Akibat Menatap Laser Pointer Terlalu Lama, Pengelihatan Dapat Rusak Permanen

Akibat Menatap Laser Pointer Terlalu Lama, Pengelihatan Bisa Rusak Permanen

efek laser pointer untuk mata
Bahaya sekali | keepo.me

Indera penglihatan bakalan terganggung

Di beberapa occassion, keberadaan laser pointer bakal dibutuhkan. Misalnya saja saat presentasi. Sinar yang didominasi dengan warna merah ini membantu supaya audiens sanggup lebih fokus dengan topik yang sedang dijelaskan.

Tapi bukan insan jikalau nggak penasaran. Selalu ada saja agresi ajaib yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan dari rasa ingin tahunya ini. Ada yang menggunakan laser pointer ini dengan cara yang tidak sesuai dengan instruksi.

Mulai sekarang, jangan melaksanakan hal aneh-aneh dengan benda ini. Jika diarahkan ke mata, indera penglihatanmu bakal rusak secara permanen.

Berawal dari iseng mengoperasikan laser pointer

efek laser pointer untuk mata
Petaka dimulai | nos.nl

Tahukah kalian jikalau menatap lansung ke sumber laser pointer sanggup menjadikan mata menjadi buta. Hal nahas ini dialami oleh seorang remaja berusia 14 tahun asal Tasmania, Australia. Kejadian ini terjadi dan mengebohkan pada November 2015 lalu.

Remaja yang tidak disebutkan namanya ini mengaku iseng bermain-main dengan laser pointer yang ada di rumahnya. Secara tidak sengaja, ia menyoroti mata sendiri dengan cahaya tersebut. Peristiwa itu hanya berlangsung dalam sekejap. Namun dampak yang diakibatkan sanggup terbilang sangat parah.

Sebagai optometrist yang menangani kecelakaan ini, Ben Armitage menuturkan bahwa remaja tersebut megalami penurunan penglihatan hingga 25%. Yang disayangkan, pada kondisi retina yang jelek ini penglihatannya sudah tidak sanggup disembuhkan.

Sudah termasuk sebagai kerusakan mata permanen, penanganannya tidak sanggup dilakukan dengan menggunakan kacamata atau menjalani operasi lasik. Ngeri, ‘kan?

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Presentasi yang Menarik selain Power Point

Laser pointer bukan mainan

efek laser pointer untuk mata
Barang penuh risiko | www.pexels.com

Dari insiden ini, para optometry memperlihatkan penyuluhan supaya orang remaja lebih mengawasi anak di anak-anak saat mengoperasikan benda elektronik. Termasuk laser pointer.

Perlu ditekankan bahwa benda ini nggak untuk buat mainan.

Sinarnya memang menciptakan banyak anak jadi excited dan penasaran. Untuk yang mengoperasikan pun dihimbau untuk tidak mengarahkan ke arah mata. Efek samping yang ditimbulkan bakal memperabukan retina dan sanggup menciptakan penglihatanmu rusak.

Artikel Lainnya

Mulai sekarang, perlu berhati-hati ekstra saat mengoperasikan laser pointer. Jangan hingga tindakan yang dianggap remeh malah berujung melukai diri sendiri dan justru membuatmu nggak sanggup melihat selamanya.