Breaking News: Joko Widodo Pastikan Pulang Kampung Tahun Ini Dilarang!

Breaking News: Jokowi Pastikan Mudik Tahun Ini Dilarang!

Pengumuman! Presiden Jokowi Pastikan Mudik Tahun Ini Dilarang!
Presiden Jokowi pastikan pemerintah akan melarang pulang kampung lebaran tahun 2020. | www.inews.id

Presiden Jokowi memastikan pulang kampung tahun ini akan tidak boleh pemerintah. Jangan pada ngeyel lagi ya!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan melarang masyarakat melaksanakan pulang kampung lebaran pada tahun 2020 di tengah wabah pandemi corona atau Covid-19 yang ketika ini sedang terjadi.

Kebijakan strategis ini diambil sehabis pemerintah melaksanakan bermacam-macam kajian dan menilai pemutusan mata rantai penularan corona dapat dilakukan secara efektif dengan melarang agenda mudik.

Pengumuman! Presiden Jokowi Pastikan Mudik Tahun Ini Dilarang!
Banner yang berisi imbauan semoga tak pulang kampung dipasang di Kediri, Jawa Timur. | www.cnnindonesia.com

Seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (21/4), Jokowi memberikan keputusan ini dalam Rapat Terbatas di Istana Merdeka yang disiarkan melalui jalan masuk tele conference.

“Hari ini saya ingin sampaikan juga bahwa pulang kampung semuanya akan kita larang,”

Jokowi menjelaskan kalau langkah pelarangan pulang kampung ini akan meliputi seluruh elemen masyarakat, baik itu aparatur sipil negara (ASP) dan juga petugas TNI/Polri.

Hasil ini juga merupakan salah satu hasil dari survei Kementerian Perhubungan yang menemukan data bahwa ketika ini masih ada 24 persen kelompok masyarakat yang masih ingin melaksanakan mudik.

“Disampaikan bahwa yang tidak pulang kampung 68 persen, yang tetap masih bersikeras pulang kampung 24 persen, yang sudah pulang kampung 7 persen,”

Jumlah itu pun menjadi pola bagi pemerintah untuk melaksanakan pelarangan pulang kampung lantaran kalau dibiarkan, maka akan ada kurang lebih 64 juta masyarakat yang beresiko tertular corona.

Pengumuman! Presiden Jokowi Pastikan Mudik Tahun Ini Dilarang!
Keputusan pelarangan pulang kampung ini diambil Jokowi usai mendapat data yang menyatakan ada 24% masyarakat yang nekat akan mudik. | news.detik.com

Jokowi juga meminta semoga seluruh kabinet menterinya dapat segera mempersiapkan segala kebutuhan masyarakat dengan akan diberlakukannya larangan mudik.

“Oleh alasannya yaitu itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan,” terang Jokowi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto menyampaikan pihaknya ketika ini sedang mempersiapkan aturan tersebut.

Dia menyampaikan bentuk aturan ini masih belum ditentukan baik itu nanti berupa Peraturan Presiden atau Peraturan Menteri Perhubungan.

“Sedang proses ya,” ucap Novie ibarat dikutip dari Tempo.co, Selasa (21/4).

Kepastian yang diberikan Presiden Jokowi kali ini juga menepis perilaku pemerintah sebelumnya yang hanya akan menawarkan imbauan semoga masyarakat tidak pulang kampung ke tempat asal.

Artikel Lainnya

Keputusan besar karenanya diambil Presiden Jokowi terkait polemik pelarangan pulang kampung di tengah wabah corona yang sedang terjadi di Indonesia.

Pemerintah sudah hampir niscaya melarang masyarakat dan akan segera mengeluarkan peraturan yang mengikat.

Semoga dengan keputusan tegas ini, masyarakat dapat benar-benar patuh dan paham semoga resiko penularan corona dapat segera dihentikan.