Deretan Film Dengan Plot Twist Terbaik Yang Dijamin Bikin Melongo

Deretan Film dengan Plot Twist Terbaik yang Dijamin Bikin Melongo

Film Plot Twist terbaik
Best plot twist | www.imdb.com

Daftar Film dengan Plot Twist Paling Tak Terduga

Film ialah salah satu media hiburan yang bisa dinikmati kapan saja. Dengan banyak sekali tema dan kisah yang diusung di dalamnya, tak heran kalau banyak orang memanfaatkan film untuk menciptakan diri lebih terhibur.

Dalam satu judul film, tentu mempunyai kisah yang diangkat. Untuk menciptakan media hiburan tersebut lebih seru, ada film plot twist yang digandrungi ketika ini. Sinema jenis ini umumnya menghadirkan kisah yang di belahan awal sampai pertengahan dipakai untuk membangun misteri. Kemudian fakta tersebut dipatahkan dengan pengungkapan di belahan tamat yang terkadang bisa mengatakan kejutan tersendiri bagi para penontonnya.

Jika suka sekali dengan sinema menyerupai itu, berikut daftar film dengan plot twist terbaik yang worth banget buat ditonton. Siap-siap untuk dibentuk terkejut dengan tamat ceritanya,

1.

Gone Girl (2014)

Film Plot Twist terbaik
Gone Girl | imgcop.com

Daftar film dengan plot twist terbaik ini diawali dengan Gone Girl. Film yang mengusung genre mystery thriller drama ini disutradarai oleh David Fincher serta dibintangi oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike. Film yang disesuaikan dari novel ini menceritakan perihal hubungan sepasang suami istri, yakni Nick dan Amy.

Kehidupan rumah tangga mereka yang terkesan serasi mendadak berubah sejak Amy tiba-tiba menghilang dari rumah tanpa meninggalkan jejak. Dalam film dengan plot twist terbaik terbaik tersebut, kau akan dibentuk tegang dan selalu memikirkan siapa yang bertanggung jawab atas hilangnya Amy. Ketika semuanya mulai terungkap, kau bakal dibentuk terdiam sendiri olehnya.

2.

The Sixth Sense (1999)

Film Plot Twist terbaik
The Sixth Sense | nationalpost.com

Film dengan plot twist terbaik seringkali bermain pada genre mystery thriller drama. Salah satunya muncul pada The Sixth Sense yang ditulis dan diarahkan oleh M. Night Shyamalan.

Diperankan oleh Bruce Willis dan Haley Joel Osment, film plot twist ini menceritakan perihal Malcolm Crowe, seorang psikolog yang berusaha menyelamatkan Cole, seorang anak yang diduga menderita gangguan mental.

Gangguan mental yang dialami Cole ini membuatnya bisa melihat banyak sekali hantu yang tak bisa dipandang dengan mata biasa. Selama durasi berjalan, kau akan dibentuk resah dan tegang alasannya ialah hadirnya sensasi mistis yang kental. Tidak hanya itu, penutupnya pun terbilang mengejutkan sehingga The Sixth Sense bisa disebut sebagai salah satu film dengan ending plot twist terbaik di masanya.

Baca juga: Film 2020 yang Diundur Perilisannya Gara-gara Corona

3.

Fight Club (1999)

Film Plot Twist terbaik
Fight Club | variety.com

David Fincher dikenal banyak menghadirkan film dengan plot twist terbaik. Jauh sebelum Gone Girl, ada Fight Club yang disebut sebagai salah satu sinema cult classic. Dibintangi oleh duo pemain film Hollywood kawakan Brad Pitt dan Edward Norton, sinema ini menceritakan perihal seorang pekerja kantoran tak berjulukan yang menderita insomnia akut dan merasa hidupnya tak menarik.

Namun, semuanya berubah sejak dirinya bertemu Tyler Durden yang menciptakan mereka berdua saling bertukar pikiran mengenai banyak hal dan pribadi menjadi sahabat karib. Untuk menciptakan segalanya menjadi lebih seru, Tyler mengajak pekerja kantoran ini untuk membentuk klub hanya untuk bersenang-senang. Terkesan sepele, namun tidak butuh waktu usang untuk klub tersebut mendapat banyak anggota baru.

Dibangun dengan kisah yang bagus dan kompleks, Fight Club ini terasa relatable dengan kehidupan masyarakat yang merasa jenuh dengan hidup monoton. Di samping itu, ada plot twist menarik yang ditunjukkan, salah satunya mengenai asal-usul Tyler yang tidak terduga.

4.

The Prestige (2006)

Film Plot Twist terbaik
The Prestige | brooklynfitchick.com

Christopher Nolan ialah salah satu sineas dunia yang terkenal melalui karyanya nan revolusioner. Salah satu film dengan plot twist terbaiknya ialah The Prestige. Mengusung genre sci-fi mystery dengan tema sulap, film ini mengisahkan perihal rivalitas antar dua pesulap Alfred Borden dan Robert Angier.

Keduanya berusaha mengambarkan bahwa hanya salah satu dari mereka yang sanggup disebut sebagai pesulap terbaik. Dibintangi oleh Christian Bale dan Hugh Jackman, The Prestige ini dengan menawan menampilkan drama dari sisi kehidupan dua pesulap tersebut. Film dengan plot twist terbaik ini juga mengatakan konklusi mencengangkan. Sehingga sinema isyarat Christopher Nolan ini patut ditonton.

Baca juga: Film Lucu Indonesia 2020 Ini Siap Mengocok Perutmu Sampai Mules

5.

Wild Things (1998)

Film Plot Twist terbaik
The Wild Things | www.thrillist.com

Pada penghujung masa ke-20, cukup banyak film yang hadir dengan plot twist dalam ceritanya. Di antaranya muncul dalam film neo-noir crime Wild Things yang tayang pada 1998. Bertabur bintang Hollywood kelas atas menyerupai Matt Dillon, Neve Campbell, sampai Bill Murray, film ini menampilkan kisah dari Sam Lombardo, seorang guru konseling di sebuah SMA.

Guru tersebut dituduh memperkosa muridnya yang bagus dan kaya raya serta beberapa gadis lain. Tindakannya tersebut menciptakan dirinya disidang, walaupun balasannya dibebaskan. Setelahnya, detektif berjulukan Ray Duquette meragukan skandal yang muncul dari perkara tersebut. Wild Things sangat sukses kala perilisannya, terutama dengan hadirnya plot twist yang berlapis. Karena itulah, hadir tiga sekuel lagi yang tayang secara khusus dalam format direct-to-video.

6.

The Usual Suspects (1995)

Film Plot Twist terbaik
The Usual Suspects | www.nme.com

The Usual Suspects juga merupakan film dengan plot twist berikutnya yang masuk dalam list ini. Ini merupakan film ketiga yang disutradarai oleh Bryan Singer. Selain itu, dibintangi juga oleh banyak sekali artis Hollywood menyerupai Stephen Baldwin, Gabriel Byrne, sampai Kevin Spacey.

Film penuh misteri ini menceritakan perihal persekutuan kriminal yang mencoba menjalankan misi berbahaya. Akan tetapi, ada satu bencana yang menciptakan semuanya mendadak kacau. Cukup banyak plot twist yang dimunculkan. Seperti fakta mengenai misi yang dijalani sampai identitas dari Keyser Soze, crime lord yang menyewa jasa mereka. Jika senang dibentuk berpikir keras, The Usual Suspects ini ialah sinema yang sempurna untukmu.

Baca juga: Rekomendasi Film Action Terbaru 2020, Jangan Sampai Ketinggalan

7.

Searching (2018)

Film Plot Twist terbaik
Searching | www.soompi.com

Jika mencari film penuh plot twist yang kekinian, ada Searching yang bisa kau masukkan dalam watching list. Disutradarai oleh Aneesh Chaganty dan dibintangi oleh John Cho sebagai pemeran utamanya, film yang mengandalkan gadget dan tangkapan layar banyak sekali gawai ini punya kisah yang tidak kalah menarik.

Sinema mystery thriller ini menceritakan perihal seorang ayah yang berusaha untuk mencari anak perempuannya yang hilang. Di tengah pencariannya, ia dibantu oleh seorang detektif demi bisa menemukan kebenaran.

Sepanjang durasinya, banyak sekali twist yang dihadirkan dengan bertubi-tubi dan ekspektasi penonton terasa selalu dipatahkan. Karenanya, Searching bisa disebut sebagai salah satu film dengan ending plot twist terbaik di 2018.

8.

Donnie Darko (2001)

Film Plot Twist terbaik
Donnie Darko | www.imdb.com

Masih banyak lagi film dengan plot twist terbaik yang bisa ditonton. Dari banyaknya judul, ada satu sinema yang menjadi cult classic, yaitu Donnie Darko dari sutradara Richard Kelly. Seperti judulnya, film dengan balutan fiksi ilmiah ini mengajakmu untuk menelusuri kisah dari Donnie Darko. Ia ialah seorang cukup umur bermasalah yang mencari arti di balik mimpinya yang berkutat dengan kiamat.

Di sepanjang perjalanannya, ia juga bertemu dengan orang berkostum kelinci yang menghantuinya. Banyak hal yang menciptakan Donnie Darko populer, menyerupai plot twist yang cerdas dan didukung dengan performa ciamik dari Jake Gyllenhaal. Untuk pencinta twist, nampaknya film psychological thriller klasik ini cocok untukmu.

Baca juga: Film Kungfu Mandarin yang Tak Membosankan Ditonton Berulang Kali

9.

Saw (2004)

Film Plot Twist terbaik
Saw | www.imdb.com

James Wan juga disebut sebagai salah satu sutradara film horor yang menggebrak industri Hollywood di masa ke-21. Ia pertama kali hadir melalui film horor sadis berjudul Saw yang tayang pada 2004. Dibuka dengan dua orang yang terkurung di kamar mandi, Saw ini menceritakan perihal sekelompok orang yang berusaha menyelamatkan diri dari banyak sekali jebakan ajal yang dipasang oleh seorang psikopat.

Di sisi lain, ada misteri mengenai pembunuhan berantai yang meninggalkan tanda berupa kaset rekaman. Kamu akan dibentuk berpikir keras untuk memahami siapa pelaku dari segala kekacauan yang muncul di sini. Setelah semua fakta terkumpul, hadir plot twist yang memunculkan dalang dari segala perkara yang dihadapi oleh para protagonis. Jika tidak keberatan dengan kesadisan yang dimunculkan, sinema ini ialah alternatif tontonan yang tepat.

10.

Kala (2007)

Film Plot Twist terbaik
Kala | www.imdb.com

Joko Anwar ialah salah satu sutradara kenamaan asal Indonesia. Walaupun filmnya belum terlalu banyak, ia selalu bisa menghadirkan sinema dengan penemuan menarik. Salah satunya melalui Kala yang tayang 2007 silam.

Dibintangi oleh Fachri Albar dan Ario Bayu, film noir thriller ini menceritakan perihal kisah dari dua orang laki-laki yang terikat secara tidak langsung. Mereka ialah Eros, detektif yang menyidik perkara orang yang terbakar secara misterius dan Janus, jurnalis yang kerap tertidur di waktu yang tidak tepat. Keduanya kemudian terjebak di satu kondisi yang mengakibatkan takdir mereka bersatu.

Dengan nuansa ala film kuno dan misteri yang dibangun menurut mitologi Indonesia kuno, Kala ialah film dengan ending plot twist yang bakal bikin penontonnya tercengang. Sebagai salah satu film terbaik Joko Anwar, sinema ini patut kau tonton selagi sempat.

Baca juga: Rekomendasi Film Semi Korea Terbaru Hot dengan Adegan Panas

11.

Pintu Terlarang (2009)

Film Plot Twist terbaik
Pintu Terlarang | www.imdb.com

Dua tahun sesudah Kala dirilis, Joko Anwar juga menyutradarai film Indonesia dengan plot twist yang tergolong bagus, yaitu Pintu Terlarang. Dalam layar lebar ini, pemeran utamanya ialah Fachri Albar dan Marsha Timothy. Film yang diproduksi oleh Lifelike Pictures ini menceritakan perihal kisah Gambir, seorang seniman yang sukses dengan patung perempuan hamil buatannya.

Di balik kesuksesannya, ada sang istri berjulukan Talyda dan juga rekannya yang setia mendampingi. Akan tetapi, Gambir kemudian diteror oleh hadirnya seruan tolong yang entah dari mana hampir setiap saat. Pada ketika itulah ia menyadari bahwa ada sesuatu yang janggal menghampirinya.

Otakmu akan dikuras perlahan dengan teka-teki yang membuatmu berpikir lebih keras dibandingkan biasanya. Belum lagi dengan konklusinya yang mengejutkan, menimbulkan film ini mempunyai plot twist yang bakal bikin setiap penontonnya terdiam.

12.

Orphan (2009)

Film Plot Twist terbaik
Orphan | www.imdb.com

Mengadopsi anak ialah salah satu solusi untuk suami istri demi mendapat keluarga bahagia. Hal tersebutlah yang ingin diangkat pada film horor psikologis Orphan. Disutradarai oleh Jaume Collet-Serra serta menimbulkan Vera Farmiga dan Isabelle Fuhrman sebagai pemeran utamanya, sinema ini menceritakan perihal sepasang suami istri yang mengadopsi anak perempuan berjulukan Esther.

Namun beberapa ketika kemudian, mulai muncul banyak sekali bencana asing yang menciptakan orang-orang meragukan Esther. Orphan ini membangun teka-teki mengenai asal-usul dari Esther yang masih misterius. Seiring berjalannya cerita, banyak hal mengerikan yang terjadi dan juga plot twist mengenai eksistensi Esther yang tidak kalah mencengangkan.

Baca juga: Film Zombie Terbaik yang Wajib Kamu Tonton di 2020

13.

Modus Anomali (2012)

Film Plot Twist terbaik
Modus Anomali | www.imdb.com

Ada tiga film Joko Anwar terbaik yang mengusung plot twist di dalamnya. Setelah Kala dan Pintu Terlarang, Modus Anomali ialah judul berikutnya yang tidak kalah menarik. Diisi Rio Dewanto sebagai pemeran utamanya, film menegangkan ini menceritakan perihal seorang laki-laki yang terbangun dari dalam kubur yang berada di tengah hutan.

Setelah mengetahui bahwa istrinya dibunuh, ia berusaha bertahan hidup sembari dikejar oleh sosok yang berusaha membunuhnya. Walaupun disajikan banyak sekali adegan menegangkan yang memacu adrenalin, Modus Anomali ini menampilkan epilog menarik mengenai eksistensi dari aksara utama yang diperankan Rio Dewanto dengan cukup baik tersebut. Karena itulah, kau wajib menonton film ini kalau suka dibentuk tegang dan menggemari Joko Anwar.

14.

Belenggu (2012)

Film Plot Twist terbaik
Belenggu | www.imdb.com

Upi Avianto juga menjadi salah satu sutradara perempuan Indonesia yang dielu-elukan di industri sinema lokal. Salah satu karyanya yang paling berkesan ialah Belenggu pada 2012. Mendapuk Abimana Aryasatya sebagai bintang utamanya, sinema ini menceritakan perihal Elang yang mengalami gangguan jiwa.

Ia seringkali dihantui oleh sosok mengerikan dengan kostum kelinci yang dianggap sebagai kunci dari segala misteri yang mengusik kehidupannya. Sekilas, Belenggu ini terlihat menyerupai Donnie Darko yang juga mengusung sosok berkostum kelinci. Tidak hanya itu, hadirnya plot twist juga membuatnya dikenal sebagai salah satu film Indonesia terbaik pada perilisannya.

15.

Us (2019)

Film Plot Twist terbaik
Us | www.imdb.com

Jika kau penikmat sinema kekinian, nama Jordan Peele harusnya tidak terdengar asing. Film terbarunya yang berjudul Us dianggap sebagai salah satu film dengan plot twist terbaik di 2019. Menggandeng Lupita Nyong’o dan Winston Duke sebagai pasangan pemeran utama, film horor menegangkan ini mengisahkan perihal keluarga yang sedang berlibur.

Ketenangan bermetamorfosis mencekam sesudah munculnya sosok berkostum merah yang mempunyai perawakan dan wajah menyerupai dengan masing-masing dari mereka. Di sepanjang film, banyak misteri dari hadirnya orang kembar dalam kisah tersebut. Akan tetapi, pengungkapan di belahan tamat yang menciptakan Us ini menjadi satu film dengan ending plot twist terbaik dari Jordan Peele.

Artikel Lainnya

Itulah gugusan film dengan plot twist terbaik yang bisa dinikmati. Untuk kau yang suka dibikin berpikir keras, coba tontonlah bermacam-macam judul di atas dan tamatkan satu per satu ketika menebak misterinya.