A Private War: Peliknya Peperangan Dari Sudut Pandang Jurnalis Perang

A Private War: Peliknya Peperangan dari Sudut Pandang Jurnalis Perang

A Private war
A Private war, film biopik ihwal Marie Colvin, jurnalis perang media Sunday Times | finance.yahoo.com

Cocok buat kau yang suka film perang.

Suka dengan film yang diubahsuaikan dari dongeng nyata? Mungkin kau bisa menonton film A Private War. Film garapan Matthew Heineman ini layak dijadikan rujukan di bulan Maret, terlebih kalau kau menyukai seluk beluk dunia jurnalistik.

Film A Private War mengangkat dongeng hidup Marie Colvin, wartawan perang dari koran Sunday Times yang tak kenal takut untuk meliput peperangan hingga ke garis depan.

Dibintangi oleh Rosemund Pike sebagai Marie Colvin dan bintang film Jamie Dornan sebagai Paul Conroy—fotografer perang, film ini menerima rating nilai 7.3/10 dari Rotten Tomatoes dan 76/100 dari Metacritic. Sebuah rating yang cukup anggun dan menciptakan film ini layak kau tonton.

A Private war
iffr.com

Film A Private War secara eksplisit mengulas bahwa perang tidak menguntungkan pihak mana pun, baik itu perang antar negara maupun perang saudara.

Sebagai wartawan Sunday Times, Marie Colvin yang menjadi huruf sentral dalam film ini berupaya menunjukkan sisi kejam dan kelam peperangan di garis terdepan.

Film ini dibuka dengan menampilkan peperangan di Horns, Suriah, tahun 2012, dan penonton akan dikenalkan dengan sosok Marie Colvin.

Adegan kemudian mundur ke tahun 2001 dikala Marie berdebat dengan Sean Ryan (Tom Hollander), editor Sunday Times tentag lokasi peliputan berikutnya.

Sean menginstruksikan Marie semoga meliput konflik di Palestina, sedangkan Marie bersikeras ke Sri Lanka semoga bisa mewawancarai pimpinan pemberontak Macan Tamil.

Sepanjang film ini kau akan disuguhkan sifat keras kepala Marie dan kenekatannya meliput perang di garis terdepan.

Baca juga:

9 Film Biopik dari Tokoh Tenar yang Layak Ditonton

7 Film Biopik Terbaik dan Terlaris Indonesia yang Mengajarkan Banyak Hal

A Private war
culturefly.co.uk

Marie Colvin mengalami luka pada bab wajah kiri dan mata kirinya rusah sepulangnya dari Sri Lanka. Meski menerima penghargaan Best British Press Award, hal itu tak bisa mengobati perasaan depresi Marie pasca meliput perang.

Beruturut-turut meliput perang di Sri Lanka, Afghanistan, Irak, Libya, hingga Suriah, menciptakan Marie berketetapan melaporkan perang hingga ke garis terdekat bersama fotografer Paul Conroy yang setia menemaninya.

A private war
www.silverscreenbeat.com
Artikel Lainnya

Film A Private War sungguh menarik untuk ditonton alasannya tidak hanya menggambarkan sosok Marie Colvin sebagai wartawan yang tangguh, namun juga mengulas kondisi mental dan fisik Marie dikala mengalami trauma pasca perang.

Sinematografinya pun cukup apik untuk menggambarkan suasana perang yang otentik di tempat Timur Tengah dan sekitarnya. Akting Rosemund Pike sebagai Marie Colvin tak perlu diragukan alasannya dirinya pernah menerima nomonasi aktris terbaik di Academy Awards lewat film Gone Girl.

Penasaran dengan film A Private War? Kamu bisa menyaksikannya di bioskop terdekat alasannya film ini mulai tayang 9 Maret 2019. Selamat menonton!