8 Daftar Film Lgbt Siap Buka Wawasan Perihal Orientasi Seksual Yang Berbeda

8 Daftar Film LGBT Siap Buka Wawasan Tentang Orientasi Seksual yang ‘Berbeda’

daftar film lgbt
Film LGBT | keepo.me

Angkat kisah kaum LGBT dengan pendekatan humanis

Daftar film LGBT selalu menjadi tema yang kontroversial. Singkatan dari lesbian, gay, bisexual dan transgender ini yaitu istilah dari orientasi seksual seseorang yang berbeda dari orang “normal”. Perjalanan warta ini di negara barat saja sangat tertatih-tatih, apalagi di negara-negara Timur menyerupai Indonesia.

Terlepas dari kontroversinya, nggak ada yang salah dengan menambah wawasan wacana warta LGBTQ dengan menyaksikan beberapa film di bawah ini.

8 daftar film LGBT ini membuatmu melek akan warta kontroversial ini

Melalui daftar film LGBT berikut, ceritanya dengan cerdasnya mengangkat sisi humanis dari aktivisme LGBT di dunia. Kamu akan melihat warta ini dari sudut pandang yang berbeda dan lebih emosional.

1.

Brokeback Mountain, penonton tidak mengira jikalau film ini akan tampilkan pasangan homoseksual

daftar film lgbt
Brokeback Mountain | www.bustle.com

Dirilis pada 2005, ketika warta LGBT belum banyak diungkap dan dibicarakan di ranah publik. Salah satu daftar film LGBT ini sanggup respon beragam. Kebanyakan justru positif. Di film LGBT yang diperankan Jake Gyllenhaal dan Heath Ledger ini mengisahkan dua laki-laki yang tinggal di pinggiran kota di Amerika Serikat pada 60-an.

Bertemu di tempat kerja, tak disangka saling memendam rasa yang sama. Peliknya, mereka sudah mempunyai istri dan keluarga masing-masing. Berkat film LGBT ini, Jake Gyllenhaal dan Michelle Williams sanggup nominasi di Oscars dan Golden Globes bersamaan dengan kemenangan di beberapa nominasi yang diraih.

2.

The Danish Girl, ketika Eddie Redmayne memerankan sosok transgender

daftar film lgbt
The Danish Girl | www.vanityfair.com

The Danish Girl yaitu film LGBT yang diangkat dari kisah aktual yang pernah terjadi pada 1920-an. Diceritakan sepasang suami istri seniman berjulukan Einar dan Gerda. Suatu hari, Gerda meminta suaminya berpose dengan pakaian perempuan untuk jadi model lukisannya.

Saat itu, Einar merasa nyaman mengenakan baju perempuan dan berdandan. Ia meminta izin istrinya untuk sesekali mengenakan gaun dan kosmetiknya di beberapa program dan menyamarkan namanya menjadi Lili Elbe. Kesuksesan pameran Gerda dengan Lili sebagai modelnya bikin rumah tangga mereka jadi runyam.

Einar alias Lili menggali masa lalunya yang semenjak dulu ternyata lebih nyaman menjadi wanita. Meski dikritik alasannya yaitu kurangnya akurasi, film LGBT ini sukses mengantarkan Eddie Redmayne dan Alicia Vinkander menyabet nominasi pemain film terbaik di beberapa ajang penghargaan bergengsi.

3.

Boy Erased, salah satu nomine Golden Globes 2019 yang sayang jikalau dilewatkan

daftar film lgbt
Boy Erased | people.com

Salah satu daftar film LGBT ini mengisahkan perjalanan seorang dewasa laki-laki gay. Ia harus menjalani terapi hormon dan psikologi untuk ‘memperbaiki’ orientasi seksualnya yang ketika itu dianggap menyimpang di Amerika Serikat. Tekanan semakin berpengaruh alasannya yaitu ia berasal dari keluarga yang religius.

Bukannya mengeksplorasi nafsu seksual belaka menyerupai daftar film LGBT lain, film ini mengajak kita menyelami kehidupan dan pikiran kelam dewasa yang dipaksa mengikuti correctional therapy tersebut. Film ini diangkat dari kisah aktual Garrard Conley yang ditulisnya dalam sebuah buku memoar yang terbit 2016 lalu.

Baca juga: Film Psikologi Thriller yang Bikin Mikir dan Penuh Plot Twist

4.

The Miseducation of Cameron Post, menyerupai Boy Erased tapi dibentuk pada latar 90-an

daftar film lgbt
The Miseducation of Cameron Post | www.rollingstone.com

Hampir sama dengan Boy Erased, daftar film LGBT ini juga menceritakan perjalanan seorang gadis dewasa gay yang harus menjalani terapi di sebuah correctional camp bersama dewasa lain yang punya kecenderungan sama dengannya. Cameron Post diperankan oleh Chloe Grace Moretz yang nakal dan pemberontak.

Ia yang terpaksa berada di camp tersebut, ini justru menginisiasi agresi pemberontakan bersama dua orang sobat barunya. Meski tak banyak dibicarakan, film LBGT ini kabarnya cukup sukses di gelaran festival film indie internasional. Apalagi dengan akting Moretz yang nggak sanggup diragukan lagi keabsahannya.

5.

Girl, film emosional wacana seorang transgender remaja

daftar film lgbt
Girl | www.sinefesto.com

Lara yaitu transgender berusia 15 tahun yang menjalani terapi hormon. Ia mengubah kelamin dan kondisi fisiknya yang laki-laki menjadi perempuan. Ia bercita-cita menjadi seorang penari balet. Di film LGBT ini, penonton diajak menggali pergolakan batin dan usaha fisik transgender selama pencarian jati dirinya.

Film LGBT ini dinominasikan sebagai salah satu film berbahasa aneh terbaik pada ajang Golden Globes 2019. Meski tak menang, akting Victor Polster sebagai Lara dalam film ini menuai banyak kebanggaan dari kritikus film dan tentunya penonton.

6.

A Fantastic Woman, pemenang Oscars tahun 2018 lalu

daftar film lgbt
A Fantastic Woman | variety.com

Daftar film LGBT asal Chile ini mengisahkan Marina yang merupakan transgender. Setelah makan malam dengan kekasihnya, Orlando, pasangan ini pulang ke apartemen menyerupai biasa. Pagi harinya, Orlando merasa tak lezat tubuh dan alhasil dinyatakan meninggal beberapa jam setelahnya di rumah sakit.

Sejak ketika itu, segala insecurities yang menjangkiti Marina kembali menyeruak. Ia panik, takut disalahkan. Saat pulang ke apartemennya, ia menemukan putra dari Orlando sudah ada di dalam dan mengusir Marina. Posisinya makin tak aman, detektif mulai mencari dan menginterogasinya.

Film ini menyuarakan kecemasan dan insecurities seorang transgender, tak peduli di manapun mereka berada. Pantas sih jikalau film LGBT ini memenangkan satu piala Oscars.

7.

Transamerica, film self-discovery yang menarik ditonton

daftar film lgbt
Transamerica | www.youtube.com

Bree yaitu seorang transgender yang hidup nyaman tiba-tiba ia menerima telepon dari seorang dewasa berjulukan Toby. Toby yang sedang menghadapi duduk kasus aturan hendak meminta jaminan dari ayahnya yang berjulukan Stanley. Stanley yaitu nama lahir Bree sebelum ia mengubah gendernya.

Bree alhasil melaksanakan perjalanan jauh untuk menemui dan menyelamatkan Toby yang belakangan ia ketahui sebagai putra dari mantan pacarnya yang telah meninggal. Transamerica ini yaitu salah satu dari daftar film LGBT heartwarming yang sanggup membuatmu terharu dan tersenyum di final ceritanya.

Baca juga: Film Thriller Netflix Kece dengan Ending Tak Tertebak

8.

Milk, biopik seorang penggagas LGBT yang terpilih jadi senator di California

daftar film lgbt
Milk | www.focusfeatures.com

Judul film LBGT ini diambil dari si tokoh utama yang berjulukan Harvey Milk. Ia merupakan senator di California yang pertama kali berani mengungkap orientasi seksualnya sebagai gay. Awalnya, ia seorang gay biasa yang mengadu nasib di California bersama sang kekasih. Ia tinggal di daerah hunian para kaum LGBT tinggal.

Di sana, ia menemukan banyak yang putus asa dan depresi alasannya yaitu sulit menerima ratifikasi dari masyarakat. Ini yang menggerakan hatinya untuk terjun dalam politik. Dunia ini penuh risiko dan berujung pada kematiannya di 1978. Akting Sean Penn sebagai Harvey Milk dipandang sukses menciptakan film ini menarik dinikmati banyak kalangan.

Artikel Lainnya

Banyak yang memandang remeh daftar film LGBT alasannya yaitu kecenderungannya mengekspos unsur seksualitas. Namun, sekarang sudah banyak filmmaker yang mencoba mengangkat kisah kaum LGBT dengan pendekatan humanis dengan drama yang lebih fokus pada pergolakan batin serta warta sosial politik yang mengiringi posisi mereka di masyarakat.