8 Perbedaan Captain Marvel Versi Komik Dan Filmnya Yang Sangat Besar

8 Perbedaan Captain Marvel Versi Komik dan Filmnya yang Sangat Besar

Walaupun beda sama versi komiknya, tapi masih banyak yang suka dengan versi MCU-nya.

Perbedaan Captain Marvel versi komik dan film yaitu bukti kalo Marvel Studios selalu memakai konsep yang sama ibarat film-film MCU lain ibarat Civil War, Ragnarok, Age of Ultron dan semua dongeng besar lainnya. Marvel Studios menciptakan film tersebut bagaikan pembiasaan lepas yang berbeda dari versi komik.

Walaupun berbeda dari rujukan aslinya, tapi kenyataanya banyak banget penggemar komik Marvel yang jarang mempertanyakan atau protes soal perbedaan itu. Hal ini pun juga terjadi dengan Captain Marvel (2019) yang banyak mengungkap hal yang berbeda.

8 Perbedaan Captain Marvel Versi Komik dan Filmnya

Buat yang ngikutin film MCU dan komik Marvel, udah seharusnya kau berkemas-kemas dengan segala perbedaan yang terjadi, begitupun dengan film Captain Marvel. Inilah 8 perbedaan Captain Marvel versi komik dan film yang cukup besar.

1.

Hubungan antara Carol Danvers dan Nick Fury.

Hubungan Nick Fury dengan Carol Danvers | www.aceshowbiz.com

Di komiknya, Carol Danvers dan Nick Fury nggak berinteraksi terlalu banyak, beda dengan versi filmnya ketika mereka terlihat berjuang bersama. Kemungkinan besar Captain Marvel versi MCU mengadaptasi komik Marvel Ultimate universe, versi gres dari Earth-616 dengan sosok Nick Fury yang doniat ibarat Samuel. L. Jackson.

Di komiknya Nick Fury digambarkan sebagai intel sama ibarat di MCU, tapi beda dengan Fury, Carol di Ultimate Universe malah berubah dari superhero menjadi orang yang bekerja ibarat Fury. Ia pun sempat jadi eksekutif S.H.I.E.L.D., bahkan terlibat perang dengan Nick Fury dalam dongeng Avengers Vs. New Ultimates.

2.

Awal mula kostum superhero Captain Marvel.

Beda kostum superhero Captain Marvel versi komik dan film. | cosmanles.wordpress.com

Di komik, kostum Carol Danvers dibentuk ibarat dengan kostum Mar-Vell, dengan warna yang lebih jelas dari aslinya dan logo bintang Hala yang ada di potongan dada. Walaupun di komiknya warna kostum Captain Marvel nggak konsisten, tapi di filmnya, perubahan warna ini menawarkan perbedaan keberpihakan Carol.

Di filmnya, Carol menentukan warna yang sama dengan kaos Angkatan Udara AS yang dipake Monica, sebagai tanda kalo ia mendapatkan siapa dirinya, bahwaYon-Rogg dan anggota Star Force lainnya yaitu musuh. Ia masih pake seragam Kree sebagai tanda kalo ia juga potongan dari dua dunia yang berbeda.

3.

Penyebab Nick Fury kehilangan matanya.

DI komiknya, Nick Fury kehilangan matanya lantaran terkena serpihan peluru. | www.polygon.com

Salah satu perbedaan Captain Marvel versi komik dan film yaitu penyebab Nick Fury kehilangan matanya. Kalo di filmnya Goose (Chewie) mencakar mata Fury, maka di komiknya Fury kehilangan matanya lantaran pecahan peluru yang diterimanya ketika Perang Dunia ke-2.

Sedangkan untuk anak Nick Fury, Nick Fury Jr., penyebabnya lantaran dilukai oleh seorang pembunuh yang mencari Infinity Formula yang mengalir dalam darahnya. Kalo di versi Ultimate (yang menciptakan Samuel L. Jackson terpilih di MCU), ia kehilangan matanya ketika rombongannya diserang ketika membawa Wolverine.

4.

Penyebab Carol Danvers mengalami amnesia.

Carol Danvers udah sering digambarkan mengalami amnesia. | junkee.com

Sepanjang komiknya, Captain Marvel digambarkan udah sering mengalami amensia beberapa kali. Ini lantaran persona Ms. Marvel bekerja bagaikan kepribadian ganda, sehingga Carol nggak sanggup mengingat semua tindakan heroiknya.

Sedangkan untuk masa-masa awal Captain Marvel di komik yang ditulis Kelly Sue DeConnick, struktur Kree di otak Carol membuatnya mengalami pendarahan otak tiap memakai kekuatannya, sehingga menciptakan ingatannya hilang. Beda dengan versi filmnya yang disebabkan lantaran manipulasi ingatan oleh teknologi Kree.

Artikel Lainnya

5.

Perang Skrull dan Kree.

Perang Skrull-Kree yang digambarkan berbeda di MCU. | marvel.fandom.com

Di film Captain Marvel, Perang antara Kree dan Skrull ini lebih ke arah pembantaian dan penjajahn kaum Skrull oleh Kree, padahal Skrull hanya ingin mencari rumah gres untuk menghindar dari Kree. Hal ini berbeda banget dengan perang Skrull-Kree yang terjadi di komik, ketika mereka berdua sama-sama kuat.

Perang Skrull-Kree ini menciptakan Avengers, Fantastic Four dan Inhumans alhasil turut terlibat, lantaran Ronan The Accuser hendak membumihanguskan bumi dan menggunakannya sebagai basis operasi untuk melawan Skrull, yang alhasil sanggup tidak boleh pada superhero.

6.

Monica Rambeau

Monica Rambeau digambarkan berbeda di versi MCU Captain Marvel. | www.themarysue.com

Di komik Marvel, ada beberapa huruf yang pernah menjadi sosok Captain Marvel, tapi bahwasanya cewek pertama yang menjadi Captain Marvel yaitu Monica Rambeau, bukan Carol Danvers. Di komiknya, Rambeau yaitu superhero yang punya kekuatan setara dengan Carol Danvers ketika masih memakai nama Ms. Marvel.

Perbedaan Captain Marvel versi filmnya adalah, Monica Rambeau (Akira Akbar) digambarkan sebagai gadis kecil yang bersahabat dengan Carol lantaran ibunya berteman bersahabat dengannya. Ia juga yang membantu Carol memilihkan warna kostumnya yang baru.

7.

Asal mula kekuatan Carol Danvers.

Asal seruan kekuatan Carol Danvers | www.screengeek.net

Salah satu perbedaan Captain Marvel versi komik dan film yaitu asal seruan kekuatan Carol Danvers. Di filmnya, Carol terpapar kekuatan Tesseract, jauh banget dengan versi komiknya yang mendapatkan kekuatannya lantaran Mar-Vell.

Di komiknya, Danvers terkena ledakan dari sebuah alat Kree berjulukan psyche magnetron yang menciptakan DNA Carol bercampur dengan Kree. Sedangkan di komik Life of Captain Marvel goresan pena Margaret Stohl dan Carlos Pacheco, ternyata ibu Carol yaitu seorang Kree, dan alat tersebut hanya membantu mengaktfikan kekuatannya.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Bakal Ngefans Captain Marvel

8.

Marv-Vell

Sosok Mar-Vell mengalami gender-swap di film Captain Marvel. | www.greenscene.co.id

Salah satu hal mencolok yang jadi perbedaan Captain Marvel versi komik dan film yaitu sosok Mar-Vell. Mar-Vell yaitu seorang laki-laki dan merupakan sosok pertama dari Captain Marvel, yang memulai kehidupannya di Bumi sehabis ditinggalkan oleh sesama Kree Yon-Rogg (diperankan Jude Law di MCU).

Selama tinggal di Bumi, Mar-Vell memakai nama Walter Lawson (persis filmnya), jatuh cinta dengan Carol Danvers, menjadi superhero, dan alhasil meninggal lantaran kanker di tahun 1982. Sedangkan di filmnya, Mar-Vell (Anette Bening) yaitu Kree yang mengerjakan proyek Pegasus sebelum dibunuh oleh Yon-Rogg.

Itulah 8 perbedaan Captain Marvel versi komik dan filmnya. Walaupun jauh banget dari rujukan komiknya, tapi ternyata para penggemar tetap setia menonton film Captain Marvel tanpa ada yang protes, beda dengan film-film lainnya yang sering menuai kecaman.