Biografi Harold Lasswell – Penggerak Teori Komunikasi

Biografi Harold Dwight Lasswell. Beliau lahir pada tanggal 13 Februari 1902. Dia ialah seorang ilmuwan politik terkemuka Amerika Serikat dan dan seorang pelopor teori komunikasi.

Biografi Harold Lasswell

Dia juga ialah anggota dari Chicago school of sociology dan ialah seorang profesor Chicago school of sociology di Yale University.

Selain itu ia juga ialah Presiden Asosiasi Ilmu Politik Amerika (APSA) dan Akademi Seni dan Sains Dunia (WAAS).

Menurut sebuah biografi yang ditulis oleh Gabriel Almond pada dikala janjkematian Lasswell yang diterbitkan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional pada tahun 1987, Lasswell termasuk dalam peringkat inovator-inovator kreatif dalam ilmu-ilmu sosial di kala kedua puluh.”

Pada dikala itu, Almond menegaskan bahwa “beberapa orang akan menegaskan bahwa ia ialah ilmuwan politik yang paling orisinil dan paling produktif di masanya.”

Bidang penelitian di mana Lasswell bekerja yaitu pentingnya kepribadian, struktur sosial, dan budaya dalam klarifikasi fenomena politik.

Di masa depan Ia akan tercatat memakai banyak sekali pendekatan metodologis yang kemudian menjadi standar di banyak sekali tradisi intelektual termasuk teknik wawancara, analisis isi, para-eksperimental teknik, dan pengukuran statistik.

Lasswell mencar ilmu di Universitas Chicago pada tahun 1920, dan sangat dipengaruhi oleh pragmatisme mengajar di sana, terutama alasannya ialah dikemukakan oleh John Dewey dan George Herbert Mead.

Dia lebih kuat pada Freudian filsafat yang menginformasikan banyak analisis perihal propaganda dan komunikasi secara umum.

Selama Perang Dunia II, Lasswell menjabat sebagai Kepala Divisi Eksperimental untuk Studi Komunikasi Waktu Perang di Perpustakaan Kongres.

Ia menganalisis film propaganda Nazi untuk mengidentifikasi prosedur persuasi dipakai untuk mengamankan persetujuan dan pemberian dari rakyat Jerman untuk Hitler dan kekejaman masa perang.

BACA JUGA :  Biografi Gesang – Pencipta Lagu Bengawan Solo

Selalu melihat ke depan, di simpulan hidupnya, Lasswell bereksperimen dengan pertanyaan mengenai astropolitics, konsekuensi politik dari kolonisasi planet lain, dan “Koloni Manusia Mesin.”Harold Lasswell populer alasannya ialah komentarnya pada teori komunikasi:

Who (says) What (to) Whom (in) What Channel (with) What Effect
Siapa (kata) Apa (untuk) Siapa (dalam) Apa Channel (dengan) Apa Efek

Peran Lasswell ialah penting dalam perkembangan pasca-Perang Dunia II. Demikian pula, definisinya perihal propaganda juga dilihat sebagai sebuah perkembangan penting untuk memahami tujuan propaganda.

Studi Laswell pada propraganda, yaitu menciptakan terobosan pada subjek untuk memperluas pandangan terkini perihal cara dan tujuan untuk sanggup dicapai melalui propaganda untuk tidak hanya meliputi perubahan pendapat tetapi juga berubah dalam tindakan.

Bukunya aim to indoctrinate dipandang sebagai ciri khas propaganda. Dia mengilhami definisi yang diberikan oleh Institute untuk Propaganda Analysis.

Propaganda ialah lisan dari pendapat atau tindakan yang dilakukan dengan sengaja oleh individu atau kelompok dengan maksud untuk mempengaruhi pendapat atau tindakan orang lain atau kelompok untuk tujuan-tujuan yang telah ditentukan melalui manipulasi psikologis