Biografi Michelangelo – Seniman Renaissance

Sapoiha.com – Biografi Michelangelo. Ia dikenal sebagai seniman renaissance asal Italia. Ia populer hebat sebagai pelukis, pemahat dan arsitek serta seorang pujangga. Karya-karyanya sanggup dilihat di Vatikan, Roma. Bagaimana cerita ataubiografi Michelangelo?

Biodata Michelangelo

Biografi MichelangeloNama : Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni
Lahir : Caprese, Italia, 6 Maret 1475
Wafat : Roma, Italia, 18 Februari 1564
Orang Tua : Ludovico Buonarroti (ayah), Francesca di Neri del Miniato di Siena (ibu)
Istri : –
Anak : –

Biografi Michelangelo 

Michelangelo dilahirkan di Caprese, Italia pada tanggal 6 maret 1475. Ayahnya bernama Ludovico Buonarroti dan ibunya bernama Francesca di Neri del Miniato di Siena. Ayahnya bekerja sebagai seorang petugas hukum.

Masa Kecil

Beberapa bulan setelah kelahiran Michelangelo, keluarga Michelangelo kembali ke Florence. Ibunya meninggal saat Michelangelo gres berumur enam tahun.

Dalam biografi Michelangelo, diketahui iatinggal bersama dengan pengasuhnya di kota Settignano setelah ibunya wafat. Di kota itu ayahnya memiliki tambang marmer. Disinilah ia lalu menyukai marmer yang lalu mengantarkan sebagai seorang pemahat atau pematung terkenal.

Bakat Melukis

Setelah itu ia lalu dikirim ke kota Florence dan sekoalh dan mencar ilmu dibawah bimbingan Francesco da Urbino. Namun minatnya untuk sekolah tidak ia tunjukan. Ia lebih suka menyalin lukisan dari gereja.

Dari kecil bakatnya sudah tampak jelas, dan di umur tiga belas ia magang pada pelukis kenamaan Shirlandaio di Florence. Setahun setelah itu ia tinggal di istana Medici milik Lorenzo, penguasa Florence yang bertindak selaku pelindungnya.

Pemahat/Pematung Terhebat

Tinggal bersama Medici, Michelangelo lebih membuktikan bakatnya di bidang seni rupa. Ia menciptakan beberapa karya seperti Madonna de la Salsa dan pahatan Battle of the Centaurs. Perfeksionisme Michelangelo muncul takkala kritik-kritik dari Lorenzo de Medici.

BACA JUGA :  Biografi Fadli Zon – Dari Wartawan Hingga Politisi Gerindra

Meski ia tinggal di banyak tempat, sebagian terbesarnya dihabiskan di Roma dan Florence. Kendati ia tidak segenius Leonardo da Vinci angkatannya yang lebih tua, keserbabisaan dan kebolehan Michelangelo tetap amat mempesona.

Dialah satu-satunya seniman, mungkin satu-satunya orang, yang sanggup mencapai puncak prestasi dalam dua bidang yang berbeda satu sama lain.

Selaku pelukis ia berada hampir di puncak, baik dari segi kualitas keindahan karyanya maupun pengaruhnya terhadap pelukis-pelukis yang tiba belakangan.

Karya Michelangelo di Vatikan, Roma
The Last Judgement Michelangelo

Lukisan atau mural besar yang yang berjudul ‘Pengadilan Terakhir’ atau The Last Judgement menghiasi dinding atas gereja Sistine di Roma merupakan kreasi seni terbesar sepanjang dari Michelangelo.

Tetapi, Michelangelo sendiri menganggap dirinya pertama-tama seorang pemahat, dan banyak kritikus yang menganggapnya pemahat terbesar yang pernah hidup.

Patung Pieta karya Michelangelo

Dalam Biografi Michelangelo diketahui bahwa Patung David (Daud) dan Moses (Musa) dan Pieta merupakan karya Michelangelo yang termashur dan paling dikenal sepanjang masa.

Arsitek Vatikan

Michelangelo juga seorang arsitek besar. Salah satu hasil kerja besarnya di bidang ini ialah rancangan gereja Medici di Florence. Selama beberapa tahun ia juga jadi kepala arsitek gereja St. Peter di Roma.

Seorang Pujangga

Micheangelo banyak menciptakan sajak selama hidupnya, sekitar 300 sajak sanggup ditemukan. Soneta-sonetanya dan sajak-sajak lain diterbitkan setelah matinya. Kesemua sajak-sajaknya itu mencerminkan terang corak kepribadiannya, dan Michelangelo memang mengatakan dirinya penyair berbakat.

Setelah mempersembahkan banyak karya yang didedikasikan untuk Vatikan, Roma, Michelangelo wafat pada tanggal 18 Februari 1564. Ia dimakamkan di Santa Croce, Firenze, Roma, Italia.