Biografi William Edward Boeing – Pendiri Perusahaan Pesawat Boeing

Biografi William Edward BoeingBiografi William Edward Boeing. Pendiri Perusahaan Pesawat Boeing ini lahir di kota Detroit, Amerika Serikat tanggal 1 Oktober 1881. Ketika masih kecil Boeing sangat menyukai permainan layang-layang. Boeing pernah kuliah di Yale University, akan tetapi tidak diselesaikan alasannya ialah kekurangan biaya. Akhirnya Boeing dan ayahnya pindah ke Grays Harbour untuk menjadi penebang kayu di hutan. Selama lima tahun Boeing tidak pernah mengikuti informasi, bahkan ketika Wright bersaudara menemukan pesawat terbang Boeing juga tidak tahu. Setelah itu Boeing pindah ke Seattle sambil menjadi pengusaha kayu. Di sinilah impiannya untuk menciptakan pesawat terbang mulai terbuka. Akan tetapi impiannya selalu kandas alasannya ialah ditentang oleh ayahnya.

Sampai usia 30 tahun Boeing tidak mempunyai sedikitpun pengetahuan perihal pesawat terbang, tetapi ia telah menjadi pengusaha kayu yang sukses. Akhirnya Boeing mengikuti kursus aeronautika di Seattle University Club. Di sinilah ia berkenalan George Conrad Westervelt seorang insinyur angkatan bahari Amerika yang hebat pesawat terbang.

Akhirnya mereka berdua mencoba menciptakan pesawat terbang di perusahaan kayu Boeing. Pada pembuatan pesawat terbang ini mereka mengalami beberapa kali kegagalan alasannya ialah pesawatnya tidak bisa terbang. Hal ini yang menciptakan Boeing menangis sedih. Kesedihan bertambah ketika Westervelt dipanggil oleh angkatan bahari untuk mengurusi penerbangan di kawasan timur.

Akhirnya Boeing memperbaiki pesawat bersama karyawannya, sesuai rancangan Westervelt. Pada tanggal 16 Juni 1916 untuk pertama kalinya pesawat Boeing bisa terbang. Setelah itu Boeing mendirikan Pacific Aero Product Company. Boeing merekrut beberapa orang insinyur yang hebat dalam pesawat terbang. Setelah berhasil menciptakan 2 pesawat kesannya Boeing mencoba menjual pesawatnya. Di sini Boeing menemui kegagalan alasannya ialah orang belum percaya dengan kemampuan pesawat terbang.

BACA JUGA :  Biografi Ratu Isabella

Pesawat Boeing
Salah satu jenis pesawat Boeing

Akhirnya Boeing berhasil menjual kepada Angkatan Laut Amerika. Di sinilanh angkatan Laut memesan 50 buah pesawat terbang. Berita ini merupakan gosip baik sekaligus gosip buruk. Berita baik alasannya ialah pesawatnya laku, tetapi ini juga merupakan gosip jelek alasannya ialah Boeing tidak punya modal. Selanjutnya Boeing memperoleh sumbangan dengan menjaminkan seluruh harta bendanya. Ketika pesanan mulai jadi dan dikirimkan ke angkatan bahari Boeing juga memperlihatkan rancangan pesawat terbarunya (Model HS 21), ketika itu karyawan Boeing sudah 317 orang.

Lagi-lagi gosip jelek tiba alasannya ialah perang dunia I berakhir sehingga pihak militer membatalkan pesanan pesawatnya. Ini merupakan pukulan yang sangat keras bagi Boeing, sehingga perusahaan pesawatnya bermetamorfosis perusahaan kayu lagi. Setelah keuangan mulai membaik Boeing mulai berusaha untuk tidak tergantung pada militer. Pada tanggal 3 Maret 1919 kesannya Boeing mendirikan perusahaan Pos Udara, dan pada & Januari 1920 untuk pertama kalinya pesawat B-1 dijual ke Kanada.

Pada 30 Juni 1927 berdirilah Boeing Air Transport yang merupakan perusahaan angkutan penumpang udara. Pada ketika ini perusahaan pesawatnya telah menjadi perusahaan pesawat terbesar di seluruh negeri. Perusahaan Boeing terus berkembang, walaupun cobaan demi cobaan terus terjadi. Salah satunya setelah perang Dunia II. Akan tetapi dengan kesungguahan William Edward Boeing dan anak buahnya. Pada 28 September 1956 pengusaha kayu yang elah bermetamorfosis pengusaha pesawat terbang ini meninggal. Akan tetapi hasil kerja kerasnya hingga kini masih bisa kita nikmati. Sapoiha.com