Biografi Jet Li – Pemain Drama Kungfu Asia

Sapoiha.com. Sangat populer dalam film-film kungfu. Pandai laga serta sangat lincah itulah Jet Li. Pria yang lahir didi Beijing, Cina, 26 April 1963 merupakan seorang pemain drama berkewarganegaraan Amerika Serikat kelahiran Beijing, RRC yang hobinya bermain wushu. Dia dilahirkan di Beijing. Dia mulai berkarir di dunia film semenjak tahun 1982. Jet Li yakni 1 dari sekian banyak pemain drama yang tak pernah mengenyam pendidikan formal dalam bidang akting. Jet Li mulai mempelajari ilmu bela diri ini semenjak dia berumur 8 tahun. Banyak sudah medali yang dia peroleh dari menjadi atlet Wushu ini. Saat terjadi booming film-film Kung Fu di Cina sekitar tahun 80-an, daya tarik dunia tugas ini mempesona Jet Li yang belum juga berusia 20 tahun. Jet Li terjun ke dunia film dalam film pertamanya SHAOLIN TEMPLE.

Aktor yang sempat ngetop lewat sekuel film ONCE UPON A TIME IN CHINA ini menerima julukan ‘Jet’ alasannya gerakannya yang cepat dan alasannya orang Filipina yang merasa kesulitan mengucapkan nama orisinil Jet Li. Karir Jet Li rupanya tak berhenti hingga di Hong Kong saja. Jet Li oke untuk memerankan tokoh jahat dalam film LETHAL WEAPON 4 alasannya sang sutradara berjanji akan menempatkan Jet Li sebagai pemeran utama pada film selanjutnya. Dan itu jadi kenyataan ketika Jet Li membintangi film ROMEO MUST DIE di tahun 2000 lalu. Permainan Jet Li dalam film DANNY THE DOG sempat mengejutkan beberapa penggemarnya alasannya tak biasanya Jet Li memerankan tokoh ibarat itu.

Aktor yang sempat menolak tugas dalam film CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON karena sudah berjanji pada istrinya tak akan main film selama istrinya hamil ini berencana segera mengakhiri karirnya dalam film-film Kung Fu dan berkonsentrasi pada genre film lain. Salah satu yang masuk dalam rencananya yakni pembuatan film dokumenter perihal Buddhism.

Jet Li ketika jarang tampil di dunia entertainment dikarenakan dia lebih banyak kosentrasi pada acara sosialnya. Sejak mengalami tragedi alam akhir tsunami pada 2004 lalu, dia mendirikan organisasi kemanusiaan, One Fondation pada Januari 2005. Konsepnya adalah, setiap orang menyumbang satu dolar setiap bulannya. Dengan cara ini, diperlukan dia sanggup mengajak lebih banyak orang untuk membantu sesamanya. Sapoiha.com

BACA JUGA :  Biografi Houtman Zainal Arifin – Kisah Office Boy Menjadi Vice President Citibank