Biografi Bartolomeo Cristofori – Penemu Piano

penemu piano, cristofori, biografiProfil dan Biografu Bartolomeo Cristofori. Ia lahir di Italia pada tanggal 4 mei 1655. Kehidupan masa kecilnya tidak banyak diketahui. Orang menyebut Cristofori sebagai orang pertama yang menemukan piano. Sebuah sumber hanya menyampaikan bahwa Cristofori menimba ilmu dengan cara “mengabdi” pada Nikolo Amati, seorang pembuat biola populer pada waktu itu. Saat berusia 33 tahun atau tepatnya pada tahun 1688, Cristofori direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici. Ferdinando adlah seorang pecinta musik yang merupakan pewaris Cosimo III, satu dari Grand Dukes of Tuscany.

Saat itu Tuscany merupakan kerajaan otonom kecl di Italia. Cristofori bekerja dengan giat dan rajin sehingga menciptakan Ferdinando kagum dan bahagia kepadanya dan memperlihatkan bayaran yang lebih tinggi dari yang semula disepakati. Pada tahun 1700, untuk pertama kalinya Cristofori menciptakan alat musik yang kemudia dikenal dengan nama piano. Alat musik temuan Cristofori ini mempunyai bunyi 4 oktaf. Seorang jurnalis berjulukan Scipione Maffei menggambarkan alat musik itu sebagai gravecembalo col piano e forte, yang berarti harpsichord dengan papan tuts lembut yang bersuara keras. Semula alat musik ini disebut sebagai pianoforte, namun pada kesudahannya lebih dikenal dengan nama piano.

Piano ialah salah satu alat musik klasik yang sangat digemari masyarakat. Suaranya yang khas menciptakan sang pianis (sebutan untuk orang yang bermain piano) sanggup mengekpresikan perasaannya melalui piano. Piano dimainkan dengan jari, sehingga bermain piano menyerupai mirip mengetikkan jemari pada tuts piano. Bermain piano sangatlah mengasikkan sehingga sanggup dijadikan profesi untuk mereka yang sangat jago dalam bermain piano.

Sebut saja pianis – pianis dunia yang mencari uang dengan menjual karya mereka dalam memainkan piano. Dengan karakteristik bunyi yang lengkap – dari nada rendah hingga nada tinggi – piano sanggup memainkan seribu satu ‘bunyi’ yang sanggup menciptakan indera pendengaran pendengarnya merasa menyerupai mendegar bunyi yang sesungguhnya.Tak hanya itu, piano juga dikatakan sebagai alat musik yang romantis, alasannya ialah kepiawaian pianis dalam memainkan nada sanggup menciptakan suasana romantis.

BACA JUGA :  Biografi Konosuke Matsushita – Pendiri Panasonic

Cristofori meninggal pada 27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun. Saat ini setidaknya masih ada 3 piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di aneka macam museum. Satu terdapat di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan tahun 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (buatan tahun 1722), dan satunya lagi di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan tahun 1726). www.biografiku.com