Biografi The Beatles – Grup Band Legenda

Biografi The Beatles. The Beatles yakni kelompok pemusik Inggris beraliran rock, dibuat di Liverpool pada tahun 1960, Awalnya 5 orang terdiri dari Lennon, McCartney, Harrison, Stuart Sutcliffe (bas) dan Pete Best (drum), kelompok ini terdiri dari John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), Ringo Starr (drum, vokal). The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif, kuat terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.

The Beatles hanya terkenal di klub-klub Liverpool dan Hamburg selama 3 tahun mulai tahun 1960. Sutcliffe hengkang tahun 1961, dan Best diganti Starr tahun berikutnya. Beatles ditempa jadi profesional oleh seorang pengusaha toko musik berjulukan Brian Epstein sehabis ia jadi manajer mereka dan potensi musik dipoles oleh produser George Martin. Akhir 1962, Beatles sudah mendapat kesuksesan di Britania Raya dengan singel pertama Love Me Do. Sepanjang tahun berikut, mereka melaksanakan tur internasional hingga 1966 dan berkonsentrasi merekam album di dalam negeri hingga bubar tahun 1970. Karir solo masing-masing dibilang sukses tapi Lennon terbunuh di New York City tahun 1980 dan Harisson meninggal alasannya yakni kanker tahun 2001. McCartney dan Starr masih aktif bermusik.

Dalam tahun-tahun rekaman album studio, Beatles merilis karya-karya yang dinilai terbaik oleh kritikus, salah satunya Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (1967), dipuji sebagai karya agung. Empat dekade sehabis bubar, musiknya masih populer. Mereka mempunyai lebih dari satu album nomor 1 di tangga lagu Britania Raya dan bertengger paling usang dibanding pemusik manapun. Berdasarkan RIAA, mereka yakni pemusik yang menjual album terbanyak di Amerika Serikat. Tahun 2008, majalah Billboard merilis daftar musikus dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah Hot 100 untuk merayakan 15 tahun hari jadi tangga lagu singel Amerika dimana The Beatles berada di nomor satu. Tujuh kali mendapat Grammy Awards, 15 Ivor Novello Awards dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors, The Beatles secara kolektif dimasukkan dalam kompilasi majalah TIME sebagai satu dari 100 orang paling kuat di era ke-20.

Masih berusia 16 tahun, penyanyi dan gitaris John Lennon membentuk band skiffle berjulukan The Quarrymen dengan teman-teman sekolah asal Liverpool bulan Maret 1957. Paul McCartney berusia lima belas tahun ketika mereka bertemu bulan Juli tahun itu. George Harrison bergabung sebagai gitaris utama bulan Februari tahun berikutnya sehabis diundang McCartney menonton. Tahun 1960, teman-teman sekolah Lennon keluar dan ia masuk Liverpool College of Art. Ketiga orang itu memainkan musik rock and roll setiap mendapat seorang penggebuk drum. Bergabung sebagai bass di Januari, sobat sekelas Lennon, Stuart Sutcliffe menyarankan untuk mengganti nama grup menjadi The Beetles sebagai bentuk kekaguman terhadap Buddy Holly dan The Crickets, kemudian berubah lagi menjadi The Beatals di bulan-bulan pertama tahun itu. Setelah coba-coba nama lain menyerupai Johnny and the Moondogs, Long John and The Beetles dan The Silver Beatles, grup itu jadinya menjadi The Beatles di bulan Agustus.

BACA JUGA :  Biografi Édouard-Léon Scott de Martinville – Penemu Alat Perekam Suara

Kurangnya penggebuk drum yang tetap menjadi duduk kasus ketika manajer tak resmi mereka, Allan Williams menyiapkan kediaman untuk manggung di Hamburg, Jerman. Sebelum Agustus berakhir, mereka mengadakan audisi dan menemukan Pete Best, dan pribadi berangkat ke Hamburg empat hari kemudian, menandatangani kontrak untuk bermain musik dengan penyelenggara pertunjukan berjulukan Bruno Koschmider untuk 48 malam. Pertunjukkan Beatles laku di Hamburg dimana mereka bermain musik berjam-jam dan menjadikan jalanan macet alasannya yakni dipenuhi orang yang keluar masuk menonton pertunjukkan mereka.

Harrison yang masih berusia 17 tahun di bulan Agustus 1960, berbohong kepada petugas Jerman mengenai usianya semoga sanggup tinggal di Hamburg. Awalnya mereka ditempatkan di Indra Club, Koschmider kemudian memindahkan mereka ke Kaiserkeller pada bulan Oktober sehabis Indra ditutup alasannya yakni dianggap bising. Saat Beatles melanggar kontrak dengan manggung di Top Ten Club yang jadi rivalnya, Koschmider melaporkan Harrison yang di anak-anak kepada otoritas dan dideportasi bulan November. McCartney dan Best juga ditangkap alasannya yakni masalah pembakaran di kamar mereka di pertengahan Desember, sehabis itu mereka juga dideportasi. Lennon kembali ke Liverpool pertengahan Desember sementara Sutcliffe tetap di Hamburg selama beberapa bulan. Ia berpacaran dengan gadis Jerman, Astrid Kirchherr yang pertama kali mengambil foto profesional Beatles dan memangkas rambut Sutcliffe dengan gaya yang terkenal masa itu, exi (existensialis). Gaya rambut Sutcliffe kelak menginspirasi anggota Beatles yang lain.’

Tahun-tahun berikutnya, kelompok ini kembali ke Hamburg. Mereka mencoba-coba Preludin dengan sengaja untuk menjaga tenaga semoga sanggup kuat manggung semalaman suntuk. Sutcliffe memutuskan keluar awal tahun 1961 dan dan melanjutkan studi di Jerman, jadi McCartney mengambil alih bass. Produser Jerman Berta Kaempfert mengontrak Beatles yang sudah jadi empat orang untuk band latar Tony Sheridan dalam beberapa buah rekaman. Dikreditkan Tony Sheridan dan The Beat Brothers, singel My Bonnie direkam bulan Juni dan dirilis beberapa bulan kemudian, berada di urutan ke-32 tangga lagu Musikmarkt. Beatles jadi lebih dikenal ketika pulang ke Liverpool. Saat masih sering bermain di The Cavern Club, mereka bertemu Brian Epstein, pemilik studio rekaman lokal dan seorang kolumnis musik. Beatles menunjuk Epstein sebagai manajer pada Januari 1962 dan Kaempfert oke untuk melepas mereka dari kontrak rekaman Jerman. Setelah suatu audisi mereka ditolak Decca Records dengan komentar “grup gitar sudah ketinggalan zaman, Tuan Epstein” (“Guitar groups are on the way out, Mr. Epstein”), George Martin mengajukan grup itu ke label Parlophone di EMI. Pada bulan April mereka kembali ke Hamburg dan dikagetkan dengan info kematian Sutcliffe akhir pendarahan otak.

BACA JUGA :  Biografi Ahmad Dhani

Grup ini mendapat pengarahan George Martin di Studio Abbey Road EMI, London untuk pertama kali tahun 1962. Martin mengeluh perihal cara bermain drum Best kepada Epstein dan menyarankan semoga Beatles menggunakan drummer sesi di studio. Akhirnya, Best digantikan oleh Ringo Star yang gres keluar dari Rory Storm and the Hurricanes. Sebenarnya Starr sudah bermain untuk Beatles menggantikan Best yang sering absen. Martin masih menyewa Andy White sebagai drummer sesi untuk satu sesi saja. White berkontribusi dalam singel Love Me Do dan P.S I Love You. Dirilis bulan Oktober, Love Me Do masuk tangga lagu 20 besar di Inggris dan berada di nomor 17. Setelah selesai rekaman untuk singel kedua berjudul Please Please Me pada bulan November, mereka mulai muncul di televisi pertama kali dalam aktivitas info People and Place. Grup itu manggung terakhir kalinya di Hamburg bulan Desember 1962. Sekarang sudah menjadi pola, keempat anggota berkontribusi terhadap vokal, walau hanya Starr yang jarang jadi vokal utama alasannya yakni jangkauannya terbatas.

Lennon dan McCartney sudah bekerja sama dalam menulis lirik, sementara Harrison juga bernyanyi walau sedikit. Epstein mencium potensi Beatles yang besar, menyarankan semoga grup itu bersikap lebih profesional ketika menghibur. Lennon mengulangi kata-kata manajernya, “Begini, jikalau kamu benar-benar ingin masuk ke daerah yang lebih besar, kamu harus berubah €“ berhenti makan di panggung, berhenti menyumpah, berhenti merokok” (“Look, if you really want to get in these bigger places, you’re going to have to change€”stop eating on stage, stop swearing, stop smoking”) Ia juga mengatakan, “kami terbiasa mengenakan pakaian yang kami suka, di dalam dan luar panggung. Ia berkata pada kami bahwa jin kurang terlihat anggun dan menyarankan untuk mengenakan celana yang lebih pantas, tapi ia tidak ingin kami kelihatan kotak-kotak. Ia ingin kami mempunyai gaya individualitas kami masing-masing€¦ merupakan pilihan untuk mewujudukannya atau masih makan ayam di panggung”. (“We used to dress how we liked, on and off stage. He’d tell us that jeans were not particularly smart and could we possibly manage to wear proper trousers, but he didn’t want us suddenly looking square. He’d let us have our own sense of individuality … it was a choice of making it or still eating chicken on stage”.)

McCartney mengajukan somasi untuk pembubaran The Beatles pada tanggal 31 Desember 1970. Namun begitu, perselisihan yang menyangkut masalah-masalah di dalamnya tidak berakhir hingga tahun 1975. Lennon, McCartney, Harrison dan Starr masing-masing merilis album solo pada tahun 1970, selanjutnya ada beberapa kali kolaborasi antar satu atau lebih orang mantan personel. Album Ringo Starr, Ringo (1973) yakni satu-satunya album yang berisi komposisi dan pertunjukkan keempat mantan personel, tapi dalam lagu yang terpisah.

BACA JUGA :  Biografi Abu Nawas

Lennon ditembak dan meninggal dunia pada tanggal 8 Desember 1980 di New York City. Sebagai ucapan personal, Harrison menulis All Those Years Ago, lagu perihal waktu-waktunya bersama The Beatles yang direkam sebelum kematian Lennon. Dengan istrinya Linda, McCartney berkontribusi dalam vokal latar, dan Starr pada drum. Lagu tersebut dinyanyikan ulang dengan lirik gres serta dirilis sebagai singel pada Mei 1981. Karya individu McCartney, Here Today, muncul dalam album Tug of War pada bulan April 1982. Pada tahun 1987, Harrison merilis album yang berjudul album Cloud Nine yang berisi When We Was Fab, sebuah lagu yang menceritakan masa-masa Beatlemania.

Live at the BBC, perilisan resmi pertama yang berisikan pertunjukkan The Beatles yang tidak dirilis dalam 17 tahun terakhir, jadinya muncul di tahun 1994. Pada tahun yang sama, McCartney, Harrison dan Starr melaksanakan reuni untuk proyek The Beatles Anthology, yang gotong royong sudah dikerjakan mulai tamat 1960-an oleh Neil Aspinall. Awalnya sebagai manajer perjalanan dan kemudian ajudan personal The Beatles, Aspinall mulai mengumpulkan material untuk film dokumenter sehabis ia menjadi administrator Apple Corps di tahun 1968. Mendokumentasikan sejarah The Beatles, proyek ini mencakup perilisan banyak rekaman-rekaman yang tak dirilis; McCartney, Harrison dan Starr juga menambah beberapa permainan alat musik dan vokal gres ke 2 lagu demo yang direkam Lennon di tamat 1970-an. Di tahun 1995 dan 1996, proyek tersebut menghasilkan 5 seri televisi, video volume-8 dan 3 set box CD (berisi 2). Dua lagu demo Lennon, Free as a Bird dan Real Love masing-masing dirilis lagi sebagai singel. Box CD menyertakan karya Klaus Voorman, sang kreator sampul album Revolver di tahun 1966. Penjualan mencapai kesukesasan besar dan seri televisinya telah ditonton lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia.

Biodata / Profil Th Beatles

Personil The Beatles
John Lennon (gitar ritem, vokal)

Paul McCartney (gitar bass, vokal)

George Harrison (gitar utama, vokal)

Ringo Starr (drum, vokal).

Daftar Album
Please Please Me terbit 1963-03-22

With the Beatles terbit 1963-11-22

A Hard Day’s Night terbit 1964-07-10

Beatles for Sale terbit 1964-12-04

Help! terbit 1965-08-06

Rubber Soul terbit 1965-12-03

Revolver terbit 1966-08-05

Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band terbit 1967-06-01

The Beatles (“The White Album”) terbit 1968-11-22

Yellow Submarine terbit 1969-01-17

Abbey Road terbit 1969-09-26

Let It Be terbit 1970-05-08

Referensi :

– http://id.wikipedia.org/wiki/The_Beatles

————————————————————————————————————

Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com

———————————————————————————————————–