Berbagai Manfaat Jintan Hitam, Yuk, Buktikan Sendiri Khasiatnya!

Berbagai Manfaat Jintan Hitam, Yuk, Buktikan Sendiri Khasiatnya!

Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam
Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam | deltomed.id

Selain sebagai bumbu masak, jintan hitam juga berguna sebagai obat

Jintan hitam atau yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dengan nama Habbatussauda ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat jintan hitam ini di antaranya untuk mencegah banyak sekali macam penyakit.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, manfaat jintan hitam terasa secara perlahan terhadap tubuh. Jika kita rutin meminumnya, manfaat jintan hitam akan eksklusif terasa ketika kita melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam
Manfaat Jintan Hitam Bentuk Kelopak Jintan Hitam | upload.wikimedia.org

Jintan hitam merupakan jenis biji-bijian berwarna hitam, yang dalam bahasa Latin disebut Nigella Sativa. Manfaat jintan hitam sudah usang dikenal semenjak ribuan tahun kemudian di daratan Timur Tengah.

Tanaman ini merupakan salah satu spesies dari genus Nigella yang kurang lebih terdiri dari 14 jenis spesies tanaman. Di antaranya adalah Nigella Cilaris, Nigella Damascena, Nigella Hispanica, Nigella Intergrifolia, Nigella Nigellastrum, Nigella Orientalis.

Anatomi flora jintan hitam berwujud tumbuhan herbal yang berbentuk tegak dengan ketinggian mencapai sekitar 70 cm. Batang dari tumbuhannya punya banyak cabang, sementara susunan dedaunannya menyilang dan berseling.

Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam
Manfaat Jintan Hitam Bentuk Daun Jintan Hitam | i.ytimg.com

Tumbuhan jintan hitam mempunyai tangkai daun yang kuat dan berbulu halus. Daunnya berwarna hijau yang sanggup menjelma cokelat kemerahan.

Selain itu, flora jintan hitam juga mempunyai bunga yang tumbuh berwarna biru atau putih. Sedangkan buahnya sendiri berbentuk biji yang berwarna hitam. Biji ini yang kemudian dikonsumsi sebagai obat ataupun bumbu masakan.

Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam
Manfaat Jintan Hitam Komposisi Kandungan Jintan Hitam | ulyadays.com

Jintan hitam secara umum mengandung minyak padat, protein, alkaloid, saponin dan minyak esensial. Dari kandungannya itu, tidak mengherankan jintan hitam dipakai sebagai obat-obat semenjak zaman dulu.

Wilayah daerah tumbuh jintan hitam kebanyakan berada di wilayah Timur Tengah dan Asia Barat. Di Asia Barat, terutama India, jintan hitam banyak dipakai sebagai bumbu masakan. Sedangkan di Timur Tengah lebih dipakai sebagai obat-obatan.

Karena itu, bagi Umat Muslim, usulan mengonsumsi jintan hitam eksklusif disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, tradisi jintan hitam sebagai obat-obatan sudah usang dikenal di Timur Tengah.

Jintan hitam juga telah tercatat dalam sejarah kesehatan umat insan sebagai cuilan penting dalam mengobati penyakit. Banyak sebutan yang dimiliki oleh jintan hitam, di antaranya black seed, black caraway, natura seed, black cumin dan kaluduru.

Khasiat jintan hitam dipercayai ampuh untuk mengobati penyakit semenjak dari 2000-3000 tahun sebelum masehi yang tercatat dalam literatur-literatur kuno. Pada era pertengahan, salah satu tokoh yang mencatat khasiat jintan hitam yaitu Ibnu Sina (980-1037M) dan Al-Biruni (973-1048M).

Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam
Manfaat Jintan Hitam Minyak Jintan Hitam | i2.wp.com

Perannya dalam dunia kesehatan yang paling sederhana, yang semenjak dulu sudah dipakai oleh umat insan yaitu lantaran khasiat jintan hitam yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap bahaya dari virus, kuman dan bakteri.

Selain itu, Jintan hitam juga bisa diolah sebagai bumbu masakan. Karena mempunyai kandungan yang yaitu karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk di antaranya yaitu asam oleat, asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium dan anti oksidan.

Mari kita simak, menyerupai apa saja manfaat dari Jintan Hitam

Manfaat jintan hitam bagi kesehatan dan keseimbangan tubuh banyak sekali, selain sebagai pertahanan bagi sistem kekebalan tubuh, juga beberapa manfaat jintan hitam lainnya. Manfaat jintan hitam pertama yaitu bisa menurunkan koleseterol.

Kadar kolesterol yang tinggi sanggup diturunkan oleh jintan hitam, terutama kadar kolestrol jahat atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan kolestrol LDL. Penurunan kadar kolestrol yang tinggi disebabkan oleh minyak jintan hitam.

Manfaat kedua dari jintan hitam yaitu kadungan antioksidan dalam jintan hitam yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang sanggup memicu kerusakan sel. Dalam jintan hitam, ditemukan beberapa senyawa antioksidan menyerupai alkaloid, saponin, karvakrol dan timokuinon.

Manfaat ketiga yaitu sanggup meringankan tanda-tanda asma, jikalau minyak jintan hitam bisa menurunkan kadar kolestrol, secara keseluruan biji jintan hitam bisa meringankan penderita asma. Namun hal ini masih diteliti lebih lanjut, terkait jintan hitam sebagai obat asma.

Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam
Manfaat Jintan Hitam Bentuk Tumbuhan Jintan Hitam | s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Gula darah dalam tubuh juga menjadi permasalahan serius hampir rata-rata masyarakat di Indonesia, lantaran potensi terkena diabetes menjadi tinggi. Namun, manfaat jintan hitam selanjutnya yaitu bisa mengontrol gula darah.

Karena penelitian yang dilakukan menandakan bahwa ekstraksi jintan hitam sanggup menurunkan gula daran dan resistensi insulin. Selain mengontrol gula darah, jintan hitam juga baik dikonsumsi untuk mencegah peningkatan gula darah dalam kondisi tubuh yang stabil.

Minyak jintan hitam juga menawarkan khasiat lain, yaitu sanggup mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan meminum 1000 mg minyak jintan hitam selama depan ahad berturut-turut, peradangan yang sedang dirasakan tubuh akan sanggup diatasi.

Manfaat jintan hitam selanjutnya yaitu mencegah kanker. Jintan hitam yang mengandung antioksidan tinggi juga bisa mencegah kanker. Jintan hitam mempunyai efek terhadap sel tumor dan kanker.

Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah yaitu kanker darah, kanker payudara, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker prostat, kanker kulit dan kanker usus besar.

Sayangnya, manfaat jintan hitam untuk mencegah kanker masih terus diteliti hingga ketika ini. Namun, manfaat jintan hitam untuk menjaga fungsi hati sudah dipastikan khasiatnya.

Fungsi hati ini penting untuk dijaga kesehatannya, lantaran jikalau sudah mengalami kerusakan sanggup mengakibatkan komplikasi dan kerusakan pada organ lainnya.

Ekstraksi dari jintan hitam bisa mengurangi toksisitas (kadar racun) dari konsumsi makan sehari-hari yang terdapat dalam hati kita. Kemampuan ini kemungkinan masih berkaitan dengan kandungan antioksidan jintan hitam.

Jintan hitam juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Karena di dalam jintan hitam terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 yang merupakan nutrisi bagi otak untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, relativitas sel otak semoga terhindar dari kepikunan.

Selain itu, kandung dari jintan hitam tersebut juga bisa memperbaiki peredaran darah ke otak. Manfaat ini tentu saja akan sangat berguna bagi para lansia dan terutama bagi anak  yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Secara otomatis, permasalahan gangguan tidur dan stress juga sanggup diatasi oleh khasiat dari jintan hitam. Unsur yang bisa mengatasi gangguan tidur dan stress dalam jintan hitam disebut unsur Saponin, yang mempunyai fungsi menyerupai Kortikosteroid.

Kortikostreroid sendiri sanggup memengaruhi karbohidrat, protein, dan lemak. Serta juga kuat pada fungsi jantung, saraf dan otot tubuh. Saponin bisa mempertahankan diri dari perubahan cuaca.

Manfaat Jintan Hitam Bisi Jinten Hitam
Manfaat Jintan Hitam Anatomi Jintan Hitam | upload.wikimedia.org

Selain itu, terutama bagi ibu menyusui, kandungan Sapion dalam jintan hitam bisa meningkatkan produksi dan melancarkan air susu.

Kabar perihal efek samping konsumsi Jintan Hitam

Namun, tidak baik juga mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Dalam hal ini juga berlaku untuk jintan hitam. Pernah beredar kabar negatif terkait jintan hitam beberapa tahun lalu. Kabarnya efek samping jintan hitam sanggup menciptakan kerja ginjal terganggu.

Padahal, jikalau ditelusuri lebih lanjut lagi, dengan mengonsumsi obat-obat kimia sanggup menawarkan efek samping jelek bagi ginjal. Kerusakan ginjal bukan hanya efek samping jintan hitam jikalau dikonsumsi secara berlebihan.

Ternyata kabar negatif itu juga terbantahkan. Dalam salah satu penelitian, justru Jintan hitam mempunyai kegiatan renoprotective atau nephroprotective dalam istilah kedokteran.

Sederhananya dua kegiatan dari jintan hitam itu justru sanggup melindungi ginjal, bukan sebaliknya. Uji coba penelitian juga sempat dilakukan terhadap salah satu tikus yang mempunyai permasalahan ginjal.

Tikus tersebut diberi minyak jintan hitam secara teratur dan hasil yang didapat memperlihatkan adanya perbaikan kondisi ginal tikur itu. Meski demikian, tetap harus dilakukan penelitian yang lebih dalam lagi.

Namun, kabar perihal uji coba terhadap tikus yang menderita kerusakan ginjal tersebut telah cukup untuk mematahkan kabar negatif perihal efek samping jintan hitam. Malah justru sebaliknya, fungsi dan kerja ginjal dilindungi oleh jintan hitam.

Artikel Lainnya

Tidak ada salahnya untuk mencoba jintan hitam. Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan banyaknya manfaat jintan hitam. Jangan ragu apalagi hingga tergoda kabar negatif perihal jintan hitam. Demi kesehatan kita, tidak ada salahnya mencoba konsumsi jintan hitam. Selamat mencoba!