7 Manfaat Berzakat Baik Untuk Diri Sendiri Maupun Orang Lain

Sapoiha.com– Halo sahabat semua berjumpa kembali di mediasiana.com. Pada kesempatan kali ini saya akan menawarkan info mengenai manfaat dari berzakat.
Manfaat bersedekah ternyata begitu banyak, alasannya beramal membawa kebaikan bagi kehidupan manusia. Istilah Sedekah atau shadaqah atau shodaqoh merupakan perbuatan yang sangat mulia, sedekah yakni memberikan sesuatu kepada orang lain baik ia orang fakir miskin maupun orang yang berhak mendapatkan sedekah, sedekah ini di luar dari yang namanya kewajiban zakat dan zakat fitrah.

Manfaat Bersedekah

Bersedekah kepada orang lain dilakukan rasa sukarela dan dengan hati yang nrimo tanpa dibatasi oleh keadaan, baik itu waktu dan jumlah atau kadar tertentu. Sebenarnya Manfaat dari beramal ini sifatnya lebih luas dari sekedar zakat ataupun berinfak. Karena bederma tidak hanya dalam bentuk mengeluarkan atau menyumbangkan sebuah harta, melainkan berzakat meliputi segala amal perbuatan baik.
Berikut ini akan aku uraikan 7 Manfaat dari bederma, untuk itu mohon kiranya bisa Anda baca pembahasannya hingga selesai!

Manfaat Bersedekah Baik untuk diri sendiri maupun orang lain


Sedekah juga Tak harus Selalu Berupa Uang. Bersedekah itu Tidak hanya berbentuk harta benda contonya mirip:
1. Menolong orang lain dengan tenaga dan pikiran,  2. Memberikan senyum (bersapa)  3. Memberi nafkah pada keluarga 4. Mengajarkan ilmu pengetahuan pada orang lain, berdzikir, dan lain sebagainya.
Cakupan perbuatan dalam berzakat dalam Islam itu sangat luas sekali. Namun, semoga lebih afdolnya yaitu harta benda yang Anda miliki juga sebaiknya harus disedekahkan kepada orang yang membutuhkannya.
Karena, aneka macam balasan yang bisa Anda dapatkan dari beramal. Sesungguhnya Allah itu sangat memuliakan orang yang suka berzakat serta Allah juga menjanjikan akibat-akhir yang sangat besar bagi orang yang suka berinfak.
Balasan Allah SWT ini akan dapat kau rasakan baik itu secara langsung atau tidak eksklusif, dimana Anda ketika mejalankan kehidupan sehati-hari. Memangnya  apa saja akibat yang diberikan oleh Allah untuk umatnya yang bederma? 
Berikut ini akan aku ulas beberapa manfaat dari berzakat yang mampu di dapatkan. biar dengan adanya Anda membaca artikel ini dan mengetahui manfaat bederma, bisa membuat diri Anda tergerak ingin melakukan sedekah setiap waktu.

1. Bersedekah Dapat Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani yang artinya: “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan berzakat dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”.
Hal ini berarti bahwa dengan melaksanakan sedekah, maka akan mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia (kekebalan badan), sehingga badan akan lebih kuat dalam menghadapi aneka macam penyakit.

2. Bersedekah Dapat Memanjangkan Umur

Manfaat beramal bagi kelangsungan hidup Anda yaitu bisa memanjangkan umur Anda. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh At-Thabrani yang artinya: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu mampu menambah umurnya, mampu mencegah ajal yang jelek (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat gembira pada diri sendiri“.

3. Bersedekah Dapat Menghindarkan dari Marabahaya

Manfaat dari berzakat lainnya adalah sebagai penolak bala dan kejahatan. Serta beramal dapat melipat gandakan rizki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya. Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan peristiwa tidak bisa mendahului sedekah.”
Nabi Muhammad SAW bersabda, “As-shodaqotu-tasuddu-sab’iina-baaban-minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”
Itulah di antara manfaat sedekah sebagaimana kesepakatan Allah SWT dalam Al-Alquran: “Siapakah yang mau memberi perlindungan kepada Allah, pertolongan yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

4. Bersedekah Dapat Membuka Pintu rezeki

Berikut Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”
Diriwayatkan dalam sebuah hadist riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu),,pasti Aku menawarkan nafkah kepadamu.” 
Dimuka bumi ini banyak di antara  manusia yang takut miskin apabila gemar menyedekahkan hartanya kepada orang lain. Padahal, Allah sudah menjanjikan akhir yang berlipat ganda bagi orang yang melaksanakan sedekah.
Allah SWT berfirman dalam QS. Saba ayat 39 yang artinya :  “Dan barang apa saja yang kau nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

5. Bersedekah Bisa Melipatgandakan Rezeki

Allah SWT  berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah – adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan – (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

6. Bersedekah Dapat Menghapus Dosa

Kita semua tahu bahwa insan tidak pernah luput dari perbuatan dosa. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah itu mampu menghapus dosa – sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi).
Apalagi sedekah ini merupakan cara paling gampang yang sudah disediakan Allah supaya dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa yang telah diperbuat oleh insan. Kamu tersenyum saja, sudah termasuk dalam nilai bederma. Karena senyum ini merupakan salah satu sedekah paling gampang yang mampu Anda lakukan setiap hari.

7. Bersedekah Sebagai Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda, “Naungan bagi seorang mukmin pada hari akhir zaman adalah sedekahnya.”
Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bederma apalagi di bulan Ramadan.

Kesimpulan

Nah, itulah dari manfaat bederma, semoga para pembaca budiman sesudah mengetahui manfaat dari berzakat mampu gemar bederma ya, agar ulasan kali ini mampu bermanfaat janganlupa di share ke teman Anda dan sampai jumpa di pembahasan artikel yang lainnya!