Biografi Leonard Kleinrock – Penemu Internet (Bapak Internet)

Profil dan Biografi Leonard Kleinrock – Penemu Internet. Di era kini ini Internet bisa dikatakan sebagai sebuah kebutuhan baru, Internet menawarkan segala fasilitas kepada insan untuk mendapatkan informasi yang ia butuhkan. Anda pun yang sedang membaca artikel ini niscaya memakai internet untuk membaca artikel ini. Benarkan? Oleh alasannya itu berterima kasih lah kepada seseorang berjulukan Leonard Kleinrock yang lahir di New York City, Amerika Serikat pada 13 Juni 1934. Ia yaitu seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai penemu internet sehingga ia dijuluki sebagai ‘Bapak Internet’. Seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains, ia membuat donasi penting beberapa bidang jaringan komputer, khususnya untuk sisi teoritis jaringan computer. Ia dikenal alasannya kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling populer dan signifikan yaitu teori pertukaran paket melalui makalahnya di tahun 1959 dan di tahun 1961 ihwal pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi yang merupakan cikal bakal teknologi internet .

Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia membuat salah satu inovasi terbesar menjelang kurun modern yaitu Internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard Kleinrockpun yaitu salah satu penggagas jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET.

Leonard Kleinrock lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951 dan ia mendapatkan gelar Sarjana Teknik elektronika dan ilmu Komputer 1957 dari City College of New York. Di tahun 1959 dan 1963, ia mendapatkan gelar master dan doktor (Ph.D.) di bidang teknik elektronika dan ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachusetts. Setelah menuntaskan pendidian ia kemudian bergabung dengan fakultas di Universitas California di Los Angeles (UCLA), Sekolah Teknik dan Sains Terapan dimana ia bekerja di sana sebagai profesor ilmu komputer.

BACA JUGA :  Biografi Enzo Ferrari – Kisah Pendiri Mobil Mewah Ferrari Dari Italia

Penemuan Internet oleh Leonard Kleinrock
Pesan pertama ARPANET dikirim oleh UCLA, mahasiswa programmer Charley Kline, pukul 10.30 WIB, 29 Oktober 1969 dari boelter Hall 3420. Ia dibimbing oleh Kleinrock. Kline ditransmisikan dari Universitas Komputer SDS Sigma ke Stanford. Dua abjad yaitu LO diketik pada keyboard di Universitas California, Los Angeles (UCLA), dan muncul pada layar di Stanford Research Institute, 314 mil jauhnya. Para ilmuwan komputer bermaksud untuk aba-aba LOGIN, tetapi sambungan ini hilang sempurna sebelum G.

Pada tahun 1988, Kleinrock yaitu ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. Laporan ini sangat kuat dan dipakai untuk berbagi Computing High Performance UU tahun 1991 yang kuat dalam perkembangan Internet ibarat yang dikenal dikala ini. Pendanaan dari RUU itu dipakai dalam pengembangan browser web tahun 1993 Mosaic , di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Sekarang ini Teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet sanggup dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal contohnya mailing list. Internet juga bisa hadir secara real time audio visual ibarat pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Dia telah mendapatkan banyak penghargaan. Kleinrock dipilih untuk mendapatkan penghargaan bergengsi yaitu Nasional of Science, sebuah kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam menawarkan donasi mendasar kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring. www.biografiku.com