Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh Untuk Kembali Muluskan Kulit

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh untuk Kembali Muluskan Kulit

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Bye-bye scar! | www.freepik.com

Cara menghilangkan bekas luka untuk kembalikan rasa percaya diri

Menghilangkan bekas luka itu penuh dengan perjuangan. Apalagi bekas luka bakar, luka itu akan membuat kulit jadi menghitam jikalau dibiarkan. Maka dari itu, penting untuk tahu bagaimana cara tercepat untuk mengatasinya.

Bukan hanya luka bakar, luka bekas infeksi juga kerap membuat banyak orang stres. Jerawat yang kerap muncul itu bisa menyisakan bekas yang mengganggu penampilan. Kalau dibiarkan, niscaya rasa percaya diri akan menurun. Segera cari tahu soal cara menghilangkan bekas luka yang ampuh, deh.

13 cara menghilangkan bekas luka dengan materi alami

Menghilangkan bekas luka tak selalu harus pakai materi kimia. Obat dari dokter bisa membantu memudarkan, tapi menggunakan materi alami juga tak ada salahnya untuk dicoba. Seperti halnya materi alami di bawah ini yang ampuh jadi cara menghilangkan bekas luka dengan cepat.

1.

Air kelapa dan minyak kelapa

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Coconut | unsplash.com

Kelapa ialah buah yang mempunyai berjuta manfaat. Buah tersebut bisa dimanfaatkan untuk banyak hal mulai dari diambil dagingnya serta airnya. Untuk menghilangkan luka sendiri, ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan air kelapa atau minyak kelapa.

Untuk memanfaatkan materi alami ini, cukup siapkan air kelapa secukupnya dan gunakan untuk membasuh luka. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan treatment itu secara rutin setiap harinya.

Sementara itu, minyak kelapa mempunyai kegunaan untuk menghilangkan luka bekas infeksi di wajah. Untuk menggunakannya panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa. Setelah itu, balurkan ke bekas infeksi itu sembari dipijat ringan selama 10 menit.

Tunggu hingga minyak itu meresap setidaknya 1 jam. Untuk hasil maksimal, ulangi cara menghilangkan bekas luka di wajah tersebut dua hingga empat kali setiap harinya, ya.

2.

Baking soda

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Baking Soda | www.pexels.com

Baking soda bukan hanya mempunyai kegunaan sebagai materi pembuat kue, namun juga bisa digunakan untuk hilangkan bekas luka di area kaki. Cara menggunakan baking soda ialah dengan mencampurkan 2 sendok makan ke dalam larutan air.

Sebelum membalurkan larutan itu, cuci higienis belahan tubuhmu yang luka. Keringkan luka itu termasuk area di sekelilingnya. Jangan gunakan pada luka yang terbuka alasannya bisa menyebabkan iritasi. Gunakan pada bekas luka saja.

Jika sudah bersih, basahi bekas luka itu dengan air. Setelahnya, oles larutan baking soda ke atas bekas lukanya. Kompres dengan menggunakan air hangat selama 15 menit dan bilas lagi dengan air bersih. Ulangi cara menghilangkan bekas luka di kaki ini setiap hari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

3.

Cuka apel

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Cuka Apel | tirto.id

Sudah bukan diam-diam lagi jikalau cuka apel punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Selain baik untuk mengatasi masalah jerawat, cuka apel bisa hilangkan scar di wajah. Banyak muda-mudi yang menggunakannya alasannya memang gampang ditemukan dan harganya terjangkau.

Trik yang satu ini bisa dicoba dengan mencampur 4 sendok makan air dengan 2 sendok makan cuka apel. Celupkan kapas ke adonan tersebut. Pastikan jikalau kapas tersebut benar-benar berair oleh cuka apelnya.

Oles kapas ke bekas luka dan diamkan hingga mengering. Lakukan cara menghilangkan bekas luka di wajah tersebut setiap malam sebelum tidur dan di pagi hari untuk hasil maksimal. Walau baunya sedikit tidak enak, tahan sebentar. Bayangkan saja khasiatnya yang ampuh tersebut.

4.

Jeruk nipis

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Lime | unsplash.com

Jeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan itu bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada kaki. Sel kulit mati tersebut biasanya akan membuat bekas luka yang menghitam.

Belah saja jeruk nipis menjadi dua. Oles belahan jeruk itu ke bekas luka yang menghitam. Pastikan jikalau olesannya merata. Diamkan selama setengah jam kemudian bilas pakai air bersih. Ulangi cara menghilangkan bekas luka di kaki itu sebanyak dua kali sehari.

Baca juga: Hilangkan Bekas Jerawat dengan 5 Masker Ampuh Ini

5.

Kentang

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Potato | www.pexels.com

Sayuran embel-embel sop yang satu ini juga tak kalah mujarab untuk sembuhkan bekas luka bakar di kaki. Bekas ini bisa hilang jikalau melaksanakan perawatan dengan kentang secara rutin. Banyak kelebihan yang dirasakan jikalau menggunakan kentang sebagai salah satu treatment-mu.

Kentang gampang ditemukan di mana-mana, harganya murah, serta cara menggunakannya tidak sulit. Cara menghilangkan bekas luka di kaki tersebut yakni dengan iris saja kentang menjadi seukuran sedang. Gosok potongan kentang itu dengan gerakan memutar di bekas luka.

Tunggu selama kurang lebih 10 menit. Jika irisan kentang tersebut sudah kering, buang dan ulangi hingga semua potongan kentang habis. Lakukan pembilasan dengan air hambar dan ulangi prosesnya minimal sehari sekali.

6.

Lavender dan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Lavender | unsplash.com

Perpaduan lavender dengan minyak zaitun menjadi obat ampuh untuk menghilangkan bekas luka membandel. Minyak lavender sendiri punya sifat antibakteri yang mempercepat penyembuhan luka bakar. Bukan cuma mengurangi rasa sakitnya, namun juga meminimalisir jaringan parut yang terbentuk.

Minyak esensial tersebut bisa dimanfaatkan dengan cara mencampurkan tiga tetes minyak lavender bersama dengan tiga sendok makan minyak zaitun. Jika tidak punya minyak zaitun maka bisa menggantinya dengan baby oil.

Balurkan ke bekas lukamu dan pijat ringan selama 5 menit. Setelahnya, diamkan selama setengah jam. Jika sudah gres bilas bekas luka tersebut menggunakan air hangat. Cobain cara ini sehari tiga kali, ya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

7.

Lemon

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Lemon | www.pexels.com

Serupa dengan jeruk nipis, lemon juga mempunyai kegunaan hilangkan bekas luka di wajah. Buah yang kaya vitamin C dan asam alpha hidroksi tersebut bisa membantu menenangkan radikal bebas dalam kulit. Dengan begitu, jikalau digunakan dengan rutin bekas luka akan memudar seiring berjalannya waktu.

Perasan lemon tersebut ialah alat bleaching alami. Jika digunakan setiap hari, balasannya akan jadi maksimal. Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini cukup mudah. Potong lemon segar dan oleskan perlahan di bekas luka. Tunggu hingga kering selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, cuci dengan air dingin.

8.

Lidah buaya

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Aloe Vera | unsplash.com

Selama ribuan tahun, pengecap buaya sudah digunakan dalam pengobatan medis. Tak hanya elok untuk rambut, pengecap buaya dipercaya bisa membantu hilangkan scar menahun yang sulit hilang. Tanaman tersebut mempu mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

Cara menghilangkan bekas luka bakar alami ini cukup disukai banyak orang alasannya gampang dan tak butuh waktu lama. Asalkan rutin melaksanakan treatment tersebut setidaknya dua kali sehari, bekas luka bakarmu bisa sirna.

Kupas pengecap buaya, ambil daging pengecap yang berwarna putih jernih. Oles pada bekas lukamu secara rata. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bekas luka pakai air hambar hingga gelnya hilang.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dalam Seminggu

9.

Madu

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Honey | www.pexels.com

Madu bisa membantu mencerahkan kulit, termasuk di antaranya memudarkan bekas luka. Kandungan antioksidannya bisa mengangkat sel kulit mati yang membuat luka sulit hilang, termasuk di belahan kaki. Selain itu, sifat antiradang dan antibakterinya bisa menyembuhkan luka bakar.

Dari penelitian yang ada terbukti jikalau madu bisa membersihkan area yang terluka, mengurangi rasa perih, sekaligus menyamarkan bekasnya. Untuk luka bakar, disebutkan jikalau madu lebih efektif dibandingkan dengan kain kasa dan krim antibiotik tradisional.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki ini ialah dengan mengoles satu sendok makan madu di bekas luka kaki pada malam hari. Tutupi bekas luka yang sudah diolesi madu menggunakan perban. Diamkan selama semalam penuh.

Pada pagi harinya, lepas perban dan cuci kaki dengan menggunakan air hangat. Ulangi rutinitas cara menghilangkan bekas luka bakar itu setiap hari supaya luka bisa hilang setidaknya hingga 80%.

10.

Putih telur

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Eggs | unsplash.com

Walau sedikit amis, putih telur mempunyai kegunaan juga untuk menghilangkan bekas luka ini. Kandungan protein dan sumber mikronutreinnya bisa memudarkan bekas luka di wajah. Cara penggunaannya hanya dengan memisahkan putih telur dari kuningnya.

Campur dengan satu sendok makan perasan air jeruk nipis atau lemon supaya aromanya tidak terlalu amis. Oles putih telur itu di bekas lukamu. Diamkan hingga mengering kemudian bilaslah hingga bersih. Rutin ulangi cara menghilangkan bekas luka di wajah tersebut, ya!

Baca juga: Rekomendasi Serum Wajah di Bawah 200 Ribu

11.

Susu dan kunyit

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Milk | www.pexels.com

Susu bisa membantu menenangkan kulit yang iritasi sekaligus menghilangkan bekas luka. Sementara itu, kuyit punya kandungan antiinflamasi yang efektif untuk obat luka bakar. Perpaduan keduanya bisa membantumu untuk sembuhkan luka bakar di belahan badan mana saja.

Campur dua sendok makan susu murni bersama dengan satu sendok teh air perasan kunyit. Celup kapas ke dalam adonan terseut. Oleskan pada belahan bekas luka bakar sembari dipijat lembut selama beberapa saat. Setelahnya diamkan selama 5 menit dan cuci higienis dengan air.

Kamu bisa juga menggunakan handuk berair untuk membersihkannya. Ulangi cara tersebut dua kali sehari setiap harinya.

12.

Timun

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Cucumber | unsplash.com

Siapa yang suka makan lalapan pakai timun? Namun bukan hanya kesejukan yang didapat dari timun, melainkan juga kemampuannya untuk menyamarkan bekas luka. Pasalnya di dalam mentimun terdapat kandungan mineral dan vitamin yang bisa hilangkan bekas luka menghitam.

Timun juga bisa memutihkan wajah secara alami. Sayuran ini cocok digunakan untuk mengobati luka yang ada di wajah ibarat bekas gatal dan bekas infeksi yang menghitam.

Cara hilangkan bekas luka dengan timun ini cukup dengan mengirisnya tipis-tipis. Tempelkan pada wajah yang ada bekas lukanya. Diamkan selama setengah jam kemudian cuci dengan air.

Baca juga: Model Rambut Pendek untuk Semua Bentuk Wajah

13.

Yoghurt, putih telur, dan tomat

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh
Yogurt | www.pexels.com

Yoghurt dan putih telur bisa membantu memudarkan bekas luka. Di sisi lain, tomat mempunyai kegunaan untuk mencerahkan warna kulit di area yang terbakar. Ketiganya secara perlahan bisa menghilangkan bekas luka yang membandel jikalau dirawat dengan rutin.

Buat pasta dengan cara mencampur 1 sdm yoghurt, 1 sdm putih telur, serta 1 sdm tomat yang telah dilumatkan. Campur semuanya dan aduk rata hingga membentuk pasta. Kekentalannya bisa diadaptasi dengan seleramu.

Oleskan pasta pada bekas luka bakarmu. Pijat lembut menggunakan jemarimu kemudian diamkan selama 15 menit. Cuci bekasnya dengan menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal, ulangi cara menghilangkan bekas luka bakar itu dua kali sehari.

Artikel Lainnya

13 cara menghilangkan bekas luka tersebut tidak akan membuahkan hasil jikalau dilakukan dengan setengah hati. Jangan malas untuk mengulanginya hingga scar benar-benar pudar. Apabila cara di atas telah menyebabkan iritasi, hentikan pemakaiannya dan periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.