Bikin Hanyut! 15 Novel Sejarah Indonesia Terbaik Yang Wajib Dibaca

Bikin Hanyut! 15 Novel Sejarah Indonesia Terbaik yang Wajib Dibaca

novel sejarah indonesia
Novel sejarah indonesia | edbertgani.wordpress.com

Novel Sejarah Indonesia Terbaik yang Wajib Dibaca

Novel sejarah indonesia bisa menjadi bacaan alternatif khususnya bagi penggemar fiksi. Pasalnya, sambil menikmati dongeng fiksi, pembaca akan diajak menelusuri jejak sejarah Indonesia entah dari tokoh populer atau insiden bersejarah.

Membaca sejarah melalui novel Indonesia ini juga menjadi salah satu cara berguru sejarah dengan cara yang menyenangkan. Dan yang paling penting, bermanfaat sebagai sumber alternatif penulisan sejarah yang gak melulu bersifat teknis dan kaku, melainkan juga dengan imajinasi sebagai karya fiksi.

Penasaran dengan novel sejarah apa saja yang membahas perjalanan Indonesia menjadi sebuah bangsa? Sebelum masuk ke daftar novel terbaik, ada baiknya bila kau menginstal aplikasi baca novel biar bisa baca buku di smartphone. Berikut 15 kumpulan novel sejarah Indonesia terbaik yang bisa kau pertimbangkan.

1.

Pasar

novel sejarah indonesia
Pasar | www.tokopedia.com

Pertama ada novel Pasar karangan Kuntowijoyo yang pertama diterbitkan tahun 1990-an, dan sudah dicetak ulang beberapa kali. Proses cetak ulang buku ini pertanda bila anutan Kuntowijoyo dalam karyanya ini masih relevan dengan kondisi masyarakat dikala ini.

Novel Pasar berlatar di sebuah pasar tradisional di suatu tempat di Jawa tahun 1970-an. Pada dikala itu, masyarakat terbagi-bagi menjadi beberapa kelas sosial dan sangat terang digambarkan dalam novel ini.

Tokoh utama dongeng ini merupakan seorang Mantri yang mewakili kelas priayi. Sepanjang cerita, ia berinteraksi dengan tiga kelas sosial lainnya yaitu birokrat, rakyat jelata, dan para pemodal.

Selain dikenal sebagai sastrawan handal, almarhum Kuntowijoyo merupakan sosok yang membawa semangat profetik baik dalam karya akademis maupun karya sastra.

2.

Tetralogi Buru

novel sejarah indonesia
Tetralogi Buru | dev.fakta.news

Membicarakan novel sejarah Indonesia mau tidak mau harus menyebutkan nama Pramoedya Ananta Toer. Karya-karya Pramoedya banyak bermuatan sejarah dengan riset yang cukup detail dan penggambaran yang komprehensif.

Tak heran bila Pram digadang sebagai penulis novel Sejarah terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Karya Pram yang paling dikenal yakni Tetralogi Buru alias novel-novel yang ditulis selama pengasingannya di Pulau Buru menyerupai Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkahdan Rumah Kaca.

Bumi Manusia (yang gres saja difilmkan) bercerita perihal sosok Minke, seorang lelaki muda berdarah priayi yang berusaha untuk keluar dari segala kekangan kepriayian dan ke-Jawa-an yang dimilikinya.

Dengan intelektualitasnya, ia berjuang melawan tradisi penjajahan kolonial tanpa melepaskan nilai-nilai kesopanan terhadap keluarga dan kedua orang tuanya.

Anak Semua Bangsa menceritakan kisah hidup Minke yang menyadari kesalahannya dalam mengambil sudut pandang.

Pendiriannya berubah semenjak selesai hidup Annelies Mellema, istri Minke yang merupakan seorang wanita keturunan Indonesia-Belanda. Di selesai cerita, Minke tidak lagi mengagungkan Belanda dan kebesaran Eropa.

Jejak Langkah melanjutkan upaya Minke dalam melaksanakan perlawanan terhadap Belanda. Ia berjuang melalui tulisannya di koran “Medan Prijaji” untuk menggalang pertolongan dari masyarakat pribumi.

Tak hanya itu, Minke juga aktif dalam organisasi dan menghapus budaya feodal dari kehidupan kaum pribumi.

Karya terakhir Tetralogi Buru adalah Rumah Kaca yang ceritanya tidak dituturkan lewat sosok Minke tetapi seorang polisi yang ditugaskan mengamankan bahkan membungkam Minke. Ternyata polisi ini merupakan seorang pribumi berjulukan Jacques Pangemanan.

Sejatinya Jacques merupakan orang yang mengagumi sosok Minke dan membuatnya persoalan dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang polisi Hindia-Belanda.

Udah terbayang dengan keseruan keempat novel Pramoedya di atas? Langsung aja baca buku sastrawan besar Indonesia ini.

3.

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

novel sejarah indonesia
Tenggelamnya Kapal Van der Wijck | indrawi.wordpress.com

Selanjutnya ada Tenggelamnya Kapal Van der Wijck yang merupakan novel sejarah Indonesia populer lainnya karya Buya Hamka.

Novel ini berlatar masa kolonial dan menceritakan kisah cinta segitiga antara Zainuddin, Hayati, dan Aziz, serta menggambarkan tergerusnya nilai-nilai dan tradisi oleh modernitas Eropa.

Zainuddin merupakan perjaka Bugis perantauan di tanah Minang dan tidak sanggup menikahi seorang gadis Minang yang dicintainya. Hayati yang semula berjanji akan selalu bersama dengan Zainuddin terpaksa harus meninggalkannya dan menikah dengan Aziz lantaran perjodohan.

Meski Aziz menyerahkan Hayati kembali pada Zainuddin, kisah cinta keduanya berakhir. Bersama sejumlah besar warga Hindia-Belanda, Hayati meninggal dalam bencana tenggelamnya kapal buatan Belanda ini.

Kapal Van der Wijck benar-benar ada dan karam di tempat Lamongan, Jawa Timur, di tahun 1936. Kaprikornus kalau lagi mampir ke Lamongan kau bisa singgah ke monumen Van der Wijck di tempat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lamongan.

Baca juga: 6 Film Horor yang Diadaptasi dari Novel Karya Risa Saraswati.

4.

Moemi

novel sejarah indonesia
Moemi | www.bentarabudaya.com

Novel karya Marion Bloem ini menarik untuk dibaca lantaran menunjukkan citra perihal sejarah Indonesia secara kronologis dari perspektif seorang tokoh berketurunan Indonesia-Belanda.

Cerita novel ini melibatkan tiga generasi keluarga yang masing-masing mempunyai pandangan sendiri terhadap peristiwa-peristiwa yang dialami. Berbagai insiden yang mencakup masa usaha kemerdekaan Indonesia, Tragedi 1965, Kerusuhan 1998, dan Bom Bali.

Novel ini menarik lantaran menunjukkan perspektif lain soal banyak sekali insiden di Indonesia dari kacamata orang Belanda.

Baca juga: 6 Film Horor Adaptasi Novel Karya Risa Saraswati.

5.

Laut Bercerita

novel sejarah indonesia
Laut Bercerita | discoverelysian.wordpress.com

Karya Leila S. Chudori ini menggambarkan usaha mahasiswa di masa Orde Baru lewat tokoh utamanya yang berjulukan Laut. Ia merupakan seorang mahasiswa yag kritis akan informasi sosial dan berakhir tragis.

Laut bersama temannya rela mempertahankan prinsipnya sehingga mengalami penyiksaan fisik dan mental. Beberapa temannya bahkan menjadi sakit jiwa lantaran tekanan mental yang luar biasa.

Baca juga: 7 Drama Korea Adaptasi Novel yang Lampaui Ekspektasi Pembaca Novelnya.

6.

Jugun Ianfu

novel sejarah indonesia
Jugun Ianfu | shopee.co.id

Novel karya Enang Rokajat Asura ini mengisahkan Lasmirah, seorang anak wanita berusia sebelas tahun yang dipaksa menjadi seorang budak seks bagi para tentara Jepang. Para gadis yang menjadi korban seringkali berasal dari tempat pelosok di tanah Jawa.

Lasmirah termakan lantaran dirinya semula dijanjikan akan menjadi seorang penyanyi populer di Telawang, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selama di asrama, ia ditempatkan bersama wanita dari Jawa lainnya dan dipaksa mengubah namanya menjadi Miyako. Berbagai kisah getir ini menjadi catatan kelam dalam perjalanan sejarah republik ini.

Baca juga: 8 Film Adaptasi Novel Terbaik Karya Stephen King.

7.

Amba

novel sejarah indonesia
Amba | warungarsip.co

Sedang mencari novel sejarah Indonesia berlatar insiden Tragedi 1965? Kamu bisa membaca novel Amba karya Laksmi Pamuntjak. Dikisahkan ia tanpa sengaja terlibat dalam insiden 30 September 1965 dan menentukan untuk meninggalkan kekasihnya, Salwa, demi cintanya, Bhisma.

Akhirnya Amba mencari Bhisma ke Pulau Buru dan menemukan banyak hal yang tidak diketahuinya. Pembaca akan menikmati novel setebal 467 halaman ini lantaran bahasa dan alur ceritanya gampang untuk dipahami.

Buat kau yang agak malas membaca teks sejarah, novel ini bisa menjadi alternatif betapa kelamnya insiden sesudah Tragedi 1965.

Baca juga: 7 Film Adaptasi Novel Nicholas Sparks ini Romantis Abis!

8.

Halaman Terakhir

novel sejarah indonesia
Halaman Terakhir | www.blanja.com

Novel ini menceritakan kisah Jendral Polisi Hoegeng Imam Santoso yang dijuluki polisi jujur. Yudhi Herwibowo menuliskan biografi ini dengan gaya fiksi, mengalir dan menarik.

Halaman Terakhir menceritakan perjalanan Hoegeng dalam menilik dan mengungkap dua kasus besar di masa 1970-an. Saat hendak menilik kasus perkosaan Sumaryah dan kasus penyelundupan kendaraan beroda empat oleh Soni Cahya, ia dikalahkan oleh kekuasaan yang lebih besar dari dirinya.

Akhirnya kasus itu ditutup tanpa penyelesaian.

9.

Saksi Mata

novel sejarah indonesia
Saksi Mata | shopee.co.id

Saksi Mata merupakan karya Seno Gumira Ajidarma yang berlatar di Timor Leste, dulu Timor Timur, sebelum berlepas dari Indonesia. Meski buku ini bukan novel melainkan kumpulan cerpen, banyak sekali perisitiwa yang disajikan bisa menjadi rangkaian insiden layaknya novel sejarah singkat.

Berbagai konflik menegangkan digambarkan secara hidup dalam buku ini termasuk konflik berdarah di Timor Timur yang dikenal dengan konflik Dili. Timor Timur semula diduduki oleh Portugis dan menjadi lantaran mengapa masyarakatnya bersikukuh untuk melepaskan diri dari Indonesia.

10.

Tiga Sandera Terakhir

novel sejarah indonesia
Tiga Sandera Terakhir | janebookienary.wordpress.com

Tiga Sandera Terakhir merupakan karya Brahmanto Anindito yang berlatar di tanah Papua sebagai latar ceritanya. Tak lupa konflik dengan Operasi Papua Merdeka (OPM) juga disertakan dalam novel ini.

Tiga Sandera Terakhir cocok ditonton buat kau yang menyukai novel thriller. Saat membaca novel ini kau bisa mengetahui soal sejarah yang terjadi di Timur Indonesia dan sedikit banyak perihal militer Indonesia.

Penceritaannya juga menegangkan lantaran dimulai dengan penyanderaan dua orang warga Indonesia dan tiga orang abnormal berasal dari Australia dan Perancis. Militer menurunkan Satuan Anti Teror Kopassus di bawah komando Kolonel Larung Nusa untuk membebaskan sandera.

11.

Novel Pangeran Diponegoro: Menggagas Ratu Adil

novel sejarah indonesia
Pangeran Diponegoro: Menggagas Ratu Adil | www.bukalapak.com

Selanjutnya ada novel sejarah Pangeran Diponegoro berjudul Pangeran Diponegoro: Menggagas Ratu Adil karangan Remy Sylado. Novel ini menggambarkan perjalanan hidup Pangeran Dipononegoro mulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa dalam bingkai karya sastra.

Remy Sylado dikenal sebagai sastrawan yang rajin membuka dokumen sejarah untuk materi karyanya sehingga pembaca akan mendapat rujukan data yang akurat. Pembaca akan mendapati akurasi data dan imajinasi yang brilian dikala membaca karya ini.

12.

Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa

novel sejarah indonesia
Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa | www.bukalapak.com

Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa cocok buat kau yang menyukai novel sejarah Majapahit. Novel ini dimulai dari kejatuhan Kerajaan Singasari dikala berada dalam kekuasaan Raja Kertanegara.

Cerita bermula dari perjalanan Raden Wijaya, keponakan dan calon menantu dari Raja Kertanegara, bersama Raganata, mahapatih Singasari ke Kerajaan Kediri. Raden Wijaya dan Raganata mampir ke perang berdarah antara Kediri dan Tumapel pada masa Ken Arok.

Mereka menyaksikan pemandangan di luar nalar sehat berupa sepasukan kuda hantu dan juga hantu lampor yang berloncatan. Hal itu menjadi firasat jelek dari perjalanan Raden Wijaya ke Kediri.

Penasaran bagaimana kelanjutan ceritanya? Langsung aja kau baca novel dongeng sejarah karangan Langit Kresna Hariadi ini.

13.

Wali Sanga

novel sejarah indonesia
Wali Sanga | damar-shashangka.blogspot.com

Sedang mencari novel sejarah islam di Indonesia yang mengisahkan kehidupan Wali Songo? Kamu bisa membaca novel Wali Sanga karya Damar Shashangka.

Novel bisa menjadi bacaan yang menyenangkan bila kau ingin menyalami kisah penyebaran Islam secara besar-besaran sesudah kerajaan Majapahit hancur. Pembaca akan disuguhkan bagaimana mula berkembangnya Islam di pesisir utara Jawa hingga kisah Syekh Siti Jênar yang menyatakan diri keluar dari Majelis Wali Sanga. Biar gak ingin tau pribadi aja baca novel sejarah islam di Indonesia lewat kisah Wali Songo.

14.

Ayah…: Kisah Buya Hamka

novel sejarah indonesia
Ayah…: Kisah Buya Hamka | m.kiblat.net

Novel sejarah terbaik lainnya ada Ayah…: Kisah Buya Hamka buat kau yang ingin tahu bagaimana kisah hidup Buya Hamka sang ulama besar. Selain dikenal sebagai ulama, Buya Hamka juga seorang sastrawan, budayawan, politisi, cendikiawan, dan pemimpin masyarakat.

Buku ini ditulis oleh anak kelimanya, Irfan Hamka, dan menyuguhkan banyak kenangan, pengalaman, dan kisah luar biasa yang mungkin tak diketahui pembaca. Lewat fiksi sejarah ini, pembaca akan mengenal sosok Buya Hamka secara lebih dekat dari sisi yang berbeda.

15.

Burung-Burung Manyar

novel sejarah indonesia
Burung-Burung Manyar | www.goodreads.com

Rasanya kurang lengkap membaca novel berlatar sejarah Indonesia tanpa membaca novel Burung Burung Manyar karya Y .B. Mangunwijaya yang lebih erat disapa Romo Mangun. Buku ini berlatar sejarah Indonesia dari tahun 1934-1978, semenjak penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, Perang Kemerdekaan hingga masa Orde Baru.

Novel ini punya dua tokoh utama yakitu Atik dan Teto. Atik merupakan wanita berwatak pemrani dan aktif yang bekerja membantu Sjahrir—tokoh sejarah Indonesia. Sementara Teto, tokoh yang menjalin asmara dengan Atik, bergabung dengan Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger (KNIL) alias Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Sepanjang novel pembaca akan disuguhkan dinamika korelasi keduanya yang mengaduk-aduk emosi. Biar gak ingin tau pribadi aja baca novel dongeng sejarah ini.

Artikel Lainnya

Itulah 15 novel sejarah terbaik yang bisa kau baca. Sebenarnya ada banyak novel sejarah yang bisa kau baca selain deretan di atas. Apa ada novel sejarah keren yang belum disebut? Tertarik membaca novel sejarah singkat di atas?