7 Manfaat Bersiwak Bagi Kesehatan

Sapoiha.com –  Manfaat Siwak bagi Kesehatan. Halo sobat mediasiana, kali mimin akan membahas wacana manfaat dari bersiwak. Pasti kalian pernah denger atau melihat orang bersiwak sebelum melaksanakan sholat?,  iyakan..

 7 Manfaat Bersiwak Bagi Kesehatan 

Manfaat bersiwak,  selain menjadi sunnah Rasul bersiwak juga memiliki banyak manfaat. Pamor wacana siwak mungkin lebih bersahabat terdengar pada kaum muslim. Bagaimana tidak, batang pohon siwak ini berasal  dari Tanah Arab tersebut cukup sering didengar pada program pengajian bahkan hingga di kisahkan dalam buku cerita kenabian, alasannya adalah dulu nabi juga memakai siwak sebagai sikat gigi alami. 

Batang pohon siwak yang wujudnya sama dengan pohon yang lainnua ini memiliki khasiat tersendiri . 
Penasaran apa saja manfaat dari bersiwak bagi kesehatan selain untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi? 

Yuk simak pembahasannya berikut ini!

 
Ternyata siwak sudah ada semenjak peradaban awal dunia ini. Siwak atau miswak (dalam bahasa Arab) artinya ialah ranting atau batang.  Sedangkan batang siwak yaitu Ranting dari pohon Salvadora Persica, biasa disebut “pohon sikat gigi”. Umumnya batang miswak yang digunakan selama yakni batang siwak yang berukuran kecil dan berwarna coklat muda.
Ranting miswak ini diperkirakan sudah dipergunakan orang-orang jaman dahulu kurun untuk membersihkan dan merawat gigi serta verbal mereka, hal ini sudah dilakukan sejak zaman peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno.
Pohon Miswak atau siwak ini tumbuh subur pada tanah kering seperti di gurun di Afrika, Timur Tengah dan juga di negara semenanjung Arab. Pohon Miswak juga mampu ditemukan di daerah lainnya. Pohon miswak ini mampu jugadidapati di negara Tanzania, di wilayah dataran pasir yang mempunyai mata air di tengah-tengahnya biasa disebut sebagai (oasis),serta di padang rumput sabana. Tradisi mengunyah siwak atau bersiwak masih dibiasakan oleh beberapa negara jazirah Arab di zaman modern ini. 
Contohnya saja di Negara Pakistan dan Arab Saudi, kita dapat menemukan hampir lebih dari 50% penduduknya lebih sering bersiwak dibandingkan dengan menyikat gigi memakai sikat buatan pabrik. Penduduk di negara Nigeria dan India juga lebih sering dan memilih bersiwak ketimbang gosok gigi menggunakan odol.
Tidak hanya para leluhur saja yang melestarikan siwak. Bahkan WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia turut merekomendasikan masyarakat dunia untuk mampu memakai batang pohon miswak untuk menjaga kesehatan gigi dan verbal semenjak tahun 1987.
Kampanye menyikat gigi dengan miswak bahkan masih terus digalakkan oleh WHO sebagai alternatif cara menjaga kesehatan gigi dan lisan.

Berikut yaitu beberapa manfaat dari bersiwak:

  1. Membunuh kuman pada gusi atau radang gusi 
  2. Mencegah munculnya plak pada gigi
  3. Menjaga warna gigi biar putih alami dan tidak mudah pudar
  4. Meminimalisir terjadinya risiko gigi berlubang
  5. Menghilangkan bau lisan yang tidak sedap
  6. Sebagai dental floss (benang gigi) sebab serabut kayu siwak ikut membersihkan sela-sela pada permukaan gigi.
  7. Meningkatkan produksi pada air liur dan mencegah terjadinya mulut kering.

Tidak hanya batangnya saja yang memperlihatkan manfaat pada kesehatan gigi. Daun tumbuhan miswak juga dapat dipergunakan untuk obat sakit gusi. Hal ini alasannya adalah daun siwak mengandung senyawa antibiotik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri dan pembentukan plak pada permukaan gigi.

Penutup


Setelah Anda mengetahui manfaat dari bersiwak, sekarang Lebih anggun pakai siwak atau sikat gigi odol pepsodent?

Dari uraian diatas biar para pembaca menerima jawaban apa yang dicarinya selama ini dan untuk para pembaca mampu melakukan bersiwak dalam kehdupan sehari-hari, apalagi bersiwak ialah salah satu sunnah rasulullah.

Demikian pembahasan dalam manfaat bersiwak, agar bermanfaat, janganlupa share artikel ini ke sahabat-teman kalian kalau bermanfaat, sampaijumpa di artikel yang selanjutnya!