Ampuh! Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi Dengan Cepat Dan Efektif

Ampuh! Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dengan Cepat dan Efektif

Cara menurunkan kadar gula darah
Cara menurunkan kadar gula darah | hellosehat.com

Cara menurunkan kadar gula darah

Penyakit diabetes bisa diderita generasi milenial di usia produktif sehingga pengetahuan cara menurunkan kadar gula darah mutlak diperlukan. Terlebih dengan maraknya gaya hidup dan faktor lingkungan yang tidak sehat.

Penyakit diabetes memang bermula kadar gula darah tinggi yang semakin tak terkontrol. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan saraf, hingga organ ginjal yang tidak berjalan dengan baik.

Cara menurunkan gula darah tinggi

Kamu harus mengenali gejala-gejala kadar gula darah tinggi pada orang yang mempunyai diabetes menyerupai merasa haus, sering buang air kecil, dan verbal terasa kering. Berikut cara menurunkan gula darah tinggi yang bisa kau coba.

1.

Cek gula darah

Cara menurunkan kadar gula darah
Cek gula darah | www.klikdokter.com

Pertama, kau bisa cek gula darah dengan memakai mesin portabel kecil yang disebut meteran glukosa darah. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan memakai kriteria pengukuran sebagai berikut:

  • Normal: di bawah 200 mg/dl.
  • Kondisi hiperglikemia: di atas 200 mg/dl.

Tapi kadar gula darah bisa berubah sepanjang waktu, menyerupai sebelum makan dan setelah makan. Kamu bisa memperhatikan kisaran normal kadar gula darah di tiap waktunya.

  • Setelah tidak makan selama 8 jam (puasa): kurang dari 100 mg/dl.
  • Sebelum makan: 70-130 mg/dl.
  • Setelah makan (1-2 jam): kurang dari 180 mg/dl.
  • Sebelum tidur : 100-140 mg/dl.
2.

Suntik insulin

Cara menurunkan kadar gula darah
Suntik insulin | hellosehat.com

Kadar gula darah masih tinggi meski telah minum obat minum antidiabetes? Kamu bisa mempertimbangkan suntik insulin untuk menetralisasi kadar gula dalam darah.

Hormon insulin bisa bekerja lebih cepat ketika disuntikkan ke perut sempurna di atas atau di samping pusar.

Insulin bisa mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Cara kerjanya dengan memberi sinyal pada sel lemak, otot, dan hati untuk mengambil glukosa dari darah.

Selanjutnya, glukosa akan diubah menjadi glikogen (gula otot) di sel otot, trigliserida di sel lemak, dan keduanya di sel hati.

3.

Minum air lebih banyak

Cara menurunkan kadar gula darah
Minum air lebih banyak | www.klikdokter.com

Minum air lebih banyak bisa menetralisasi kelebihan gula dari darah, kemudian membuangnya melalui urine. Jadi, tubuh kau akan membutuhkan lebih banyak cairan untuk menghidrasi diri sendiri.

Penderita diabetes atau orang yang mempunyai kadar gula darah tinggi memang harus minum air sesuai kebutuhan semoga terdehidrasi dengan baik.

Semakin tinggi kegiatan fisik yang dilakukan, maka semakin banyak kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: 100% Work! 12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami (Pola Makan & Olahraga).

4.

Olahraga

Cara menurunkan kadar gula darah
Olahraga | www.sehataqua.co.id

Berolahraga merupakan salah satu cara menurunkan kadar gula darah tinggi dan mengontrolnya dalam dosis yang sehat alasannya yaitu menciptakan jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Saat darah dipompa, glukosa dipakai dalam fatwa darah untuk menghadirkan energi lebih banyak. Kamu bisa mencoba meningkatkan detak jantung setidaknya selama 10 hingga 15 menit.

Baca juga: Ampuh 100%, Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat.

5.

Membatasi asupan gula

Cara menurunkan kadar gula darah
Membatasi asupan gula | hellosehat.com

Kadar gula darah yang tinggi terjadi alasannya yaitu kelebihan asupan gula dari makanan. Sebaiknya kau bisa mulai mengurangi dan membatasi asupan gula sehari-hari.

Gunakan aksesori rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh yang membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah.

Baca juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi untuk Segala Usia, Biar Hidup Makara Lebih Sehat.

6.

Pertahankan berat tubuh ideal

Cara menurunkan kadar gula darah
Pertahankan berat tubuh ideal | www.klikdokter.com

Kamu harus tahu bila obesitas meningkatkan 20-40 kali risiko terjadinya diabetes. Menurut penelitian Harvard Health, 90 persen orang yang mempunyai berat tubuh berlebih mengalami diabetes mellitus.

Saat berat tubuh berlebih, tubuh mengalami stres khususnya pada kepingan sel retikulum endoplasma (ER) sehingga mengakibatkan resistensi insulin yang kesudahannya menciptakan kadar gula darah tinggi.

Insulin merupakan hormon yang dihasilkan pankreas untuk membantu sel mengubah glukosa menjadi energi.

Baca juga: 5 Tips Memaksimalkan Yoghurt untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan.

7.

Perbanyak makan buah dan sayur

Cara menurunkan kadar gula darah
Perbanyak makan buah dan sayur | triyantoprabowo.wordpress.com

Cara menurunkan gula darah tinggi selanjutnya yaitu mengonsumsi masakan kaya serat yang bisa menciptakan kenyang tahan usang dan juga mempunyai IG (indeks glikemik) yang rendah.

IG yaitu nilai yang menggambarkan berapa cepat atau seberapa lambat masakan tersebut mengakibatkan kenaikan kadar gula darah.

Kamu bisa mengonsumsi masakan dengan IG di bawah 55 yang sanggup menjaga gula darah tetap stabil, menyerupai sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, konsumsilah buah kiwi yang mengandung serat tinggi atau sayur okra dengan zat myricetin yang sanggup meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap glukosa sehingga gula darah turun.

Baca juga: 5 Cara Diet Sehat dengan Buah Naga yang Paling Ampuh.

8.

Olahraga khusus diabetes

Cara menurunkan kadar gula darah
Olahraga khusus diabetes | www.klikdokter.com

Kamu bisa mempertimbangkan olahraga yang sanggup meningkatkan sensitivitas insulin yang penting bagi pengidap diabetes. Misalnya, senam kaki diabetes yang membantu melancarkan peredaran darah pada kepingan kaki.

Kamu juga bisa melaksanakan olahraga aerobik menyerupai jalan cepat dan berlari.

Para jago menyarankan penderita diabetes atau pengidap gula darah tinggi berolahraga selama 150 menit per ahad atau 30 menit per harinya. Tidak harus pribadi melaksanakan kegiatan berat, kau bisa melakukannya secara bertahap.

9.

Tidur yang cukup

Cara menurunkan kadar gula darah
Tidur yang cukup | www.klikdokter.com

Tidur yang cukup juga efektif sebagai salah satu cara menurunkan gula darah. Pasalnya orang yang tidurnya di bawah 7 jam mempunyai contoh makan yang kacau dan lebih gampang termakan untuk ngemil.

Selain itu kurang tidur ternyata mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespons insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes.

10.

Pola makan teratur

Cara menurunkan kadar gula darah
Pola makan teratur | www.frisianflag.com

Dibanding orang normal, orang dengan risiko diabetes bisa makan 5 kali sehari tetapi bertahap semoga tidak mengalami hiperglikema atau gula darah terlalu tinggi.

Kamu bisa menikmati makan siang dengan sajian yang enak selama tidak melewati batas kalori (2.000 kkal pada perempuan dan 2.500 pada pria).

Kamu bisa mengganti nasi putih yang tinggi gula dengan nasi merah atau nasi hitam.

Perhatikan masakan dan minuman yang dikonsumsi

Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga patut diperhatikan untuk menurunkan gula darah tinggi dengan cepat. Berikut cara menurunkan gula darah dengan mempertimbangkan masakan dan minuman yang dikonsumsi.

1. Minum air putih

Air putih merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi semoga kebutuhan cairan tercukupi. Minum air putih secara teratur sanggup membantu ginjal mendorong gula darah berlebih keluar lewat urine serta mencegah dehidrasi.

2. Meningkatkan asupan serat

Kamu bisa mengonsumsi masakan kaya serat untuk memperlambat pencernaan karbohidrat dan absorpsi gula. Asupan serat harian yang direkomendasikan berjumlah 25 gram untuk perempuan dan 38 gram untuk pria.

Beberapa masakan kaya serat yang bisa kau konsumsi menyerupai brokoli, kubis, kacang-kacangan, chia seed, gandum utuh, kol, ketimun, wortel, bayam, selada, dan buah-buahan.

3. Mencoba cuka apel

Kamu bisa mempertimbangkan cuka apel yang sanggup membantu memperlambat absorpsi gula ke dalam tubuh.

Penderita diabetes tipe 2 bisa mengonsumsi satu sendok makan cuka apel setelah selesai makan sebagai cara menurunkan kadar gula darah. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk lebih jelasnya.

4. Membumbui dengan kayu manis

Kayu manis bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh hingga 29%. Pasalnya, kayu manis sanggup memperlambat penguraian karbohidrat dalam terusan pencernaan dan mengontrol kenaikan gula darah setelah makan.

Dosis yang dianjurkan yaitu sekitar setengah hingga dua sendok teh. Tertarik mencoba cara menurunkan gula darah tinggi dengan kayu manis?

5. Menjauhi masakan berlemak dan bergula tinggi

Terakhir, kau pantang mengonsumsi masakan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi bila ingin menurunkan kadar gula dalam darah.

Kamu bisa menjauhi masakan yang terlalu manis menyerupai masakan ringan manis dan es krim, serta masakan berlemak tinggi menyerupai mentega, atau gorengan. Disarankan pula untuk menjauhi minuman beralkohol.

Artikel Lainnya

Bagaimana, sudah mencoba banyak sekali tips dan cara menurunkan kadar gula darah tinggi di atas? Mulai sekarang, kau harus memperhatikan asupan masakan bila sudah didiagnosis mengalami kadar gula tinggi. Selamat mencoba cara menurunkan gula darah di atas.