7 Kontroversi Spongebob Squarepants Jadi Kena Sanksi Kpi

Sapoiha.com – 7 Kontroversi Spongebob Squarepants. Jadi Kena Sanksi KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Film kartun belum dewasa Spoengebob Squarepants adalah serial film kartun yang memiliki ragam dongeng yang unik dan menarik. Namun didalam sebuah film kartun tersebut ternyata ada unsurunsur negatif yang tertuang yang melanggar isyarat etik dalam aliran penyiaran dan standar acara penyiaran (P3-SPS) KPI Tahun 2012. Seperti halnya ada perilaku bullying hingga dengan adegan LGBT dan intermezonya yang diperankan oleh insan orisinil yang berpakaian vulgar.

7 Kontroversi Spongebob Squarepants Makara Kena Sanksi KPI

Apalagi dominan penikmat film kartun spongebob ini adalah dari kalangan anak-anak, maka dari itu KPI melaksanakan tindakan yang cukup tegas untuk mengenakan hukuman terhadap forum yang menyiarkan film Spongebob tersebut.

Kontroversi Spongebob Squarepants Jadi Kena Sanksi KPI

Nah, berikut ini akan mimin kupas 7 hal kontroversial yang terdapat pada film Spongebob Squarepants, berikut ulasannya:

1. Menampilkan Lambang iIluminati

Apa itu iIluminati ?

Jadi iIluminati yakni sebuah nama yang diberikan kepada kelompok baik itu fakta maupun fiktif namun tergolong Rahasia, nantinya kelompok tersebut akan mendominasi suatu kelompok yang lainnya. Makara dalam Film Spongebob ini ada satu film yang berjudul Cephelapod Lodge diduga dalam film ini memerankan suatu kelompok Freemason.

Kaprikornus dalam film ini Spongebob, Patrick dan Squadward masuk dalam sebuah sekte diam-diam dalam adegan tersebut mereka memakai topi dengan sebuah logo mata dan mereka juga berkumpul di sebuah bangunan piramid dan di bab atas piramid terdapat simbol illuminati.

2. Terdapat Tindakan Kekerasan dan Bullying

Kita tahu kan, dengan tingkah laku Spongebob dan Patrick hingga-hingga mereka melaksanakan adegan bercanda sampai dengan bermusuhan dan itu sih hal masuk akal terjadi namun yang bikin geregt lagi yaitu dimana saat mereka bertarung atau berkompetisi dalam olimpiade hingga mereka melaksanakan adegan bertarung di ring tinju.

Nah, oleh adegan tersebutlah film kartun Spongebob menerima teguran dari KPI. Namun sebelumnya KPI sudah pernah melakukan tegeruan dan jadinya masih saja film kartun spengobeb dengan adegan seperti ini masih di siarkan.

3. Entermezo dengan Busana Vulgar

Hm,, Vulgar?.. Kalau belum dewasa yang nonton adegan Vulgar pada sebuah adegan film gimana ya? pendapat kaum emak-emak,hehhe

Jelas ya, yang namanya vulgar jadi sorotan apalagi disaat entermezzonya, ada sekelompok orang berjoget dengan busana yang aduhai menarik hati. Jangankan intermezonya, ada juga adgen dengan busana bikin yang di perankan si Tupai atau Sendi aja jadi sorotan yang seksi dan waw. Dimana Spongebob dan patrick berkunjung ke rumah Sendi, dan sendi di dalam rumahnya hanya menggunakan bikin saja wkwkwk.

4. Membuat Obesitas Anak Makin Meningkat

Kalau nonton film kartun sambil ngemil memang yummy banget, apalagi sambil nonton film kartun Spoengbob. Meskipun hanya film kartun, ternyata berdampak dan berpengaruh juga terhadap obesitas pada anak.

Gimana enggak gemuk, di film ini memuat iklan makanan yang bermacam-macam apalagi burger wkwkw. Dalam kartun ini banyak iklan kuliner yang di bintangi oleh bawah umur. Maka tak heran ada dari banyak sekali pihak yang menekan pemerintah untuk melarang penggunaan aksara dalam iklan-iklan kuliner termasuk junk food, sosis bintang wkwkwkw.

5. Ada Tokoh Kartun yang mengajarkan sikap Negatif

Pasti kalian kenal betul dengan aksara Mr. Krab yang mabuk harta wkwkwk, Mr. Krab sangat kental dengan abjad kikirnya dan juga mabuk harta dan sewena-wena memerintah karyawannya. Dan hal ini juga menjadi materi kajian KPI dalam menawarkan hukuman dalam film kartun sponegbob ini.

6. Dapat mengganggu Konsentrasi Anak Sejak Usia Dini

Sebenarnya bukan salah film juga sepenuhnya namun salah juga yang nonton wkwkw. Pace dalam film Spongebob ini dinilai terlalu cepat dapat menciptakan penontonnya sulit berkonsentrasi apalagi mayoritas yang nonton banyak bawah umur kecil.

7. Berbau Adegan LGBT

Hmm,,  yang namaya LGB terperinci ya jadi kontroversi, mungkin hal ini salah satu strategi marketingnya. Akantetapi dalam hal ini malah berdampak jelek terhadap respon para penontonnya sampai-sampai pihak KPI memperlihatkan hukuman. 

Masih inget dengan adegan Spongebob dengan bergaya perempuan? ternyata adegan ini jadi sorotan netizen hehe..

Nah, itulah yang mampu mimin rangkum wacana adegan kontroversial yang ada di film spongebob. Dan, bagaimana dengan respon kalian para pembaca? dengan hal kontroversial tersebut, apakah masih dalam ambang sewajarnya? berikan pendapatmu ya..!