7 Hal Yang Dapat Kau Temukan Di Trailer Perdana Joker

7 Hal yang Bisa Kamu Temukan di Trailer Perdana Joker

Joker
Joker | www.theverge.com

DC kembali dengan filmnya yang gelap.

Official trailer untuk film solo sang Clown Prince of Crime Joker rilis bersamaan dengan rilisnya film Shazam. Bahkan, trailer pertama Joker sudah mendapat lebih dari 18 juta penonton dalam waktu satu hari semenjak perilisannya, menciptakan cita-cita gres bahwa kejayaan film DC akan kembali.

Film Joker ini memang sudah cukup ditunggu semenjak usang oleh penggemar. Diperankan oleh Joaquin Phoenix, ia menjadi bintang film Joker sehabis Jared Leto yang menjajal memainkan abjad Joker. Film garapan Todd Phillips ini diyakini penuh dengan peristiwa yang menyesakkan.

Berikut 7 Hal yang Bisa Kamu Temukan di Trailer Perdana Joker

Mengingat tema film ini merupakan adonan dari mental illness, psikis dan kegilaan sebuah kota, menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Di bawah ini merupakan easter eggs yang mungkin kau lewatkan dalam trailer perdana Joker.

1.

Kisahnya sebelum menjadi Joker

Joker
Joker | www.telegraph.co.uk

Kita tahu seberapa gelap film DC, dan bagaimana kelamnya dongeng Batman Universe yang dibangun oleh Christopher Nolan – yang merupakan film superhero terbaik DC – dan sosok Joker yang merupakan villain psikopat si musuh Batman.

Dalam trailer, kau akan menemukan seberapa gelap candaan Arthur (nama orisinil Joker), yang ada dalam notes-nya sebagai materi dalam karirnya sebagai seorang stand up komedian. “jokes” yang tertulis dalam notes tersebut ada yang berbunyi,

The worst part of having a mental illness is… people expect you to behave as if you don’t. (Bagian terburuk dari sakit mental adalah… orang-orang berharap kau berlaku ibarat kau nggak memilikinya)

Kalimat candaan tersebut menggambarkan bagaimana kondisi mental Joker yang nggak stabil dan bagaimana ia harus menghadapi hidupnya yang menyedihkan. Sebuah awal kita akan melihat pedoman Joker yang ternyata lebih dalam dan kelam dari yang bisa kita bayangkan.

2.

Kesehatan ibu Joker yang buruk

Joker
Joker | screenrant.com

Selain trailer yang menampilkan kesan sangat gelap dan kelam, trailer Joker ini memberikan bagaimana kasih sayang Arthur pada sang ibu. Momen bittersweet mereka ibarat menari bersama, memandikan ibunya di sebuah tub memberikan bagaimana peristiwa korelasi keduannya.

Walaupun Arthur harus merawat ibunya yang mempunyai kondisi kesehatan yang buruk, melihat dari ekspresinya, Arthur cukup menikmatinya. Cuplikan adegan tersebut bisa jadi benang merah dalam keseluruhan film Joker, bagaimana nasib ibunya mensugesti dongeng hidup seorang Arthur menjadi Joker.

3.

Lagu pengiring trailer

Joker
Joker | screenrant.com

Panjang trailer Joker ialah 2 menit 24 detik, namun trailer in memainkan soundtrack yang cukup keras dan jelas, dibandingkan trailer film-film yang lain. Trailer Joker memakai lagu berjudul Smile versi Jimmy Durante.

Lagu ini gotong royong berisi instrumental dalam film Charlie Chaplin, sebelum karenanya dibumbui lirik. Lagu ini memberitahu pendengar untuk tetap memandang kedepan, seberapapun buruknya harimu alasannya esok hari bisa menjadi sebuah hari yang baru.

Dengan kata lain, lagu ini merupakan pesan pada Arthur Fleck yang merasa makin yakin bahwa dunia ialah kawasan yang gila.

4.

Joker menjadi pahlawan Gotham

Joker
Joker | www.theverge.com

Kita udah terbiasa dengan Joker menjadi seorang villain dan Batman ialah seorang pahlawan di Gotham City. Tapi, dalam trailer origin Joker, kau bisa melihat bagaimana penduduk Gotham justru membela sosok Joker.

Kesimpulan tersebut muncul alasannya adegan banyaknya orang memakai topeng dan makeup, membawa slogan anti kapitalis sebagai misi melawan para kaum elit. Puncak kejayaannya bisa kau temukan Joker berjalan dari balik tirai penuh warna.

Sedikit plot twist disini, alasannya kau nggak menemukan Joker sebagai sosok villain di Gotham City. Ataukah justru itu hanya permulaan?

Baca juga: 10 Tindakan Paling Keji yang Pernah Dilakukan Joker

5.

Joker vs The Wayne Family

Joker
Joker | www.theverge.com

Batman mungkin bisa jadi musuh turun-temurun Joker, namun dalam film Joker kali ini musuh terbesar Joker bukanlah Bruce Wayne tapi Thomas Wayne sang ayah. Semua itu bisa kau temukan dalam trailer alasannya hint yang cukup jelas.

Mulai dari Thomas Wayne yang mengkritik ihwal pengecut bertopeng di jalan Gotham, poster Thomas sebagai walikota gres Gotham. Puncaknya ialah ketika ia harus terusir dari Wayne Hall dan terguling di tengah keramaian yang memakai makeup Joker.

6.

Bruce Wayne muda

Joker
Joker | rapida.co

Sebuah adegan yang hanya sekilas dan beberapa detik saja, dan kau mungkin melewatkannya. Adegan ketika Bruce Wayne muda muncul. Ya, adegan ketika Joker memakai hidung merah badut dan mendatangi bocah lelaki yang berdiri di balik pagar hitam.

Sosok bocah yang sudut bibirnya ditarik paksa oleh Joker untuk tersenyum ialah Bruce Wayne kecil yang nantinya menjadi Batman. Adegan tersebut menjadi sebuah pertanyaan besar, apakah adegan itu terjadi sebelum peristiwa keluarga Wayne atau sebelumnya?

Artikel Lainnya

7.

Naik turunnya dongeng hidup Joker

Joker
Joker | www.telegraph.co.uk

Sepanjang trailer, kau akan melihat bagaimana Todd Phillips memberikan filmnya melalui banyak sekali tanda yang implisit dan hampir nggak terlihat. Nggak cuma dari perubahan Arthur menjadi Joker, obrolan yang diucapkannya aja, tapi dongeng hidup Joker bisa disampaikan tanpa dialog.

Dalam pembuka trailer, kau akan menemukan Arthur menaiki tangga di sore hari untuk mencapai rumahnya, begitu melelahkan tetapi harus ia jalani. Kemudian di final trailer, tampak Joker menuruni tangga dengan menari dan dihiasi matahari pagi.

Pahlawan seharusnya naik, namun Joker justru menuruni tangga, dan beliau senang dengan itu. Menjadikan trailer ini sebagai citra filmnya nanti.

Baca juga: 9 Film Terbaik Batman Secara Berurutan yang Pernah Dibuat

Itu tadi 7 easter eggs dalam trailer perdana film Joker. Kehadiran film Joker sudah ditunggu semenjak usang oleh para penggemar pun karenanya rilis juga. Kemampuan akting Joaquin Phoenix yang menghidupkan abjad Joker psikopat versinya sendiri tentu merupakan cita-cita besar DC sehabis trilogi The Dark Knight garapan Christopher Nolan.