Bermodal Antar Jemput Galon Air, Laki-Laki Sultra Ini Lolos Jadi Caleg Dprd, Kalahkan Ketua Parpol!

Bermodal Antar Jemput Galon Air, Pria Sultra ini Lolos Kaprikornus Caleg DPRD, Kalahkan Ketua Parpol!

Agung Darma
Agung Darma | regional.kompas.com

Semoga amanah!

Maju sebagai calon legislatif alias caleg tentu bukan perkara mudah, apalagi di jaman now, biar sanggup melenggang menjadi wakil rakyat, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit, untuk biaya kampanye di kawasan pemilihan sampai seabrek alat peraga kampanye (apk) yang wajib di pasang di banyak sekali titik.

Mengingat begitu besarnya modal yang digunakan untuk nyaleg, sangat tak mengherankan jikalau banyak caleg gagal yang berujung mendekam di bangsal RSJ karena tidak sanggup mendapatkan kenyataan karena tidak terpilih. Parahnya lagi modal yang sangat besar yang notabene dari hutang, tak sedikit yang menciptakan para caleg lebih menentukan menjual ginjal atau paling jelek bunuh diri demi menghindari penagih.

Mirisnya prosesnya menjadi figur politik tentu menciptakan sebagian kecil rakyat gamang untuk ikut-ikutan nyaleg.

Namun hal berbeda justru terlihat di raut wajah laki-laki warga Desa Guali, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) ini. Pria yang diketahui berjulukan Agung Darma (28) ini terlihat sumringah karena dirinya berhasil mengalahkan lawan politiknya dengan mengamankan satu dingklik di DPRD Muna Barat dalam pencoblosan pemilu 17 April.

Alhamdulillah bahagia sekali. Senangnya itu karena derma orangtua yang begitu full memperlihatkan semangat dan antusiasme masyarakat. Dengan keberhasilan ini, semua turut besar hati karena usaha bersama-sama, kita menangi pertarungan ini, kata Agung, Kamis (25/4/2019).

Keberhasilan Agung Darma lolos di DPRD Kabupaten Muna Barat sontak menciptakan heboh lawan politiknya, terlebih lagi karena kebanyakan lawan politiknya mempunyai pengalaman tak tanggung-tanggung, mulai dari kader senior sampai ketua DPC Parpol yang mempunyai figur ketokohan dan finansial yang mumpuni.

Tidak semua usaha itu diukur dengan finansial. Karena usaha kami ini dipandang enteng dari beberapa kalangan masyarakat dan merasa sudah besar. Makanya kami jalani dengan nrimo dan alhamdulillah (lolos), tuturnya.

Agung Darma
Agung Darma | regional.kompas.com

Saat ditelisik rahasianya, keberhasilan Agung ternyata tidak terlepas dari status dirinya sebelumnya yang dikenal sebagai pedagang air galon dan air isi ulang.

Aktifitas menjual sampai mengantar galon air pesanan pelanggan ternyata besar lengan berkuasa terhadap semakin dikenalnya dirinya di tengah masyarakat di daerahnya. Oleh karena itu, dikala dirinya maju menjadi calon anggota legislatif dari Partai Demokrat dengan Daerah Pemilihan Muna Barat I yang mencakup Kecamatan Kusambi, Kecamatan Napano Kusambi, dan Sawerigadi, Agung Darma tidak merasa kesulitan karena warga di wilayahnya sudah sangat familiar terhadapnya.

Dari hasil perhitungan suara, Agung berhasil mendapatkan bunyi terbanyak dengan total 732 suara, bahkan keberhasilannya itu mengalahkan ketua DPC Demokrat Muna Barat yang memperoleh 520 suara.

Kami juga tidak menyangka mengalahkan ketua partai DPC. Tapi itulah realitas bahwa tidak selamanya, pimpinan partai menjadi pemenang. Hari ini kami sudah buktikan dengan usaha yang panjang. Alhamdulillah kakmi sanggup kalahkan beliau, ucap Agung.

Yang saya lakukan ke depan, tetap kepada akad politik kami bahwa pertemanannya selamanya. Artinya, tetap menjalin silaturahmi. Kebetulan saya perawat. Kalau ada yang sakit, kami bantu, ujarnya.

Selamat Agung, semoga menjadi legislator yang amanah terhadap rakyat!

Artikel Lainnya