Cara Membersihkan Pendengaran Yang Lebih Kondusif Daripada Pakai Cotton Bud

Cara Membersihkan Telinga yang Lebih Aman Daripada Pakai Cotton Bud

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Good Bye Earwax! | unsplash.com

Lebih aman, ini cara membersihkan indera pendengaran yang benar

Hayo, siapa di sini yang suka bersihin indera pendengaran pakai cotton bud? Kalau sudah bersihin pakai barang itu, niscaya bawaannya ingin korek terus hingga dalam. Padahal, membersihkan indera pendengaran pakai cotton bud justru bisa mendorong masuk kotoran, lho!

Apalagi kalau mengorek kuping terlalu dalam, itu bisa menyebabkan gendang indera pendengaran pecah, abuh telinga, hingga gangguan pendengaran. Nggak mau ‘kan indera pendengaran jadi luka? Maka dari itu, lakukan cara membersihkan indera pendengaran yang lebih aman!

10 cara membersihkan indera pendengaran kondusif tanpa efek samping

Membersihkan earwax dengan kondusif ialah sebuah keharusan. Jangan hingga gara-gara mau indera pendengaran bersih, namun malah hal jelek yang didapat alasannya ialah caranya salah. Ikuti metode di bawah ini mulai dari cara membersihkan indera pendengaran dengan baby oil hingga menggunakan trik unik lain.

1.

Larutan air garam

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Larutan Air Garam | www.pexels.com

Cara membersihkan indera pendengaran dengan benar yang pertama bisa menggunakan larutan air garam. Trik ini simple banget dan nggak makan banyak biaya! Garam yang dipakai boleh jenis apa saja.

Kamu bisa larutkan garam ke dalam air hangat, kemudian miringkan kepala dan teteskan ke dalam telinga. Kembalikan kepala ke posisi awal, tempelkan kapas bola di telinga. Lakukan cara membersihkan kotoran indera pendengaran yang sama untuk kedua telinga, ya!

2.

Bawang putih

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Garlic | unsplash.com

Bawang putih nggak cuma yummy dimakan sama ayak geprek. Ternyata bawang putih punya zat asam fosfor yang bisa membunuh kuman dan basil penyebab persoalan telinga. Tak heran jikalau bumbu masakan ini bisa jadi perpaduan cara mengeluarkan kotoran indera pendengaran yang ampuh.

Coba cara membersihkan indera pendengaran ini dengan cara bisa mememarkan bawang putih, kemudian taruh di atas sendok. Panaskan sendok berisi bawang putih di atas lilin, kemudian teteskan minyak yang dihasilkan ke dalam indera pendengaran untuk mengeluarkan kotoran. Tunggu sebentar dan keluarkan earwax yang keluar itu.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Tercepat dan Aman

3.

Air hangat

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Air Hangat | www.pexels.com

Siapa sangka jikalau air hangat saja bisa pembersih kotoran telinga? Kamu bisa bersihkan indera pendengaran dengan air hangat sesudah mandi. Air hangat bisa melembutkan kotoran di dalam indera pendengaran yang mengeras. Selain itu, debu dan minyak juga bisa higienis jikalau menggunakan cara membersihkan kotoran indera pendengaran ini.

Cara membersihkan indera pendengaran dengan benar ini hanya dengan meneteskan sedikit air hangat ke dalam telinga. Miringkan kepala ke kanan dan kiri. Setelah itu, gres bersihkan dengan handuk lembut.

4.

Miyak zaitun

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Minyak Zaitun | unsplash.com

Selain air hangat, kau juga bisa membersihkan dengan minyak zaitun alias olive oil. Cara mengeluarkan kotoran indera pendengaran ini terbilang gampang, kok. Pertama, jangan lupa hangatkan minyak zaitun dan celupkan sepotong kapas.

Peras kapas tersebut kemudian masukkan ke dalam indera pendengaran dan diamkan selama 15 menit. Sebagai tambahan, ada baiknya jikalau kau menggunakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan terlebih dahulu supaya cara membersihkan indera pendengaran yang benar ini lebih cepat bekerjanya.

Baca juga: Essential Oils dari Young Living yang Baik untuk Tubuh

5.

Cuka apel

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Cuka Apel | www.pexels.com

Cuka apel juga bisa menjadi cara membersihkan kotoran indera pendengaran yang menumpuk tanpa menciptakan iritas lho. Sifat antibakteri dan antijamurnya bisa mengatasi mikroba berbahaya yang bersarang di susukan telinga. Keasamannya yang ringan bisa melarutkan kotoran dan buat telingamu higienis kembali.

Caranya juga mudah. Tinggal teteskan 2-3 tetes cuka apel ke dalam telinga, kemudian masukkan kapas bola ke telinga. Diamkan selama 1 jam dan biarkan kotoran keluar dengan sendirinya. Ulangi cara membersihkan indera pendengaran dengan benar ini jikalau merasa kotoran indera pendengaran belum hilang sepenuhnya.

6.

Cuka dan alkohol

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Alkohol | www.alkesbatam.com

Alkohol berfungsi sebagai materi pengering alasannya ialah bisa menguap dalam suhu rendah. Sementara itu, cuka yang bersifat astringent bisa melawan abuh mikroba. Cara membersihkan indera pendengaran yang benar bisa menggunakan adonan keduanya, namun tidak semua jenis alkohol bisa digunakan.

Cara mengeluarkan kotoran indera pendengaran ini ialah dengan menggunakan alkohol 70% (yang biasa dipakai untuk luka) dan cuka dengan perbandingan yang sama. Contohnya ambil saja 1 sendok teh cuka dan 1 sendok teh alkohol.

Setelah itu, semprot ke dalam telinga. Bisa juga dengan merendam kapas bola ke cairan tersebut sambil dipijat pelan-pelan supaya kotoran keluar.

Baca juga: Cara Memerahkan Bibir untuk Pink Lips yang Sempurna

7.

Baby oil

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Baby Oil | www.amazon.com

Buat yang berkulit sensitif, jangan khawatir. Ada cara yang lebih kondusif untuk membersihkan earwax. Cara membersihkan indera pendengaran dengan baby oil ialah solusi terbaik.

Minyak bayi merupakan pelembap sekaligus pelumas yang berkhasiat untuk melembutkan kotoran di telinga. Walaupun sedikit lama, cara membersihkan indera pendengaran dengan baby oil ini lebih kondusif bagi sebagian besar orang.

Minyak yang satu ini punya aroma yang busuk dan menenangkan. Cara menggunakannya pun nggak ribet. Cukup basahi kapas dengan baby oil, kemudian masukkan ke dalam telinga. Tutup lubang indera pendengaran dengan bola kapas dan diamkan selama 15 menit. Lepaskan dan ulangi cara membersihkan indera pendengaran dengan baby oil ini kalau memang diperlukan.

8.

Baking soda

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Baking Soda | www.pexels.com

Terkenal sebagai materi pembuat kue, fungsi baking soda ternyata tidak berhenti hingga di sana saja. Bahan tersebut sanggup menjadi terapi alami sebagai cara mengeluarkan kotoran indera pendengaran sekaligus mencegah penumpukan kotoran di kemudian hari.

Cara membersihkan indera pendengaran yang benar ini cukup dengan mencampurkan 1/4 sdt baking soda bersama 2 sdt air. Aduk hingga rata dan teteskan larutan itu ke dalam indera pendengaran dengan pipet. Kamu bisa menggantinya dengan sedotan kecil jikalau tidak punya pipet.

Diamkan selama beberapa menit, kemudian miringkan kepala supaya kotoran yang meleleh bisa keluar. Cara membersihkan indera pendengaran yang terakhir ialah dengan membersihkan indera pendengaran menggunakan kain lembut yang sudah disiapkan.

Baca juga: Cara Meninggikan Badan Secara Alami

9.

Obat tetes telinga

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Obat Tetes Telinga | chaklyraflesia.blogspot.com

Earwax yang tidak keluar dari indera pendengaran bisa menjadi keras dan berkerak. Kamu bisa menggunakan obat tetes indera pendengaran khusus untuk melunakkannya. Cara membersihkan kotoran indera pendengaran ini simpel alasannya ialah obatnya dijual di banyak apotek. Makara kau nggak akan sulit menemukannya.

Teteskan saja obat itu ke susukan telinga. Tunggu beberapa waktu supaya obatnya bekerja. Setelahnya, miringkan kepalamu untuk mengeluarkan kotoran. Jika kotoran tidak mau keluar, pancing dengan meneteskan air ke indera pendengaran dan segera miringkan kepala. Kalau cara membersihkan indera pendengaran itu benar, air dan kotoran bisa keluar ketika itu juga.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

10.

Konsultasi ke dokter

Cara Membersihkan Telinga Paling Mutakhir
Konsultasi ke Dokter | unsplash.com

Ketika semua cara membersihkan indera pendengaran yang benar di atas sudah dicoba dan tidak mempan juga, langkah terakhir yang sanggup dilakukan ialah dengan konsultasi ke dokter atau rumah sakit. Datangi dokter THT untuk penanganan lebih lanjut. Dengan bertanya pada pakarnya, semua bisa ditangani lebih cepat.

Baca juga: Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Bahan Alami

Periksakan indera pendengaran dan minta dokter untuk membersihkan kotoran yang mengganggu di dalamnya. Jangan lupa tanyakan pada dokter apa saja kiat untuk menjaga kebersihan susukan indera pendengaran supaya ke depannya permasalahan yang sama tidak terulang kembali.

Artikel Lainnya

Beragam cara membersihkan indera pendengaran tersebut dinilai jauh lebih kondusif ketimbang menggunakan cotton bud. Dengan aneka macam jenis bahan, kau bisa menjaga kebersihan indera pendengaran dengan minim risiko. Lebih baik kondusif daripada membahayakan diri sendiri, bukan? Katakan bye kepada earwax yang mengganggu selama ini!