Betawi Banget! Inilah 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Wajib Kau Bawa Pulang

Betawi Banget! Inilah 10 Oleh oleh Khas Jakarta yang Wajib Kamu Bawa Pulang

oleh-oleh khas jakarta
Bir pletok dan camilan manis kembang goyang | www.pegipegi.com

Rekomendasi oleh oleh khas Jakarta

Ibu kota Jakarta mempunyai magnet yang sangat besar lengan berkuasa untuk menarik para pendatang. Biasanya, setiap tahun selalu ada ribuan orang dari banyak sekali kawasan di Indonesia yang berbondong-bondong tiba ke Jakarta untuk mewujudkan impian dan mengadu nasib.

Kalau kau termasuk dari jutaan pendatang itu, biasanya oleh oleh khas Jakarta apa sih yang kau bawa dikala pulang kampung? Atau kalau kau berniat berkunjung ke Jakarta, kira-kira benda atau kuliner khas Jakarta apa ya yang cocok untuk dijadikan buah tangan?

Oleh oleh khas Jakarta

Ada banyak sekali kuliner dan benda khas Jakarta yang bisa kau jadikan oleh-oleh dari ibu kota. Mulai dari yang paling terkenal, menyerupai roti buaya, bir pletok, banyak sekali macam camilan manis sampai batik Betawi yang sekarang sudah jarang ditemukan.

1.

Bir Pletok

oleh-oleh khas jakarta
Bir Pletok | www.pegipegi.com

Namanya memang bir, namun Bir Pletok ini beda dari bir pada umumnya. Bir Pletok tidak mengandung alkohol dan tentunya tidak akan membuatmu mabuk. Bir Pletok justru sangat kondusif dikonsumsi alasannya yaitu dibentuk dari bahan-bahan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Bir Pletok ini dibentuk dari jahe, daun pandan, batang serai, dan beberapa rempah lain. Bir Pletok diyakini bisa mengatasi pegal-pegal, flu, sampai masuk angin. Kenapa disebut Bir Pletok? Karena ketika minuman ini direbus, akan mengeluarkan suara meletup yang terdengar menyerupai “pletok”.

Kalau kau suka minuman yang terbuat dari rempah-rempah, Bir Pletok ini wajib kau coba. Kamu bisa mendapat Bir Pletok salah satunya di Jalan Belanak 2, Jakarta Timur. Konon, tempat tersebut sudah menjual Bir Pletok dari Zaman Kolonial, lho.

2.

Kue Geplak

oleh-oleh khas jakarta
Kue Geplak | kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kue Geplak merupakan oleh oleh dari Jakarta yang dibentuk dari beras. Warna Kue Geplak didominasi oleh warna putih dan cokelat dengan rasa yang lembut dan manis. Sesuai dengan namanya, Kue Geplak ini proses pembuatannya dilakukan dengan “menggeplak” atau menepuk.

Biasanya, Kue Geplak ini dijadikan kuliner hantaran, menyerupai Roti Buaya. Dibandingkan Roti Buaya, Kue Geplak memang lebih sulit ditemukan. Eits, jangan khawatir! Kalau kau ingin tau dan ingin mencoba, tinggal tiba saja ke Jl. H. Taiman, No. 358, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

3.

Kue Kembang Goyang

oleh-oleh khas jakarta
Kue kembang goyang | www.idntimes.com

Kue Kembang Goyang yaitu oleh oleh Jakarta yang wajib kau bawa sesudah berkunjung ke ibu kota. Berbentuk bunga atau kembang dan digoreng dengan cara digoyang, yaitu ciri khas dari Kue Kembang Goyang ini.

Makanan khas Jakarta ini dibentuk dari tepung beras, gula, santan, dan garam. Alhasil, cita rasa dari Kue Kembang Goyang ini yaitu manis dan gurih yang sangat lezat. Seiring perkembangan zaman, sekarang Kue Kembang Goyang pun tersedia dengan banyak sekali rasa, menyerupai cokelat, keju, dan lain-lain.

Kue Kembang Goyang ini terbilang masih gampang didapatkan. Kamu bisa mendapatkannya di banyak sekali toko oleh oleh Jakarta. Nah, salah satu penjual Kue Kembang Goyang yang populer yaitu Warung Mpok Nini, Jl. Belanak 2, Jakarta Timur.

4.

Dodol Betawi

oleh-oleh khas jakarta
Dodol Betawi | oleholehjakarta.co.id

Siapa bilang dodol hanya ada di Garut? Orang Betawi juga punya dodol, lho.Tentunya Dodol Betawi harus masuk daftar rekomendasi oleh oleh dari Jakarta. Dodol Betawi ini bahwasanya tidak jauh berbeda dengan Dodol Garut – mempunyai tekstur yang kenyal dan rasa yang sangat manis.

Bedanya, Dodol Betawi ini dibentuk dari ketan hitam, ketan putih, dan durian. Ada banyak penjual Dodol Betawi yang bisa kau sambangi namun biasanya para wisatawan akan menyerbu Dodol Betawi Gurih Rasa yang berada di Jl. Angsana, No. 26, Pejaten, Jakarta Selatan.

5.

Roti Buaya

oleh-oleh khas jakarta
Roti Buaya | blog.misteraladin.com

Ini ia nih, oleh oleh khas Jakarta yang sudah sangat terkenal. Roti Buaya yang merupakan kuliner hantaran dalam ijab kabul Betawi juga wajib kau coba. Konon, Roti Buaya ini merupakan simbol kesetiaan dan kemapanan bagi kedua mempelai.

Jika kau ingin merasakan Roti Buaya, kau tidak harus menikah dulu. Kamu juga bisa membeli Roti Buaya sebagai oleh oleh khas Jakarta dan tentunya dengan ukuran yang bisa disesuaikan. Tak hanya polosan, sekarang Roti Buaya juga bisa dibentuk dengan rasa cokelat, keju, stroberi, dan lain-lain.

6.

Kue Akar Kelapa

oleh-oleh khas jakarta
Kue Akar Kelapa | mixerroti.id

Tidak hanya Kue Kembang Goyang, camilan manis lainnya yang populer di kalangan masyarakat Jakarta sekaligus banyak diincar untuk dijadikan oleh oleh khas Jakarta yaitu Kue Akar Kelapa. Kue dengan cita rasa manis dan gurih ini sangat cocok untuk dijadikan teman minum teh.

Kue Akar Kelapa dibentuk dari tepung ketan, mentega, gula, telur, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, Kue Akar Kelapa ini bentuknya memang menyerupai akar kelapa. Teksturnya yang renyah semakin menciptakan camilan manis ini terasa nikmat.

7.

Marguerite Nougat

oleh-oleh khas jakarta
Marguerite Nougat | deliciouslyyum.com

Nougat merupakan semacam permen yang dibentuk dari gula dan kacang. Biasanya, kacang yang dipilih untuk pembuatan Nougat yaitu kenari, hazel, dan pistachio. Rasanya tentu sangat manis dengan tekstur yang cenderung kenyal.

Jika kau tertarik untuk membawa oleh oleh khas Jakarta yang satu ini, kau bisa membeli Marguerite Nougat dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dan tentunya bebas dari banyak sekali materi pengawet. Marguerite Nougat ini bisa kau temui di Boulevard Timur NB1, Kelapa Gading.

8.

Topeng Ondel-ondel

oleh-oleh khas jakarta
Topeng Ondel-ondel | www.youtube.com

Selain makanan, kau juga bisa membawa oleh oleh khas Jakarta berupa suvenir. Salah satunya yaitu topeng Ondel-ondel yang bisa kau jadikan sebagai pajangan di dinding rumah untuk mempercantik.

Adapun Ondel-ondel yaitu salah satu ciri khas Jakarta yang sangat terkenal. Meski Ondel-ondel identik dengan ukuran raksasa dan angker bagi sebagian orang, tak ada salahnya bila kau membeli topeng ini sebagai oleh oleh khas Jakarta dan kau jadikan pajangan di rumah.

9.

Kebaya Encim

oleh-oleh khas jakarta
Kebaya Encim | bisniswisata.co.id

Salah satu wujud keragaman budaya Indonesia yaitu baju kawasan yang sangat beragam. Jakarta mempunyai Kebaya Encim, yakni pakaian yang digunakan oleh wanita dengan model, motif, dan warna yang ceria.

Tidak hanya identik dengan budaya Betawi, Kebaya Encim ini juga identik dengan budaya peranakan Tionghoa. Bahkan, desainer Lenny Agustin menyampaikan pada CNNIndonesia.com bahwa Kebaya Encim pada awalnya dibawa oleh wanita Belanda.

Nah, kau bisa membeli Kebaya Encim untuk dijadikan oleh oleh khas Jakarta. Kebaya Encim bisa dengan gampang kau dapatkan di beberapa sentra perbelanjaan, menyerupai Pasar Tanah Abang, Thamrin City atau ITC, dan lain-lain.

10.

Kain Batik Betawi

oleh-oleh khas jakarta
Kain Batik Betawi | lifestyle.okezone.com

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau Betawi juga punya batik. Kain batik dari Betawi ini mempunyai ciri khas yang menonjolkan motif tumpal, yakni motif geometris segitiga sebagai barisan yang memagari bab kepala dan tubuh kain.

Ketika dipakai, motif tumpal ini harus ada di bab depan. Selain itu, motif burung hong juga menjadi salah satu ciri khas batik Betawi sebagai simbol kebahagiaan. Secara umum, motif batik Betawi ini didominasi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina.

Motif Ondel-ondel, Nusa Kelapa, Ciliwung, Rasamala, dan Salakanegara yaitu beberapa motif batik Betawi yang sampai dikala ini masih terus dipertahankan. Untuk warnanya, batik Betawi ini memakai warna-warna yang cerah.

Batik Betawi sangat cocok nih untuk kau jadikan oleh oleh khas Jakarta. Motif dan warnanya yang cerah dan bagus sangat cocok untuk kau gunakan di acara-acara tertentu. Sayangnya, sekarang batik Betawi memang sudah sulit ditemukan. Kalau mau, kau juga bisa mendapat batik Betawi dalam bentuk pakaian menyerupai celana, rok, dan lain-lain.

Artikel Lainnya

Itulah rekomendasi 10 oleh oleh khas Jakarta. Mulai dari makanan, minuman, sampai banyak sekali benda khas Betawi bisa kau bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kamu bisa mendapatkannya dengan gampang di banyak sekali sentra oleh-oleh yang ada di Jakarta.