Ampuh! Cara Menaikan Trombosit Pada Anak Dan Orang Sampaumur Dengan Cepat

Ampuh! Cara Menaikan Trombosit pada Anak dan Orang Dewasa dengan Cepat

Cara menaikan trombosit
Cara menaikan trombosit | www.serbaonline.com

Cara menaikan trombosit darah dengan cepat

Jumlah trombosit kau turun sehabis terjangkit demam berdarah? Ada banyak sekali cara menaikan trombosit darah dengan cepat semoga sistem dalam tubuh kembali bugar.

Trombosit atau keping darah harus senantiasa berada pada jumlah normal. Jika tidak, akan sangat berbahaya bagi kondisi tubuhmu. Cara menaikan trombosit pada anak dan orang remaja harus dilakukan untuk mencegah risiko lebih berbahaya.

A. Kenapa trombosit bisa turun?

Cara menaikan trombosit
Kenapa trombosit bisa turun? | www.honestdocs.id

Trombosit rendah atau trombositopenia bisa disebabkan banyak sekali hal salah satu yang paling terkenal lantaran Demam Berdarah (DBD).

Selain itu, ada alasannya yakni lain trombosit turun menyerupai kehamilan dan persalinan, pendarahan, penyakit autoimun (trombosit dihancurkan oleh sistem imun sendiri), kurangnya produksi (seperti pada anemia aplastik) dan kuman dalam darah (bekteremia), kanker, cacar air, dan radiasi sanggup mengurangi produksi trombosit.

Baca juga: Ampuh 100%, Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat.

B. Penyebab trombosit turun

cara menaikan trombosit darah
Penyebab trombosit turun | www.honestdocs.id

Jumlah trombosit pada tubuh insan normal minimal 150.000/microliter. Jika tidak mencapai volume itu, berarti kau mengalami trombositopenia (kekurangan trombosit).

Gangguan kesehatan dan penyakit lain yang berkontribusi terhadap penurunan trombosit meliputi:

  • Anemia aplastik.
  • Pembengkakan limpa.
  • Defisiensi zat besi dan asam folat.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh.
  • Idiopathic Trombocytopenic Purpura (ITP).
  • Efek samping dari obat tertentu, kemoterapi.
  • Infeksi, menyerupai sepsis dan demam berdarah dengue.

Baca juga: Ampuh! Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dengan Cepat dan Efektif.

C. Dampak trombosit rendah

Kamu juga harus tahu banyak sekali tanda-tanda dari trombosit rendah yang tidak hanya sanggup terjadi lantaran penyakit tapi juga bisa lantaran pendarahan berat.

Gejala trombosit rendah yang bisa dikenali mencakup urine atau tinja berdarah, kulit dan mata menguning, gusi dan hidung berdarah, muncul memar, dan bintik ungu kemerahan

Tubuh juga akan mengalami banyak sekali efek kalau kadar trombosit mengalami penurunan menyerupai sakit kepala, nyeri dada, menurunnya penglihatan (sementara), sering mengalami kesemutan pada tangan atau kaki dan sering pingsan.

Berbagai dampak trombosit rendah lainnya meliputi:

1. Kehilangan darah secara berlebihan

Saat kadar trombosit menurun, cedera kecil pun bisa mengancam jiwa. Pendarahan secara internal yang terjadi mengakibatkan kehilangan darah melalui sistem pencernaan.

2. Anemia

Jika jumlah trombosit dalam tubuh rendah, kau berisiko mengalami anemia. Pasalnya penyakit anemia menandakan tubuh kau tidak mendapat oksigen dengan cukup.

Gejala anemia yang umum terjadi mencakup sakit kepala, kelelahan, rasa hambar pada tangan dan kaki, sesak napas, sampai jantung berdebar kencang.

Meski anemia merupakan penyakit ringan dan hanya terjadi sementara, pada masalah kronis bisa mengakibatkan ketaknormalan dan mengancam nyawa.

3. Gangguan pada sistem kekebalan tubuh

Menurunnya jumlah trombosit merupakan membuktikan sistem kekebalan tubuh terganggu. Penyakit menyerupai HIV sanggup mengakibatkan jumlah trombosit pada tubuh mengalami penurunan. Leukemia juga bisa mengakibatkan tubuh tidak menghasilkan trombosit yang cukup.

4. Komplikasi yang parah

Sebuah penelitian menyebut bahwa jumlah trombosit yang terlalu rendah bisa mengancam nyawa dan mengakibatkan pendarahan di otak. Meski termasuk jarang terjadi,beberapa orang pernah mengalaminya.

Trombositopenia berat bisa diobati apabila penyebab utamanya dikendalikan dalam beberapa kasus. Jika mencicipi tanda-tanda trombositopenia, kau harus segera konsultasikan ke dokter untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Daya Ingat untuk Hindari Kepikunan Dini.

D. Berapa nilai normal trombosit?

cara menaikan trombosit dengan cepat
Dampak trombosit rendah | hellosehat.com

Trombosit terdapat dalam darah dan limpa. Sel darah ini tidak berwarna dan mempunyai siklus hidup hanya selama 10 hari. Tubuh akan memperbaharui persediaan trombosit dengan menghasilkan trombosit gres di sumsum tulang.

Trombosit berfungsi untuk menciptakan luka cepat sembuh. Saat jumlah trombosit dalam darah rendah, otomatis tubuh akan kesulitan menghentikan perdarahan ketika terluka.

Meski jumlah trombosit pada setiap individu berbeda-beda, biasanya jumlah trombosit normal dalam darah yakni sekitar 150.000 – 400.000 trombosit/mikroliter. Jika jumlahnya berada jauh di bawah itu berarti jumlah trombosit seseorang tergolong rendah.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Agar Hidupmu Kaprikornus Lebih Positif.

E. Cara menaikan trombosit darah pada anak dan orang dewasa

Penasaran bagaimana cara meningkatkan jumlah trombosit secara drastis? Berikut cara menaikan trombosit darah dengan cepat dan alami tanpa obat.

1. Mengonsumsi jambu biji

cara menaikan trombosit
Mengonsumsi jambu biji | hellosehat.com

Jambu biji dikenal ampuh sebagai salah satu cara menaikan trombosit secara cepat dan alami. Jika ada orang yang terjangkit demam berdarah, jambu biji biasa dijadikan bingkisan ketika menjenguknya.

Buah jambu kaya akan vitamin C dan bisa meningkatkan trombosit secara cepat baik dengan cara eksklusif dimakan atau dijus.

2. Bayam

cara menaikan trombosit pada anak
Bayam | www.1health.id

Bayam kaya kandungan vitamin K yang diperlukan tubuh ketika membutuhkan trombosit. Kamu cukup merebus 5 daun bayam dengan 2 gelas air. Rebus sampai air menguap dan tinggal 1 gelas. Minum airnya. Lakukan setiap hari dan volume trombosit dalam tubuh akan meningkat sehingga tubuh kau akan kembali vit.

3. Biji-bijian

cara menaikan trombosit darah
Biji-bijian | duniaplant.blogspot.com

Cara menaikkan trombosit secara alami berikutnya yaitu mengonsumsi biji-bijian. Hampir semua biji-bijian mempunyai kandungan Vitamin B9 yang sanggup jadi cara menaikkan trombosit dalam darah.

4. Kacang-kacangan

cara menaikan trombosit dengan cepat
Kacang-kacangan | www.telunjuk.com

Kamu juga bisa mengonsumsi almond, kacang tanah, walnut, pistachio, dan banyak sekali kacang-kacangan lainnya sebagai cara menaikkan trombosit secara alami dan cepat.

Kacang-kacangan di atas mengandung vitamin D, K, dan fibrinogen yang membantu perembesan kalsium sehingga bisa jadi cara menaikkan trombosit secara alami.

Jadi bisa dijadikan pilihan konsumsi selain biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

5. Mengonsumsi masakan sehat

cara menaikan trombosit
Mengonsumsi masakan sehat | membuatwebsite.biz

Mengonsumsi masakan sehat patut dijaga kalau kau mempunyai acara untuk menaikkan kadar trombosit dalam darah. Makanan-makanan sehat bisa berupa masakan yang diolah dengan cara yang baik menyerupai sayuran dan buah-buahan.

6. Menghindari masakan tidak sehat

cara menaikan trombosit pada anak
Junk food | timesofindia.indiatimes.com

Menghindari Junk food atau masakan tidak sehat bisa menjadi cara menaikkan trombosit secara cepat. Makanan yang diolah dengan minyak, gula halus, dan junk food, minuman beralkohol serta berkafein sebaiknya perlu kau hindari.

Jika terus mengonsumsi masakan menyerupai itu, jumlah trombosit bisa menurun lantaran terhambatnya produksi trombosit oleh sumsum tulang.

7. Konsumsi masakan mengandung vitamin B12 dan asam folat

cara menaikan trombosit darah
Makanan mengandung vitamin B12 dan asam folat | www.honestdocs.id

Vitamin B12 dan asam folat berperan penting dalam pembentukan trombosit. Kamu bisa mengonsumsi masakan yang kaya akan asam folat menyerupai bayam, jeruk, kacang. Makanan kaya vitamin B12 antara lain telur, susu, keju, hati ayam, daging kambing, dan lainnya.

8. Konsumsi masakan mengandung asam lemak omega-3

cara menaikan trombosit dengan cepat
Konsumsi masakan mengandung asam lemak omega-3 | hellosehat.com

Cara menaikan trombosit dengan cepat dan alami lainnya yakni dengan mengonsumsi masakan yang mengandung asam lemak omega-3 menyerupai ikan. Minyak ikan dan minyak biji rami juga kaya omega 3.

Asam lemak omega-3 sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan trombosit.

9. Konsumsi masakan kaya akan vitamin C

cara menaikan trombosit
Konsumsi masakan kaya akan vitamin C | cobektv.blogspot.com

Vitamin C bisa mendongkrak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah yang kaya vitamin C menyerupai jeruk ataupun perhiasan vitamin C sanggup menaikkan trombosit secara alami.

10. Minum air hangat

cara menaikan trombosit pada anak
Minum air hangat | hamil.co.id

Minum air hangat juga bisa menjadi kebiasaan bagus sebagai cara menaikan trombosit darah lantaran sanggup menciptakan makan yang masuk ke dalam tubub terserap dengan baik. Sebisa mungkin hindari meminum air hambar lantaran sanggup memperlambat jalan masuk pencernaan.

11. Perbanyak minum air mineral

cara menaikan trombosit darah
Perbanyak minum air mineral | hellosehat.com

Kamu harus tahu kalau sel darah terbuat dari air dan protein. Kaprikornus meminum banyak air akan menghasilkan lebih banyak sel darah termasuk meningkatkan trombosit.

12. Istirahat dan tidur yang cukup

cara menaikan trombosit dengan cepat
Istirahat dan tidur yang cukup | hellosehat.com

Setelah mengonsumsi banyak sekali masakan yang meningkatkan jumlah trombosit, jangan lupa beristirahat cukup sehabis beraktivitas.

Istirahat (tidur) yang cukup sanggup membantu tubuh kembali segar dan memperbaiki regulasi hormon dan metabolisme sehingga tubuh akan memproduksi lebih banyak trombosit.

13. Hindari Aktifitas yang sanggup mengakibatkan perdarahan

cara menaikan trombosit
Hindari Aktivitas yang sanggup mengakibatkan perdarahan | hellosehat.com

Kamu harus menghindari kegiatan fisik yang sanggup meningkatkan risiko terjadinya perdarahan termasuk Olahraga atau kegiatan yang sanggup menimbulkan cedera (benturan, goresan, atau luka).

14. Hindari obat tertentu

cara menaikan trombosit pada anak
Hindari obat tertentu | parenting.orami.co.id

Cara menaikan trombosit darah yang terakhir yakni dengan menghindari obat pereda nyeri dan penurun panas (demam) yang sanggup menghambat produksi dan fungsi trombosit.

Sebut saja Aspirin dan Ibuprofen dan kau juga harus menghindari obat-obatan yang dijual bebas di pasaran.

Artikel Lainnya

Bagaimana, sudah tahu kan cara menaikan trombosit darah pada anak dan orang dewasa. Masing-masing tips bisa kau coba kalau sedang dalam proses pemulihan trombosit. Selamat mencoba cara menaikan trombosit dengan cepat dan alami di atas.