7 Perbedaan Pet Sematary 2019 Dengan Versi Novel Dan Film Pendahulunya

7 Perbedaan Pet Sematary 2019 dengan Versi Novel dan Film Pendahulunya

Pet Sematary 2019
Pet Sematary 2019 | www.dreadcentral.com

Bikin tambah anggun atau tambah mengecewakan ya? SPOILER ALERT!

Pet Sematary hasilnya masuk bioskop Indonesia mulai tanggal 4 April 2019. Film remake dan juga pembiasaan dari novel karya penulis populer Stephen King ini disambut meriah oleh para penggemar horor, sebab sebelumnya pernah diangkat menjadi film di tahun 1989 dan sekuelnya di tahun 1992.

Nggak heran kalau Pet Sematary 2019 ini cukup ditunggu. Namun, tahukah kau kalau Pet Sematary garapan Kevin Kolsch dan Dennis Widmyer ini ternyata mempunyai perubahan dari film pendahulunya maupun novelnya?

Berikut 7 Perbedaan Mencolok Pet Sematary 2019 dengan Novel dan Film Pendahulunya

Entah apa yang menjadi alasan kenapa perubahan itu dilakukan yang terperinci perubahan tersebut nggak menciptakan horor dalam film ini berkurang. Lalu, apa saja perbedaannya? Simak daftar di bawah ini.

1.

Norma Crandall sudah meninggal sebelum film dimulai.

Pet Sematary 2019
Norma Crandall sudah meninggal sebelum film dimulai. | ew.com

Dalam versi tahun 2019, Jud bilang kalau ia merasa terdorong untuk membawa Louis ke pemakaman untuk mengembalikan Church sebab merasa kasihan pada Ellie, ditambah dengan kekuatan gelap daerah mengerikan itu untuk menyebarkan rahasianya.

Hal itu memang alasan yang sama dengan apa yang tertulis di novel, tapi masih ada alasan yang lainnya lagi. Alasan Jud menolong Louis dengan kucing matinya yaitu untuk menutupi rasa bersalahnya yang menyelamatkan istrinya, Norma Crandall.

Dalam novelnya, Norma Crandall masih hidup dan mengalami serangan jantung namun selamat sebab pertolongan Louis. Namun pada hasilnya Norma meninggal di tengah novel. Tapi dalam dua versi filmnya, Norma sudah meninggal di awal film dan menjadi alasan Jud membantu Louis.

2.

Anjing peliharaan milik Jud jadi kasar.

Pet Sematary 2019
Anjing peliharaan milik Jud jadi kasar. | www.joe.ie

Ada satu perubahan besar ihwal latar belakang Jud Crandall dalam versi K├Âlsch dan Widmyer yang sedikit aneh. Dalam versi filmnya, sesudah Church kembali hidup dan berkembang menjadi kotor dan jahat, Louis pun meminta klarifikasi ihwal tanah pemakaman kepada Jud.

Jud menjelaskan bahwa tanah tersebut telah dipakai berulang kali selama bertahun-tahun. Jud juga menyampaikan bahwa ketika masih kecil, ia juga berusaha membangkitkan anjingnya, yang mati sebab luka di kawat berduri.

Namun, anjingnya kembali dan berubah kasar dan menyerang ibu Jud. Pada hasilnya anjingnya pun terpaksa dibunuh lagi oleh ayahnya.

Sedangkan dalam novelnya, Jud justru menjelaskan bahwa anjingnya kembali dengan bak, namun menyerupai nggak hidup. Hanya nggak bersemangat, walaupun begitu anjing Jud hidup kembali sampai selesai hayatnya tanpa berkembang menjadi kasar.

3.

Kematian Zelda sebab pelayan bodoh.

Pet Sematary 2019
Kematian Zelda sebab pelayan bodoh. | bloody-disgusting.com

Rachel Creed mengalami pengalaman traumatis mengenai kematian saudara perempuannya, Zelda (Alyssa Levine) dan merupakan inti dari kisah Pet Sematary. Namun, versi 2019 menciptakan kematian Zelda lebih kejam daripada novel ataupun film sebelumnya.

Zelda mengalami meningitis tulang belakang yang cukup arah, menciptakan ia nggak dapat jauh dari daerah tidurnya.

Pada versi novelnya, diceritakan Rachel muda sering ditinggal oleh orang tuanya di rumah untuk menjaga Zelda. Rachel pun mulai merasa jijik dengan saudara perempuannya itu. Suatu hari, Zelda tersedak dan meninggal.

Dalam versi filmnya, kematian Zelda justru lebih tragis sebab Rachel menjelaskan kalau ia menyuruh seorang pelayan kurang berilmu mengirim makanan ke kamar Zelda. Saat Rachel membuka pintu kamar Zelda, ia menemukan Zelda sudah berada di ruang kecil dan terpelintir di dalamnya.

Tentunya ini menjadi pertanyaan bagaimana ia dapat menyebrangi kamarnya padahal ia punya duduk masalah dengan punggungnya.

4.

Church nggak mati lagi di versi 2019

Pet Sematary 2019
Church nggak mati lagi di versi 2019 | www.slashfilm.com

Satu hal yang berbeda dengan dua versi Pet Sematary sebelumnya yaitu keadaan si kucing, Church. Dalam versi 2019, Church diceritakan merupakan kucing yang bersemangat dan cukup garang dan belum dikebiri.

Louis benci melaksanakan kebiri pada kucing sebab itu akan menciptakan kucingnya malas dan mellow. Namun, untuk menghindari jalanan yang berbahaya, Louis pada hasilnya melaksanakan kebiri pada Church. Namun, pada hasilnya tetap saja Church tetap mati.

Kematian Ellie menghasilkan perbedaan signifikan bagaimana perilaku Louis terhadap si kucing. Dalam buku dan versi film 1989, Louis membunuh Church di sedikit selesai kisah dengan suntikan. Sedangkan dalam film, Louis sudah berusaha membunuh si kucing semenjak kucing tersebut hidup kembali tapi nggak tega.

Perubahan nasib si kucing ini pun membawa imbas besar terhadap seluruh film. Pada akhirnya, si kucing tetap hidup.

5.

Ellie yang meninggal dalam versi 2019.

Pet Sematary 2019
Ellie yang meninggal dalam versi 2019 | io9.gizmodo.com

Perbedaan Pet Sematary terbesar versi novel dan film 1989 dengan versi 2019 yaitu siapa yang meninggal di awal cerita. Ya, kalau versi sebelumnya Gage, anak bungsu mereka yang meninggal, kali ini Ellie lah yang meninggal.

Jika dalam novel menyebutkan Gage tertabrak truk Orinco ketika orang bau tanah mereka nggak memperhatikan dan Louis nggak berhasil menangkap Gage, versi 2019 nya Gage berhasil ditangkap oleh Louis namun supir truk yang berusaha menghindar itu pun menabrak Ellie dan membuatnya tewas seketika.

Baca juga: 5 Film Horor Hollywood yang Paling Dinanti Tahun 2019

6.

Akhir kisah novel dan versi 1989.

Pet Sematary 2019
Akhir kisah novel dan versi 1989. | screenrant.com

Perubahan siapa yang meninggal dalam versi terbarunya menciptakan kisah menjadi jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Satu hal yang sama yaitu Rachel tetap membawa anaknya yang tersisa untuk mengungsi ke orang bau tanah Rachel, dan Louis tetap tinggal di rumah untuk menghidupkan kembali anaknya yang meninggal.

Rachel juga kembali ke rumah tersebut di ketiga versi dan hanya di versi 2019 aja Rachel mengajak anaknya, Gage. Dalam versi novel dan film 1989, Ellie tetap tinggal di rumah sang kakek dan nenek.

Untungnya, kematian Ellie di versi 2019 menciptakan film ini lebih menyerupai dengan versi novelnya sebab Ellie menirukan Norma Crandall sebelum membunuh Jud.

Selain itu, selesai kisahnya dari versi sebelumnya yaitu Louis berhasil membunuh Gage yang jahat dan mengubur Rachel kembali menunggu untuk dibangkitkan. Sayang, Rachel berhasil dibangkitkan tapi bertujuan untuk membunuh Louis.

Artikel Lainnya

7.

Ending Pet Sematary 2019 benar-benar berubah.

Pet Sematary 2019
Ending Pet Sematary 2019 benar-benar berubah. | www.slashfilm.com

Di versi 2019, Ellie kembali pada Louis sebelum membunuh semua orang. Dia juga menyampaikan pada Louis bahwa ia tahu bahwa ia telah meninggal dan sang ayah telah membangkitkannya. Esok harinya, Ellie pergi ke rumah Jud dan membunuhnya.

Rachel yang gres kembali menemukan anaknya yang hidup kembali tahu bahwa itu bukan benar-benar Ellie yang ia kenal. Rachel pun berusaha membawa Gage lari dari Ellie.

Ellie berhasil membunuh Rachel dan membawanya ke tanah pemakaman, sedangkan Gage berhasil diselamatkan oleh Louis dan menyampaikan untuk nggak membuka pintu selain untuk Louis.

Sayangnya, Louis berhasil dihabisi oleh Rachel dan Ellie, membuatnya bangun kembali dari kematian dan meminta Louis untuk membukakan pintu untuknya. Inilah selesai kisah mereka di Pet Sematary 2019.

Baca juga: 8 Film Adaptasi Novel Stephen King Terbaik

Itu tadi 7 perbedaan mencolok Pet Sematary 2019 dengan Novel dan Film Pendahulunya. Suka atau nggak, filmnya udah rilis nih di bioskop. Pastikan kau nonton sendiri dan rasakan sensasi perbedaannya. Jangan lupa, pilih ending mana yang paling anggun berdasarkan kamu.