8 Film Ilmiah Terbaik Bertema Artificial Intelligence

8 Film Ilmiah Terbaik Bertema Artificial Intelligence

Film artificial teknologi
Film artificial teknologi | astlabmatematika.wordpress.com

Keren, tapi ngeri juga jika insiden beneran.

Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu penemuan ciptaan insan yang bertujuan untuk memudahkan hidup kita. Bentuknya bisa bermacam-macam, salah satunya aplikasi pembantu ibarat Alexa, Siri, dan Google Assistant.

Kebayang nggak sih jika aplikasi dan robot ciptaan insan ini berbalik menjadi senjata makan tuan yang bisa membawa malapetaka. Beberapa orang, kemudian tertarik untuk mencoba menelaah kemungkinan tersebut dan memvisualisasikannya dalam bentuk film ilmiah.

Jajaran film ilmiah seru yang mengangkat tema artificial intelligence

Berikut daftar film ilmiah yang mengangkat tema artificial intelligence sebagai konsep utamanya. Mulai dari yang sederhana hingga super canggih dan belum ada, yang happy ending hingga yang berakhir tragis, ini ia list lengkapnya!

1.

Her (2013), hati-hati buat yang suka cari jodoh online

Film artificial teknologi
Her (2013) | ulasanfilm.com

Her merupakan film ilmiah rilisan 2013 yang masih relevan hingga kini. Saat itu, belum ada yang namanya Alexa, Siri, atau Google Assistant. Namun filmmaker Spike Jonze sudah menebak bahwa suatu ketika insan mungkin bisa menjalin relasi dengan artificial intelligence.

Mengisahkan seorang lelaki paruh baya yang pernikahannya di ujung tanduk dan mencari penghiburan lewat suatu aplikasi yang siap menemaninya 24/7. Ia pun jatuh cinta pada aplikasi ini. Mustahil dan terkesan kebablasan, tetapi banyak pesan moral dan nilai kehidupan yang bisa kita pelajari dari film ini.

2.

Chappie (2015) dan persahabatan robot dan penciptanya

Film artificial teknologi
Chappie (2015) | www.wsj.com

Salah satu film ilmiah brilian yang dibintangi Dev Patel ini mengisahkan sebuah proyek penciptaan robot polisi untuk menggantikan polisi korup. Ternyata, tak semua orang suka dengan visi proyek ini dan berusaha menggagalkannya.

Artificial intelligence memang masih jadi perdebatan sengit, banyak orang yang pesimis dan menganggap teknologi bisa memanipulasi insan di balik tujuan positifnya untuk mempermudah kehidupan kita.

Baca juga: 10 Situs Nonton Film Online Terbaik dan Gratis 2019.

3.

Penggemar game niscaya nge-fans dengan Ready Player One (2018)

Film artificial teknologi
Ready Player One (2018) | www.syfy.com

Biasanya, film pembiasaan seringkali gagal total ketika dijadikan film meskipun novelnya sukses. Namun, Ready Player One jadi salah satu yang cukup berkesan di hati banyak penonton. Terutama dari segi efek CGI dan dongeng yang kaya rujukan budaya pop.

Film film fiksi ilmiah ini mengambil latar 2045 di mana teknologi Virtual Reality (VR ) sudah jadi hal lumrah. Banyak orang yang hidup dari bermain gim VR. Batas antara kehidupan kasatmata dan kehidupan mereka dalam gim jadi makin samar.

Dikemas dalam bentuk petualangan khas gim RPG, film ini sih berhasil memanjakan mata dan hati penontonnya.

Baca juga: 7 List Film Semi Korea dengan Jalan Cerita Terbaik.

4.

Operator (2016) cocok buat para hopeless romantic

Film artificial teknologi
Operator (2016) | si.titlovi.com

Film fiksi ilmiah terbaik ini diawali dengan ijab kabul senang antara seorang programmer di perusahaan start-up dan komedian. Suatu saat, sang istri yang pelawak didapuk jadi operator customer service untuk perusahaan sang suami alasannya yaitu kemampuannya membangun tenggang rasa untuk orang lain.

Namun, persoalan muncul ketika ia merasa bahwa sang suami dan banyak orang yang ia bantu lewat telepon menganggapnya seseorang yang tepat dan bisa menuntaskan masalah. Meskipun nggak mengangkat AI sebagai tema utamanya, film ilmiah ini sedikit banyak menggambarkan dampak AI bagi kehidupan manusia, baik positif maupun negatif.

Baca juga: Daftar 10 Film LGBT yang Mengundang Kontroversi di Dunia.

5.

Perpaduan epic antara film superhero, thriller, dan sci-fi cuma ada di film Upgrade (2018)

Film artificial teknologi
Upgrade (2018) | www.flixwatch.co

Film fiksi ilmiah box office ini menceritakan seorang pria yang hampir lumpuh total akhir kecelakaan yang dialaminya. Ia kemudian membiarkan sekelompok ilmuwan untuk menanam sebuah chip di tubuhnya.

Sejak ketika itu, ia bisa melaksanakan banyak hal yang sebelumnya tak bisa ia lakukan hanya dengan berbicara pada sosok artificiall intelligence yang ada dalam pikirannya. Nggak tanggung-tanggung, film ini diproduksi oleh para kru dibalik layar film kece Saw dan Insidious.

Baca juga: 15 Situs Download Film Terbaru, Terbaik, dan Terlengkap 2019.

6.

Walau mengangkat genre thriller, Tau (2018) tetap nggak jauh-jauh dari AI

Film artificial teknologi
Tau (2018) | www.imdb.com

Seorang gadis yang bekerja sebagai copet tiba-tiba terbangun di sebuah rumah dengan dua orang aneh di hadapannya. Mereka menempelkan beberapa alat di leher si wanita dan memanggilnya dengan nama subjek kedua.

Curiga bahwa ia dipakai sebagai kelinci percobaan dua orang tak waras, ia mencoba kabur. Namun, ternyata ia dikurung di sebuah rumah yang penuh dengan dan teka-teki rumit hasil eksperimen artificial intelligence. Menarik nih!

7.

Nonton agresi Johnny Depp jadi ilmuwan revolusioner di Transcendence (2014)

Film artificial teknologi
Transcendence (2014) | www.youtube.com

Johnny Depp memang populer dengan peran-peran nyentriknya, mulai dari tokoh protagonis hingga antagonis ia selalu tampil maksimal dan memukau. Salah satu performa apiknya terlihat di film ilmiah berjudul Transcendence.

Film ilmiah ini menceritakan seorang ilmuwan yang diperankan Johnny Depp sedang mengerjakan proyek artificial intelligence. Namun, ia diserang dan dibunuh oleh sekelompok anti teknologi. Perjalanannya tak berhenti di situ. Sang istri berusaha menghidupkannya kembali lewat proyek ciptaannya.

8.

Nerve (2016), film yang tampar para social media addict

Film artificial teknologi
Nerve (2016) | www.youtube.com

Lewat film ini, kita akan mengikuti petualangan dua anak muda yang tak sengaja bertemu gara-gara aplikasi media umum berjulukan Nerve. Aplikasi tersebut gotong royong sama dengan konsep media umum lainnya, yaitu bergaul dan membuktikan eksistensi.

Bedanya, jika biasanya kita hanya berlomba-lomba menampilkan foto atau video yang kece, Nerve mendorong orang untuk melaksanakan sebuah tantangan, mulai yang mudah, bikin malu, bahkan ada yang bisa bikin celaka. Ironisnya, demi popularitas dan uang banyak orang yang rela melakukannya.

Artikel Lainnya

Kekerenan delapan film ilmiah tadi memang tidak terelakan lagi, tetapi ngeri juga jika sungguh terjadi dalam kehidupanmu. Ambil positifnya saja deh, semoga kita lebih mawas diri dan tidak terlalu bergantung pada teknologi artificial intelligence.