Bisa Tingkatkan Iq, Ini 4 Manfaat Kesehatan Buatmu Yang Suka Bermusik. Selamat!

Bisa Tingkatkan IQ, Ini 4 Manfaat Kesehatan Buatmu yang Suka Bermusik. Selamat!

Bermusik
Bermusik | www.pexels.com

Yuk tekuni talenta dan minatmu di bidang musik!

Apa kau salah satu orang yang punya talenta dan minat di bidang musik? Atau justru sedang menekuni hobi atau karir dalam bermusik? Ternyata nih, nggak cuma menikmati musik secara lebih detail, ikut andil dalam membuat sebuah alunan musik juga membawa aneka macam dampak positif lho, diantaranya manfaat kesehatan untuk tubuhmu. Nggak banyak yang tahu, yuk simak 4 manfaat kesehatan buatmu yang suka bermusik!

1.

Menjaga kesehatan jantung

Bermusik
Bermain gitar | www.pexels.com

Berbagai penelitian medis menyatakan bahwa bermain musik, khususnya gitar, dapat meningkatkan kesehatan jantung. Saat seseorang bermain gitar, fungsi otak mereka akan dapat mempengaruhi perasaan murung sehingga hal tersebut dapat memberi imbas positif buat perasaan serta jantung. Bahkan nih, dalam sebuah jurnal penelitian yang diterbitlkan European Heart Journal, musik juga dapat menyembuhkan serangan jantung lho.

Artikel Lainnya

2.

Dapat meningkatkan kesehatan sistem pernapasan

Bermusik
Bermain musik | www.pexels.com

Kesehatan sistem pernapasanmu juga dapat meningkat lho dengan bermain musik, khususnya pada instrumen yang ditiup menyerupai terompet, pianika, seruling, dan lain sebagainya. Hal pertama yang harus kau ketahui yaitu bagaimana dapat melaksanakan dan mengatur pernapasan dengan benar dikala memainkan alat musik tersebut, yang artinya bernapas secara efektif dan efisien yaitu benefit seorang musisi.

3.

Dapat membantu pengobatan Alzheimer

Bermusik
Bermusik | www.pexels.com

Kerennya lagi nih, studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengambil pelajaran musik membantu meningkatkan kinerja akademik serta IQ. Lewat sebuah penelitian yang dilakukan pada seorang anak berusia 6 tahun yang berguru pelengkap bermain keyboard selama 36 ahad memiliki peningkatan IQ serta hasil tes yang lebih besar secara signifikan jikalau dibandingkan dengan mereka yang mengambil pelajaran drama atau tanpa pelajaran tambahan.

4.

Dapat meningkatkan IQ serta kinerja akademik

Bermusik
Bermain keyboard | www.pexels.com

Diketahui bahwa stimulasi mental yang terlibat dikala bermusik dapat mempromosikan memori yang lebih baik pada pasien dengan Alzheimer. Melalui sebuah studi yang dilakukan pada pasien Alzheimer, terlihat bahwa memori musik dapat diserap jauh lebih baik dibandingkan kata yang terucap. Efek positif ini dapat disebabkan oleh gairah tinggi hasil pembentukan musik sehingga dapat meningkatkan perhatian serta memori.

Nah, itu tadi aneka macam manfaat kesehatan untuk seseorang yang gemar bermain musik. Kabar baiknya nih, buat kau yang ingin menekuni karir di bidang musik atau sekadar ingin tahu lebih mendalam wacana musik, ada event yang harus banget kau datangi yakni Expressive Vol. 2: Music Class By Expressive Creative Team. Acara yang mengangkat tema music class mempertahankan identitas bermusik dan kepenulisan lirik dengan pembicara Jimi Multhazam (The Upstairs/Morfem) dan Gusti Arirang (Tashoora) ini diselenggarakan pada 27 April 2019 jam 9-11 siang di Agenda Resto & Vibes Arkadia Communal Space, Jl. Prawirotaman No. 16 Yogyakarta. Yuk cari tahu informasi lengkapnya di Instagram @Expressive.Create kini juga!