Biografi Kevin Mitnick – Legenda Dunia Hacker

Jika ada Hacker yang pernah masuk dalam daftar orang paling dicari oleh FBI mungkin dialah Kevin Mitnick. Pria satu ini yang sekarang bekerja sebagai konsultan keamanan dikenal sebagai salah satu hacker legendaris. Kevin Mitcnick dengan nama samaran The Condor yaitu cowok kelahiran Amerika, agustus 1963. Keluarga kevin bukanlah orang berada, sehingga mengenal komputer dan memperoleh kemampuannya di toko radioshack dan perpustakaan umum daerah beliau biasa menghabiskan waktu. Tapi kisah awal seorang kevin mitnick bukanlah kisah baik-baik, pada umur 17 tahun Kevin sudah mulai mencicipi dinginnya teralis besi akhir melaksanakan hacking pada komputer COSMOS (Computer System Mainstrem Operation) milik perusahaan telepon Pasific Bell di Los Angeles, yang merupakan sentral database telepon Amerika.



Kehidupan Kevin Mitnick
Dipenjara tidak menciptakan The Condor ini [ID yang dipakai kevin mitnick] jera. Kemudian pada tahun 1983 beliau dituduh membobol sistem keamanan PENTAGON menggunakan ARPANet melalui terminal kampus USC, dan lagi-lagi condor harus mencicipi dinginnya dinding penjara. Setelah bebas, kevin mencari kehidupan lain dan menghilang dari dunia hacker. Tapi hal tersebut tidak berlangsung lama, alasannya yaitu pada tahun 1987 beliau lagi-lagi harus berurusan dengan pihak berwajib. Dia dituduh menyusup perusahaan Santa Cruz Organization, perusahaan software yang bergerak di sistem operasi unix. Pada perkara ini The condor menerima dakwaan melaksanakan tindakan yang kurang baik dan kembali masuk bui selama 3 tahun. Setelah bebas, kebiasaan mitnick kembali terulang dan berurusan dengan pihak berwajib akhir melaksanakan pembobolan dan pembajakan software milik Digital Equipment Corporation yaitu Sistem Operasi VMS. Pada perkara ini mitnick tidak melakukannya sendiri, ia “duet” dengan temannya Lenny Cicicco dan diganjar eksekusi penjara selama 1 tahun serta menerima sebutan dari pengacaranya ‘kecanduan pada komputer yang tidak bisa dihentikan’.
Menjadi Hacker Yang Paling DIcari oleh FBI Setelah bebas, mitnick kembali mencoba mejalani hidup normal dan bekerja disalah satu perusahaan mailing list di Las Vegas. Tapi ketika bekerja di perusahaan tersebut, oleh FBI mitnick dicurigai mengacak-acak sistem komputer Tel Tec Detective, yang merupakan perusahaan daerah mitnick bekerja. Dan jadinya menciptakan The Condor kembali menjadi The Most Wanted Hacker atau buronan nomor 1 FBI. Mitnick harus menjalani kehidupan nomaden, berpindah dari satu kota ke kota lain, dan selama menjadi buronan tersebut mitnick membobol beberapa perusahaan ibarat Fujitsu, Motorola, Nokia, dan Sun Microsystems. Pada Februari tahun 1995 langkah mitnick terhenti oleh FBI, semua itu akhir perjuangan FBI dan santunan seorang hacker yang juga merupakan korban The Condor, yaitu Tsutomu Shimomura. Mitnick tertangkap akhir keteledorannya menggunakan Layanan penyimpanan dari rekening seseorang yang dibobolnya dan layanan tersebut menginformasikan kepada pemilik rekening bahwa rekeningnya sudah over quota. Sebelum ditangkap, mitnick sedang melacak balik orang yang sedang mengejarnya, tapi pada ketika yang bersamaan FBI menjadi “tamu” tak diundang di rumah pelarian mitnick. Buku Karya Kevin Mitnick

Selain menjadi FBI Most Wanted, mitnick juga diberi gelar oleh The Discovery gelar “Hall of Fame of Hacker“, alasannya yaitu selain menjadi Software Hacker beliau juga dikenal sebagai Hardware Hacker. Dan juga mitnick mempunyai kemampuan Social Engineering yang bagus, sehingga beliau berhasil mengibuli korban-korbannya. Selama 4 tahun mitnick di penjara, tanpa kepastian hukum, tanpa pengajuan ke pengadilan, namun tiba-tiba saja pada tahun 2000 mitnick bebas secara bersyarat, dengan catatan dihentikan memegang komputer.

Kehidupan Mitnick setelah keluar penjara Setelah 2 tahun pembebasan mitnick, barulah ia diperbolehkan menggunakan komputer namun tanpa jaringan internet. Dan setahun sesudahnya setelah itu yaitu pada tahun 2003 barulah diperbolehkan menggunakan saluran internet untuk pertama kalinya semenjak beliau dipenjara. Saat ini mitnick sudah menjalani kehidupan normal, ia menerbitkan buku wacana keamanan dan buku tersebut sontak laku dipasaran. Ia juga mendirikan perusahaan konsultan security di situs kevinmitnick.com.