David Karp, Pendiri Tumblr Yang Ogah Sekolah

David Karp, Pendiri Tumblr yang Ogah Sekolah

David Karp
David Karp | www.axios.com

Inilah sosok pendiri Tumblr yang malas sekolah

Tumblr, ditulis tumblr. sesuai logonya, ialah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Pengguna sanggup mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri.

Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka dashboard di mana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

David Karp
David Karp Tumblr | gizmodo.com

Akusisi

Proses akuisisi ini tentu saja menghebohkan. Bukan sebab nilai uang yang ditawarkan, namun Yahoo juga dikabarkan oke untuk membayarnya secara tunai.

Kemarin (20/5/2013), dewan direksi Yahoo telah menyetujui ‘mahar’ senilai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp. 10,7 triliun guna ‘meminang’ Tumblr. Hal ini mengesahkan status sang pemilik, David Karp, untuk menyandang gelar miliarder muda gres dari kalangan penggiat teknologi.

Sebelumnya telah banyak dikenal pengusaha muda kaya raya dari dunia teknologi, ibarat pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, atau salah satu pendiri Foursquare, Naveen Selvaduari.

Dilansir laman Bloomberg, Selasa (21/5/2013), kesuksesan Tumblr didorong oleh kreatifitas penggunanya. Hal ini dikarenakan pengguna Tumblr didominasi dari kalangan pelaku kreatif, mulai dari fotografer, desainer dan musisi. Dan 85 persen dari pengguna Tumblr rata-rata cukup aktif dan mengirim lebih dari 20 post per bulannya.

Hal ini yang mengakibatkan dalam waktu singkat Karp dengan Tumblr-nya bisa memikat banyak investor. Sebelum Yahoo, tercatat pendiri Virgin, Sir Richard Branson, yang pernah melayangkan proposal akuisisi di tahun 2009 lalu.

David Karp
Pendiri Tumblr | www.zimbio.com

Siapa David Karp?

Pada tahun 2007, seorang pengusaha internet muda yang berjulukan David Karp telah membuat Tumblr. Dia membuat tumblr di Jepang pada ketika ia berumur 19 tahun. kemudian sehabis membuat tumblr tersebut, ia juga menemukan sebuah kata gres yang akan dipakai pada layanan tumblr yaitu “Tumblelog”.

Tumblelog mempunyai arti yaitu bentuk pendek dari blogging atau mengarah ke dalam bentuk miniblog.

Pada tumblelog, layanan ini hanya sanggup mengirimkan satu kalimat pendek saja, berbeda dengan blog-blog yang ada. David Karp kagum dengan bentuk gres blogging ini, kemudian ia berkata akan menunggu untuk salah satu platform blog yang sudah siap biar para pengguna sanggup mengatur sebuah platform.

Tetapi, sehabis satu tahun lamanya hal tersebut tidak terjadi juga. kemudian David karp sendirilah yang hasilnya turun tangan untuk menuntaskan platform blog tersebut. Inkarnasi ketika Tumblr diluncurkan pada tanggal 1 November dan versi beta telah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.

David Karp
Miliarder muda | celebritynetworth.com

Tumblr memang sangat dikenal di jagat internet dan tercatat mempunyai 107,8 juta blog, tapi mungkin tidak dengan David Karp. Padahal Karp ialah pendiri layanan blogging ini. Lahir di Manhattan, New York 6 Juli 1986, ayah Karp ialah komposer musik film dan televisi berjulukan Michael D. Karp, sedangkan ibunya, Barbara Acherman, ialah seorang guru sains.

Anehnya, bila Anda bertanya mengenai universitas daerah Karp belajar, maka jawabannya juga tidak ada. Pria yang tahun ini berusia 26 ini menyudahi masa belajarnya di sekolah sempurna ketika ia berusia 15 tahun.

Karp sedari kecil membangun mimpinya sendiri dan bercita-cita menjadi seorang technopreneur, pebisnis di bidang teknologi.

Artikel Lainnya

Masa-masa kehidupan remajanya ia habiskan di depan komputer dan internet. Bahkan, kecintaannya terhadap dunia teknologi mendorong Karp yang ketika itu berusia 17 tahun untuk hijrah ke Jepang. Bukan tanpa alasan, di Negeri Sakura ia memperdalam ilmu komputernya.

Kesuksesannya mulai nampak di tahun 2006. Saat itu situs yang ia mendirikan urbanbaby.com yang hasilnya dibeli oleh pihak Cnet.com. Hal ini merupakan tonggak awal bagi Karp untuk membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Sampai hasilnya pada tahun 2007 di New York ia merilis Tumblr, sebuah layanan blog yang dianggap sebagai pesaing berat bagi WordPress, platform blog terkenal yang sudah muncul delapan tahun lebih dulu dari Tumblr.