil membawa filmnya disukai oleh para penggemar. Beberapa filmnya justru mengalami kegagalan bahkan mengalami kerugian.

Berikut 7 Film Disney yang Gagal Sukses di Pasaran

Daftar di bawah ini merupakan film-film Disney yang mendapat laba sangat rendah, dan mengalami kerugian. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

1.

Tomorrowland (2015)

Tomorrowland
Tomorrowland (2015) | colourlessopinions.com

Secara teori, Tomorrowland harusnya menjanjikan laba untuk Disney, mengingat para pemain ibarat George Clooney dan Hugh Laurie berada di dalamnya. Apalagi, didukung dengan sutradara The Incredibles dan Ratatouille, Brad Bird.

Kenyataanya, Tomorrowland menghasilkan laba hanya sekitar USD 208,6 juta dengan budget USD 190 juta, menciptakan film ini nggak sanggup disebut sukses. Kebanyakan kritikus menganggap bahwa film ini meskipun mempunyai efek yang luar biasa, namun dari segi dongeng Tomorrowland dianggap biasa aja.

Tomorrowland menceritakan perihal seorang penemu jenius dan cukup umur pecinta sains yang memulai perjalanan ke dimensi alternatif yang ambigu dan dikenal sebagai “Tomorrowland”. Di sana, semua hal yang mereka lakukan akan kuat pada dunia orisinil sekaligus diri mereka sendiri.

Baca juga: 7 Film Animasi Disney yang Cocok Buat Family Time

Download: Tomorrowland (2015)

2.

The Lone Ranger (2013)

Tomorrowland
The Lone Ranger (2013) | letterboxd.com

Sebelum Tomorrowland, Lone Ranger merupakan film Disney yang gagal di pasaran. Mempertemukan Johnny Depp dengan sutradara Gore Verbinski, Lone Ranger masih belum berhasil membawa Disney meraih popularitas.

The Lone Ranger menghabiskan budget USD 215 juta, belum termasuk biaya pemasaran dan hanya mendapat laba USD 260 juta di seluruh dunia. Film ini nggak cuman jelek untuk Disney tapi juga menghancurkan karir Johnny Depp.

Film ini mengisahkan perihal seorang jaksa berjulukan John Reid (Armie Hammer) yang kembali ke kampung halamannya. Dalam perjalanan, ia bertemu dengan seorang pejuang suku Indian berjulukan Tonto (Johnny Depp). Bersama, mereka memulai petualangan untuk menangkap kriminal yang telah membunuh abang John Reid.

Download: The Lone Ranger (2013)

3.

John Carter (2012)

Tomorrowland
John Carter (2012) | www.rogerebert.com

John Carter merupakan film pembiasaan novel karya Edgar Rice Burroughs yang dibintangi oleh Taylor Kitsch. Disney menghabiskan sekitar USD 250 juta untuk pembuatannya dan hanya sanggup mendapat kembalian USD 284 juta saja.

Jalan dongeng yang sedikit asing dan kurang masuk logika sanggup jadi faktor gagalnya film John Carter. John Carter menceritakan perihal seorang mantan tentara sipil Amerika pada tahun 1868 yang membelot dan masuk ke dalam gua yang ditakuti oleh suku Indian.

Setelah memasuki gua, Carter pun mendapati dirinya berada di Mars yang disebut dengan Barsoom. Di sana, Carter pun harus berjuang untuk menyelamatkan penduduk Barsoom dari kehancuran.

Download: John Carter (2012)

4.

A Wrinkle in Time (2018)

Tomorrowland
A Wrinkle in Time (2018) | variety.com

Film ini merupakan sebuah pembiasaan dari sebuah novel karya Medeleine L’Engle yang berjudul sama. Novel A Wrinkle in Time telah berhasil mendapat banyak sekali penghargaan ibarat Newbery Medal Sequoyah Book Award dan Lewis Caroll Shelf Award sejak 1962.

Novelnya di Amerika sendiri merupakan salah satu novel yang paling banyak dibaca oleh anak-anak. Film ini mengisahkan perihal sebuah petualangan seorang gadis yang menyusuri alam multidimensi untuk menyelamatkan sang ayah.

Disney dianggap gagal membawa perubahan dari novel aslinya, ibarat ras yang bermacam-macam dalam satu film sebab terlihat terpaksa. A Wrinkle in Time hanya berhasil membawa laba USD 132 juta dari seluruh dunia dengan budget USD 103 juta.

Download: A Wrinkle in Time (2018)

Artikel Lainnya

5.

The Sorcerer’s Apprentice (2010)

Tomorrowland
The Sorcerer’s Apprentice (2010) | www.rogerebert.com

Aktor sekelas Nicholas Cage pernah bermain dalam film Disney dan gagal memperoleh kesuksesan di pasaran. The Sorcerer’s Apprentice sebenarnya nggak benar-benar gagal, sebab berhasil memperoleh laba USD 215 juta dengan budget USD 150 juta.

Namun, laba tersebut belum sanggup menutupi biaya pemasaran yang dikeluarkan pihak Disney.

Mengisahkan perihal murid Merlin, Balthazar Blake yang keliling dunia mencari pewaris cincin legenda. Hanya seorang anak dengan jiwa higienis yang sanggup mewarisi cincin penyihir agung Merlin.

Film ini sesungguhnya cukup menyenangkan, dengan penuh agresi sihir. Walaupun laba film ini mencapai USD 215 juta, film ini masih belum sanggup menutupi biaya pemasaran. Lagi pula, untuk hitungan film Disney, film ini cukup mengalami kerugian.

Download: The Sorcerer’s Apprentice (2010)

6.

Around the World in 80 Days (2004)

Tomorrowland
Around the World in 80 Days (2004) | www.rogerebert.com

Around the World in 80 Days merupakan film pembiasaan buku lainnya buatan Disney yang nggak berhasil memperoleh kesuksesan. Filmnya menceritakan perihal Lau Xin, seorang laki-laki China yang menjadi pelayan setia seorang inventor, Phileas Fogg. Tuannya itu percaya bahwa mereka sanggup berkeliling dunia dalam waktu 80 hari.

Rilis tahun 2004, film ini dibintangi oleh Jackie Chan, Steve Coogan dan Cecile de France. Around the World in 80 Days menghabiskan sekitar USD 140 juta namun nggak berhasil mendapat laba lebih dari separuhnya.

Download: Around the World in 80 Days (2004)

7.

Inspector Gadget (1999)

Tomorrowland
Inspector Gadget (1999) | www.youtube.com

Inspector Gadget merupakan huruf populer di abad 90-an sampai awal 2000-an. Diawali dengan serial tv-nya, pada tahun 1999, Disney mengangkat Inspector Gadget ke layar lebar.

Dibintangi oleh Matthew Broderick sebagai Inspector Gadget, Rupert Everett sebagai Dr. Claw, film ini mendapat rating 21 persen di Rotten Tomatoes. Filmnya mengangkat kisah awal sang inspektur tercipta.

Baca juga: 9 Film Animasi Disney yang Gagal Rilis

Download: Inspector Gadget (1999)

Itu tadi 7 film Disney yang gagal sukses di pasaran. Bukan berarti film-film tersebut menjadi tolak ukur kesuksesan Disney. Buktinya, banyak kok film Disney yang sukses. Mana nih film Disney kesukaanmu?