7 Sutradara Film Korea Terbaik Yang Selalu Hasilkan Film Laris

7 Sutradara Film Korea Terbaik yang Selalu Hasilkan Film Laris

Sutradara film Korea
Sutradara film Korea yang berbakat | scroll.in

Nama di balik judul film Korea yang legendaris nih

Sebuah film yang hebat nggak lepas dari tugas seorang sutradara professional yang bisa mengolah premis dongeng dengan sangat baik. Ketika kau menonton sebuah film dengan rating yang sangat tinggi, sutradaralah yang sebetulnya bisa membuat alur dongeng itu mengalir dan nggak terkesan terlalu maksa.

Beberapa judul film di Korea yang bahkan juga populer di Indonesia yang punya rating dan dongeng yang sepakat juga nggak lepas dari tugas sang sutradara. Sutradara film Korea ini harus terus bisa mengolah dongeng yang dinikmati semua penonton nggak cuma di Korea aja bahkan hingga ke Indonesia.

Beberapa Nama Sutradara Film Korea Paling Oke

Berikut ini yaitu beberapa nama sutradara film Korea terbaik yang karya-karyanya sudah niscaya berkualitas banget.

1.

Park Chan Wook

Sutradara film Korea
Park Chan Wook | static01.nyt.com

Park Chan Wook yaitu salah satu nama dalam daftar sutradara film Korea terbaik. Karya-karyanya selalu menerima respon yang kasatmata dari para kritikus film. Ia memulai awal debutnya di industri film Korea di tahun 1992 dengan judul film The Moon is the Sun’s Dreams.

Di awal karirnya, jalannya mungkin tak semulus kini tapi ia nggak mengalah begitu saja buat membuat film-film Korea yang berkualitas. Di tahun 2001, ia merilis sebuah film berjudul Joint Security Area yang hasilnya bisa menerima penghargaan Film Asing Terbaik di program Blue Ribbon Awards.

2.

Kim Ki Duk

Sutradara film Korea
Kim Ki Duk | pmcvariety.files.wordpress.com

Kim Ki Duk yaitu seorang sutradara film yang lahir pada 20 Desember 1960. Pertama kali membuat film ia menerima kritik yang cukup banyak dari para kritikus film, hingga 4 tahun kemudian ia kembali membuat film berjudul Real Fiction yang pribadi terpilih dalam Moscow International Film Festival.

Tidak berhenti hingga di situ saja, di 2004 ia menerima penghargaan sebagai Best Director. Di beberapa ekspo film yang lain di tahun yang sama, ia menerima dua penghargaan untuk filmnya berjudul Samaritan Girl dan juga 3-Iron.

Baca juga: 7 Drama Korea Kim Soo Hyun, Aktor Termahal Korea

3.

Boon Joon Ho

Sutradara film Korea
Boon Joon Ho | fims.kofic.or.kr

Daftar sutradara film Korea juga menyebutkan nama Boon Joon Ho sebagai salah satu di antaranya. Pria yang lahir di tanggal 14 September 1969 ini memang sudah memperlihatkan rasa cintanya di industri film dari SMP.

Di tahun 2000, ia memulai debut sebagai seorang sutradara dan merilis sebuah film berjudul Barking Dogs Never Bite dan itu yaitu pintu gerbangnya menuju karir yang makin cemerlang.

The Host, salah satu film yang ia rilis di tahun 2016 berhasil meraih lebih dari 10 juta penonton dan dibentuk juga dalam versi Hollywood. Ia juga telah membuat salah satu film fiksi ilmiah di Hollywood dengan judul Snowpiercer (2013).

4.

Na Hong Jin

Sutradara film Korea
Na Hong Jin | pmcvariety.files.wordpress.com

Nama Na Hong Jin memang gres menelurkan 3 film panjang di sepanjang karirnya. Tapi sebutan sebagai sutradara terbaik Korea juga pantas disandangnya alasannya yaitu ia berhasil mengarahkan film berjudul The Chaser (2008) dan meraih penghargaan sebagai Best Director di ajang Korean Film Awards dan juga Grand Bell Awards.

Ia memiliki ciri khas hampir di semua filmnya, yaitu berhasil membuat gugusan filmnya masuk ke official selection di Cannes Film Festival. Ia selalu menekankan di filmnya perihal kekerasan, kristianitas atau agama Kristen, dan juga kemampuan polisi yang tidak bisa diandalkan.

5.

Kwak Jae Young

Sutradara film Korea
Kwak Jae Young | cdn.japantimes.2xx.jp

Kwak Jae young yaitu salah satu sutradara film ternama Korea yang semua karyanya menyinggung percintaan dan semua romantismenya. Pastinya kau pernah mendengar judul film My Sassy Girl yang dirilis di tahun 2001 kan?

Film My Sassy Girl adalah filmnya yang paling sukses nggak cuma di Korea tapi juga di Asia. Di tahun 2008, film ini bahkan terpilih oleh Hollywood buat dibikin remake version-nya. Karya-karya selanjutnya juga banyak menarik perhatian para penikmat film Korea.

Artikel Lainnya

6.

Choi Dong Hoon

Sutradara film Korea
Choi Dong Hoon | static.filmin.es

Sebagai seorang lulusan Korean Academy of Film Arts, bisa dibilang Choi Dong Hoon yaitu salah satu sutradara film Korea terbaik. Ia memulai debutnya dengan menjadi sutradara di film berjudul The Big Swindle di tahun 2004.

Film ini sudah ditonton lebih dari 2 juta penonton dan semenjak ketika itu namanya terus melejit. Film-film karya Dong Hoon selanjutnya bahkan lebih dari 5 juta penonton di setiap filmnya.

Baca juga: Awet Muda, Tonton 7 Drama Korea Jang Hyuk ini

7.

Kim Jee Won

Sutradara film Korea
Kim Jee Won | pmcvariety.files.wordpress.com

Muncul dengan film horornya berjudul A Tale of Two Sisters (2003), karya sutradara Kim Jee Won ini dianggap sebagai film horror Korea terbaik yang pernah ada. Film inipun juga pernah dilirik oleh pihak Hollywood buat diremake dalam versi yang berbeda.

Di 2010, I Saw the Devil dirilis dan menuai kesuksesan di pasaran dan kini Kim Jee Won memulai debutnya di film Hollywood. Arnold Schwarzenegger pernah bekerja sama dengan Kim Jee Won dalam filmnya yang berjudul The Last Stand.

Munculnya sutradara film Korea terbaik ini yaitu bukti bahwa usaha niscaya memperlihatkan hasil yang positif. Awalnya mungkin mereka gagal tapi di final niscaya mereka menuai kesuksesan yang seimbang dengan usaha mereka.