Biografi Douglas Engelbart – Penemu Mouse Komputer

Biografi Douglas EngelbartBiografi Douglas Engelbart. Beliau dikenal sebagai penemu dari mouse komputer. Beliau lahir pada 30 Januari 1925 di Oregon, Amerika Serikat. Dia yakni penemu dari mouse komputer ketika yang dipakai ketika ini. Douglas yakni bungsu dari 3 bersaudara anak pasangan Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbart. Setelah lulus dari sekolah menengah Douglas masuk ke Oregon State University. Namun, pada Perang Dunia ke-2, ia masuk angkatan bahari dan menjadi teknisi radar di Filipina selama dua tahun. Pada masa itulah, Douglas membaca buku yang memberi wangsit kepadanya: As We May Think, buku karya Vannevar Bush. Dia kemudian pulang ke Oregon State University dan menuntaskan kuliah sarjananya di jurusan teknik elektronik pada tahun 1948.

Selain itu, ia juga menuntaskan sarjana di University of California Berkeley, dan menerima gelar B. Eng pada tahun 1952, kemudian menerima gelar Ph.D. di bidang teknik elektronik dan ilmu komputer (EECS – Electrical Engineering and Computer Science) 3 tahun kemudian. Setelah menuntaskan studi doktoralnya, Douglas tinggal di Berkeley untuk mengajar. Namun hanya berlangsung satu tahun. Douglas kemudian merencanakan perusahaan Digital Techniques. Perusahaan ini bertujuan untuk mengomersialkan hasil kerja doktoralnya dalam bidang alat penyimpanan (storage device). Namun, perusahaan ini pun hanya bertahan setahun dan Douglas pun berpindah ke Stanford Research Institute (SRI).

Di SRI, Douglas mematenkan dua belas paten atas nama dirinya. Douglas mengajukan tawaran untuk membuat projek yang diberi nama “Augmenting Human Intellect: A Conceptual Framwork”. Projek ini berhasil menerima dana dari ARPA (Advanced Research Projects Agency), biro pemerintah Amerika Serikat di bawah Departemen Pertahanan yang bertujuan untuk pengembangan teknologi gres untuk kepentingan militer. Dengan dana itu, Douglas mendirikan suatu laboratorium sendiri di SRI yang ia beri nama ARC (Augmentation Research Center) .

BACA JUGA :  Biografi Dr. Zakir Naik – Biodata dan Profil Lengkapnya

Pada ketika itu, sudah terdapat beberapa jenis alat yang sanggup menggerak-gerakkan penunjuk di layar, menyerupai lampu pena (pen light) dan juga joystick. Namun, Engelbart tidak puas dengan alat-alat ini. Dia mencoba untuk memetakan karakteristik-karakteristik dari alat penunjuk yang telah ada dan melihat suatu alat yang belum ada dalam peta itu, yaitu tetikus. Penemuan pun telah lahir. Douglas tidak mengingat siapa yang memberi nama mouse pada alat ciptaannya itu. Yang jelas, alat dengan kabel yang memanjang dari belakang itu memang menyerupai tikus dan setiap orang di laboratorium daerah Douglas bekerja memanggil alat tersebut mouse.

Pada 1967, Douglas membuat barang yang ia deskripsikan sebagai “indikator posisi X-Y untuk sistem display”. Barang inilah yang kemudian diberi nama mouse. Douglas membuatkan ini bersama sobat sejawatnya, Bill English. Bill lah yang mengerjakan bab perangkat keras dari tetikus ini. Meskipun tetikus ditemukan oleh Douglas, namun ia tak pernah mendapatkan royalti dari penemuannya itu. Pada suatu wawancara, Douglas berkata bahwa “SRI telah mematenkannya, tetapi mereka tidak tahu nilai dari barang ini. Beberapa tahun kemudian mereka melisensikannya kepada Apple seharga 40.000 dolar.”

Biografi Douglas Engelbart
Douglas Engelbart dan mouse komputer ciptaannya yang pertama di dunia

Setelah kepemimpinan ARC diserahkan kepada Bertram Raphael dan kepemilikannya diserahkan pada perusahaan yang berjulukan Tymshare, kemudian McDonnell Douglas, Douglas pun pensiun pada tahun 1986. Setelah pensiun, bersama putrinya Christian Engelbert, Douglas mendirikan Bootstrap Institute dengan dana yang tidak terlalu besar dan menyelenggarakan seminar administrasi tiga setengah hari di Stanford University di sepanjang tahun 1989-2000 yang sepertinya berhasil menginspirasi banyak penerima seminar tersebut.

Sekarang, Douglas yakni Bapak Emeritus pada Douglas Engelbart Institute. Sedangkan putrinya menjabat Direktur Eksekutif . Pada tahun 2005, Douglas mendapatkan dana penelitian dari Natioanl Science Foundation untuk projek open source yang diberi nama HyperScope. Pada 9 Desember 2008, Douglas dianugerahi kehormatan pada “Mother of All Demos” yang ke-40, aktivitas yang dibentuk oleh SRI International.

BACA JUGA :  Biografi Sam Ratulangi, Profil Pahlawan Kemerdekaan Indonesia Dari Manado

Nama Douglas Engelbart tidak terlalu populer dibandingkan dengan Bill Gates atau Steve Jobs, Douglas. Padahal, baik PC (personal computer) – yang menggunakan Windows- maupun Apple Macintosh, sama-sama menggunakan peranti buatan Douglas ini. Tetikus diciptakan sebagai suatu temuan sampingan dari projek lain yang lebih ambisius, augmenting human intellect, yaitu projek untuk meningkatkan kemampuan intelektual insan dengan santunan komputer. Dalam projek itu, dipertimbangkan alat yang sanggup mempermudah interaksi insan dengan komputer melalui alat yang sanggup menggerak-gerakkan penunjuk di sepanjang layar. Dengan alat ini diperlukan interaksi antara insan dan komputer menjadi lebih alamiah sehingga komputer sanggup dipakai secara optimal untuk memecahkan duduk perkara manusia. www.biografiku.com