Beri Orasi Di Depan Para Buruh, Prabowo: Kalian Mau Jadi Kambing Atau Rakyat Terhormat?

Beri Orasi di Depan Para Buruh, Prabowo: Kalian Mau Makara Kambing atau Rakyat Terhormat?

Prabowo Sebut Kambing di Hari Buruh Internasional
Capres 02, Prabowo Subianto dikala menghadiri program Hari Buruh Internasional di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019). | rri.co.id

Penuh Semangat, Prabowo Keluarkan Diksi Kambing Saat Orasi Hari Buruh.

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menawarkan pertanyaan pada buruh wacana pilihan menjadi kambing atau rakyat terhormat dikala berorasi di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/5).

Pertanyaan ini pun sontak memantik banyak reaksi dari publik baik itu yang sejalan maupun tidak dengan pedoman Prabowo. Hal ini juga memanaskan suasana Hari Buruh yang berdekatan dengan masa rekapitulasi suara.

Namun, apakah benarkah ada maksud khusus dalam pertanyaan Prabowo di Hari Buruh 1 Mei 2019 kali ini?

1.

Kambing atau rakyat terhormat

Prabowo Sebut Kambing di Hari Buruh Internasional
Prabowo Subianto bersama dengan Waketum Gerindra, Fadli Zon dan mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019) | tirto.id

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (1/5), pertanyaan perihal pilihan menjadi kambing atau rakyat terhormat ini disampaikan Prabowo dalam program yang digelar oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Prabowo pun memakai diksi kambing untuk menjadi pembanding dengan rakyat yang terhormat didepan banyak buruh yang berkumpul.

“Kalau kita dihadapkan pada pilihan bahwa rakyat Indonesia dianggap dan diperlakukan menyerupai kambing atau rakyat Indonesia bangun terhormat. Kau pilih mana?” ucap Prabowo.

“Kalian mau jadi kambing atau rakyat yang terhormat?” ulangnya.

Sontak, pertanyaan Prabowo pribadi dijawab dengan lantang oleh seluruh penerima buruh dengan jawaban: ‘Mau menjadi rakyat terhormat’.

2.

Sebut buruh tidak akan menyerah

Prabowo Sebut Kambing di Hari Buruh Internasional
Gesture Prabowo Subianto dikala berorasi dalam program Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2019). | nasional.kompas.com

Dalam orasinya, Prabowo kemudian menjelaskan kenapa dirinya memakai diksi kambing sebagai pembanding.

Dirinya menyampaikan bila kambing merupakan simbol kepasrahan dan hanya berserah kepada nasib tanpa berjuang. Sedangkan, rakyat terhormat akan berjuang demi kebenaran dan keadilan.

“Kalau kambing mengalah kepada nasib, rakyat yang terhormat harus berani membela keadilan dan kebenaran,” jelasnya.

“Saya tangkap dari pandangan mata kalian, dari bunyi kalian, dari reaksi kalian, saya menangkap bahwa kalian tidak mau mengalah pada ketidakadilan,” tegas Prabowo.

3.

Rakyat Indonesia banyak dianggap bodoh

Prabowo Sebut Kambing di Hari Buruh Internasional
Prabowo Subianto dikala mendapatkan sesi foto didepan pendukung dan awak media pasca orasi di Hari Buruh Internasional, Rbu (1/5/2019). | www.liputan6.com

Prabowo juga sedikit menyindir situasi rakyat Indonesia kini ini yang banyak dianggap kurang arif oleh pihak-pihak lain.

Dirinya pun menyinggung dengan mudahnya rakyat dipengaruhi alasannya yaitu kondisinya yang miskin terutama dalam masa Pilpres kali ini.

“Saudara sekalian, rakyat Indonesia dianggap bodoh, rakyat Indonesia dianggap miskin, memang miskin, banyak miskin. Saking miskinnya dibagi-bagi uang, simpel dipengaruhi. Kepala desa ditakut-takuti,” ucapnya.

Artikel Lainnya

Sosok Prabowo Subianto memang dikenal sebagai seorang orator ulung dengan perilaku tegas dan berapi-apinya.

Namun, penggunaan diksi kambing dirasa tidak sempurna sesudah banyak mendapatkan sorotan untuk menggambarkan situasi rakyat Indonesia dikala ini.

Semoga para elit politik di Indonesia sanggup memakai bahasa-bahasa yang santun dan tidak memunculkan polemik yang berpotensi menciptakan suasana semakin panas kedepannya.