Begini Cara Kelurahan Roa Malaka Jadi Satu-Satunya Zona Hijau Di Daratan Jakarta

Begini Cara Kelurahan Roa Malaka Makara Satu-satunya Zona Hijau di Daratan Jakarta

Jakarta
Wabah virus corona di Jakarta | www.thejakartapost.com

Kelurahan Roa Malaka jadi satu-satunya wilayah higienis corona di Jakarta.

Hingga Senin, 8 Juni 2020, angka kasus bisul virus corona di Jakarta mencapai 8.037 kasus. Angka tersebut sudah menyebar sampai ke 262 kelurahan. Dengan demikian, dari total 267 kelurahan di DKI Jakarta, hanya ada lima keluruhan yang tidak terinfeksi Covid-19.

1.

Satu-satunya zona hijau di daratan Jakarta

Jakarta
Kelurahan Roa Malaka | wartakota.tribunnews.com

Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, ialah satu-satunya kelurahan di daratan Jakarta yang tidak mempunyai kasus konkret virus corona. Roa Malaka pun disebut sebagai satu-satunya zona hijau di ibu kota.

Sementara itu, empat kelurahan lain yang juga termasuk zona hijau berlokasi di Kepulauan Jakarta, Kabupaten Kepulauan Seribu. Empat kelurahan tersebut ialah Kelurahan Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Panggang, dan Pulau Harapan.

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Kecamatan Tambora, Andre Ravnic, Kelurahan Roa Malaka tidak termasuk wilayah padat penduduk. Roa Malaka ialah wilayah perniagaan. Penduduk paling banyak bermukim di RW 003.

2.

Sanksi sosial bagi pelanggar

Jakarta
Warga Kelurahan Roa Malaka | megapolitan.kompas.com

Aparat pemerintah dan warga pun saling sebenarnya menjaga Roa Malaka dengan menerapkan karantina wilayah. Setiap jalan masuk keluar masuk Roa Mala dijaga ketat oleh pihak keamanan.

“Langkah yang dilakukan ialah karantina wilayah. Jadi, jalan masuk pintu masuk dijaga oleh hansip lingkungan, kolaborasi dengan RT RW setempat” ujar Andre, dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, pihak kecamatan dan kelurahan juga gencar melaksanakan edukasi kepada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, menyerupai menggunakan masker dikala berada di luar rumah. Edukasi ini terbukti berhasil alasannya ialah warga Roa Malaka sadar betul akan pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona.

“Protokol kesehatan tidak akan dapat dijalankan kalau tidak diberikan edukasi dari awal. Sampai sekarang, alhamdulillah masyarakat mengerti. Jadi, keluar rumah menggunakan masker itu sudah menjadi kewajiban di sana” ungkap Andre.

3.

Akan dinobatkan sebagai kampung merdeka Covid-19

Jakarta
Wabah virus corona di Jakarta | www.thejakartapost.com

Agar warga Roa Malaka semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan, pegawapemerintah pemerintahan dan kelurahan pun memberlakukan hukuman sosial bagi mereka yang melanggar. Sanksi tersebut akan diberikan secara bertahap.

Pertama, warga yang melanggar akan ditegur. Kedua, kalau masih melanggar maka foto wajahnya akan dipajang di papan pengumuman. Menurut pegawapemerintah setempat, hukuman sosial ini cukup efektif untuk menumbuhkan kedisiplinan warga.

Tidak hanya itu, pegawapemerintah pemerintah pun menerapkan Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 perihal Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan Covid-19 di Jakarta.

Sebagai satu-satunya wilayah yang nihil kasus bisul virus corona di daratan Jakarta, Roa Malaka dicanangkan menjadi kampung merdeka Covid-19. Harapannya biar Roa Malaka dapat terus bebas dari virus corona.

Artikel Lainnya

Meski dikala ini ibu kota Jakarta sudah mulai menjalankan PSBB transisi, pihak kelurahan dan warga Roa Malaka masih terus melaksanakan upaya pencegahan penularan Covid-19 untuk menjaga daerahnya dari bisul virus.