Dianggap Bukan Budaya China, Inilah 3 Alasan China Melarang April Mop

Dianggap Bukan Budaya China, Inilah 3 Alasan China Melarang April Mop

April mop
April mop | international.sindonews.com

Emangnya apa salahnya April Mop?

Setiap tanggal 1 April kita mengenal istilah April Mop, yakni menciptakan tipuan dengan maksud bergurau. April Mop atau yang dikenal juga dengan April Fools dirayakan di sejumlah negara. Mulai dari Amerika Serikat sampai Australia. Tetapi ada juga negara yang melarang April Mop, salah satunya yaitu Cina.

1.

Bukan budaya Cina

April mop
Pemerintah Cina larang April Mop | internasional.kompas.com

Asal-usul April Mop memang tidak diketahui secara pasti, namun dagelan di tanggal 1 April bukanlah budaya Cina. Selama ini sejarah April Mop kerap dikaitkan dengan bangsa Barat. Seperti dilansir oleh History.com, April Mop mulai dirayakan semenjak 1 April 1700.

Pada hari itu, orang-orang akan berbohong, jahil, melempar dagelan sampai tengah hari tanpa ada rasa bersalah. Sejumlah sejarawan pun beranggapan bahwa April Mop ini dapat ditelusuri semenjak tahun 1582 ketika Prancis mengganti kalender menjadi Gregorian dari Julian.

Pada masa era pertengahan di Eropa, tahun gres dirayakan setiap tanggal 25 Maret. Sejumlah wilayah di Prancis bahkan merayakan tahun gres di tanggal 1 April. Kemudian Raja Charles IX mengganti kalender dan tahun gres pun bergeser menjadi 1 Januari.

Orang-orang yang masih merayakan tahun gres di demam isu semi atau lupa bahwa kalender sudah diganti, akan dijuluki Poisson d’avril atau April Fish yang mengatakan bahwa orang tersebut gampang dibohongi.

Ada juga sejarawan yang mengaitkan April Mop dengan Hilaria, ekspo kuno yang dirayakan di Roma pada final bulan Maret. Pada ekspo tersebut, semua orang yang tiba wajib mengenakan pakaian yang akan mengaburkan identitasnya.

Berdasarkan beberapa dugaan mengenai sejarah April Mop, tidak ada yang mengaitkannya dengan budaya bangsa Asia. Sejarawan banyak mengaitkannya dengan budaya bangsa Barat, sehingga bagi Cina, sudah terperinci bahwa April Mop bukanlah budaya mereka.

2.

Berpotensi mencemarkan nama baik

April mop
China | www.merdeka.com

Meski tujuan perayaan April Mop hanyalah bercanda, tidak semua orang dapat menerimanya. Bahkan ada yang beropini bahwa April Fools membahayakan dan merupakan tindakan yang tidak baik. Sebagian masyarakat Cina pun menilai bahwa April Mop ini dapat menyesatkan orang sampai mencemarkan nama baik.

Apalagi ketika ini yaitu eranya internet. Setiap rumor dan gosip dapat pribadi tersebar dengan cepat ke banyak sekali penjuru dunia hanya melalui internet. Beberapa tahun yang kemudian pemerintah Cina pun pernah menangani kasus penyebaran rumor melalui internet.

Pelaku yang ditangkap membuatkan rumor dengan mencatut pemerintah, sehingga ia dieksekusi tiga tahun penjara dengan dakwaan pencemaran nama baik. Sejak ketika itu, pemerintah Cina memperingatkan masyarakatnya biar tidak menciptakan rumor meski dengan tujuan bergurau.

3.

Bertentangan dengan nilai inti sosialis

April mop
China | tekno.kompas.com

Enam tahun lalu, pemerintah Cina sudah menyatakan bahwa April Mop tidak selaras dengan nilai inti sosialis yang dianut oleh negara tersebut. “April Mop dalah hari yang tidak sesuai denngan tradisi budaya kita, atau nilai-nilai inti sosialis,” ungkap Pemerintah Cina yang diumumkan oleh kantor informasi Xinhua.

Dikutip dari Fortune.com, seorang warganet di Cina menganggap pernyataan dari pemerintahnya ini sebagai lelucon. Menurutnya, “Setiap hari yaitu April Mop kalau terkait dengan propaganda pemerintah,”.

Artikel Lainnya

Itulah tiga alasan yang menciptakan pemerintah Cina melarang perayaan April Mop. Tidak main-main, pemerintah Cina akan menjatuhi sanksi penjara kalau yaitu warganya yang membuatkan rumor secara online sampai mencemarkan nama baik.