Filmnya Telah Mendunia, Ini Cerita Tersembunyi Dibalik Logo-Logo Studio Film Hollywood

Filmnya Telah Mendunia, Ini Kisah Tersembunyi Dibalik Logo-logo Studio Film Hollywood

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah. | www.yukepo.com

Sebelum nama mereka dikenal khalayak luas, rupanya ada kisah menarik dibalik wajah perusahaan mereka.

Dalam perkembangannya, logo pada suatu merek tidak harus menjadi suatu ciri yang ajek. Zaman selalu berubah, begitu juga kultur yang tumbuh di masyarakat. Oleh alasannya itu, biasanya para pemilik perusahaan atau marketer tidak ragu untuk me-rebranding logo kalau sekiranya logo yang menandai identitas perusahaan mereka sudah tidak relevan lagi dengan preferensi masyarakat.

Ngomong-ngomong soal latar belakang dibalik terciptanya sebuah logo, kisah dibalik logo dan perkembangannya pun dapat kita lihat pada logo studio-studio film Hollywood yang film-filmnya diperhitungkan sebagai film kelas dunia. Ada beberapa yang logonya masih terlihat ibarat dengan logo-logo sebelumnya, namun ada juga yang terlihat jauh dari desain sebelumnya.

Bahkan ada juga malah mempertahankan logo yang pertama kali dibentuk sampai sekarang. Dilansir dari Yukepo.com, inilah beberapa kisah yang menjadi latar belakang pembuatan logo-logo studio film populer yang ada di Hollywood!

1.

Dreamworks Pictures

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Sosok anak kecil di balik logo Dreamworks. | www.yukepo.com

Dreamworks Pictures didirikan oleh tiga orang yang dikenal sebagai pakar media, yaitu David Geffen, Jeffrey Katzenberg, dan Steven Spielberg. Nah, kamu-kamu yang pernah menonton film keluaran Dreamworks niscaya sudah tidak absurd dengan sosok anak kecil yang terlihat sedang memancing sambil duduk di bulan sabit.

Baca juga: Tes Ketajaman Mata Batinmu, Temukan Kejanggalan dalam Foto Favorit Paranormal Ini

Pada awalnya, Robert Hunt, sang pembuat logo, merancang logo studio ini dengan memakai komputer. Namun, berhubung Spielberg merasa kurang puas dengan nuansa digital pada logo tersebut, ia pun meminta Hunt untuk membuatnya ulang dengan memakai gambar yang dibentuk dengan tangan. Robert Hunt pun menyanggupi seruan itu dan melukis anaknya sendiri, William Hunt, sebagai model untuk lukisannya.

2.

Paramount Pictures

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Gunung Ben Lamond di Utah, Amerika Serikat, dijadikan sebagai model untuk logo studio ini. | www.yukepo.com

Paramount Pictures ialah studio film tertua di Amerika Serikat. Selama perjalanannya, mereka sudah dikenal betul dengan ciri khas logonya yang menampakkan gunung bersalju yang puncaknya seolah dilingkari dengan bintang-bintang berwarna emas. Gunung yang dijadikan sebagai logo studio ini ialah Gunung Ben Lomond yang berada di Utah.

Sementara itu, bintang-bintang berwarna emas pada logo Paramount melambangkan jumlah pemain film atau aktris Hollywood yang terikat kontrak dengan Paramount.

Baca juga: 10 Kalimat Perpisahan dari Para Tokoh Dunia Ini Bikin Kamu Segera Tobat

Dulunya, jumlah bintang Paramount berjumlah 24. Namun, ketika ini bintang yang terlihat hanya berjumlah 22 saja. Alasan di balik dihilangkannya dua bintang yang ada di logonya belum diklarifikasi sampai ketika ini.

3.

20th Century Fox

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Logo yang musik pengiringnya gampang diingat. | www.yukepo.com

Twentieth Century Pictures resmi bergabung dengan Fox Film Corporation pada tahun 1935 sehingga nama mereka menjelma Twentieth Century Fox Pictures. Logo studio ini dilukis pada tahun 1933 oleh Emil Kosa. Jr. Namun, logo ini benar-benar menjadi sangat ikonik sesudah kemunculannya dalam film disertai juga dengan musik orkestranya yang megah.

Musik ini seringkali diaransemen pula dengan menyesuaikan nuansa film yang sedang ditayangkan, contohnya ibarat pada pembukaan film The Simpsons. Musik instrumental yang sangat gampang diingat orang itu digubah oleh Alfred Newman.

4.

Metro Goldwyn Mayer (MGM)

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Ada 7 singa yang disiapkan untuk pengambilan gambar ini. | www.yukepo.com

Foto di atas menyampaikan bahwa MGM memakai singa sungguhan untuk menciptakan logo perusahaan mereka mengingat pada ketika studio film ini didirikan, teknologi untuk mencapai perancangan animasi digital yang realistis belum terlalu mumpuni ibarat sekarang.

Baca juga: 7 Hantu nggak Terkenal Tapi Sangat Menyeramkan di Indonesia

Sempat ada rumor yang menyampaikan bahwa MGM mencambuk singanya semoga ia mengaum ibarat yang terlihat dan terdengar pada pembukaan film-film mereka. Namun, MGM menampik isu tersebut sebagai isapan jempol belaka.

5.

Warner Bros

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Studio ini sudah mengganti logonya berkali-kali sepanjang perjalanannya. | www.yukepo.com

Seperti yang terungkap dari makna nama perusahaannya sendiri, studio film ini didirikan oleh Warner bersaudara, di antaranya ada Albert Warner, Harry Warner, Sam Warner, dan Jack Warner. Terhitung semenjak tahun 1923, Warner Bros sudah mengganti logonya sebanyak 13 kali.

Di setiap filmnya pun Warner Bros kerap mengganti tema-tema kemunculan logonya dengan menyesuaikan nuansa film yang sedang ditayangkan. Misalnya, kalau filmnya bernuansa gelap, biasanya kemunculan logo Warner Bros akan dilatari oleh langit yang gelap.

Baca juga: Mitos Mistis Tentang Burung Hantu dari Beragam Bangsa

Salah satu huruf fiktif dari Warner Bros, Bugs Bunny, pun sering dimunculkan di samping logonya. Hal itu mungkin dipengaruhi oleh masa-masa awal kelahiran Warner Bros yang kesulitan untuk menarik minat artis-artis terkenal.

Sehingga Warner bersaudara tetapkan untuk menjajal segmen film animasi terlebih dahulu, dan salah satunya ialah Looney Toones yang menghadirkan sosok Bugs Bunny.

Metode itu rupanya cukup berhasil, dan Bugs Bunny yang sering muncul di samping logo Warner Bros mungkin dapat dianggap sebagai monumen pengingat akan masa-masa sulit mereka yang diselamatkan oleh tokoh Bugs Bunny.

Baca juga: Deretan Foto Hantu yang Berani Menampakkan Diri di Siang Bolong

6.

Columbia Pictures

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Sebelumnya, perempuan di logo studio ini memegang bendera sebelum diganti dengan obor. | www.yukepo.com

Pada awalnya, logo Columbia Pictures dibentuk dengan menyewa jasa seorang model perempuan yang memegang bendera Amerika. Namun, para penikmat film menganggap logo itu terlalu kuno, sebelum SONY membeli Columbia Pictures pada tahun 1989 dan mengganti logonya dengan yang baru. Logonya kini masih menampakkan sosok wanita, namun benderanya diganti dengan obor.

7.

Walt Disney

Logo dapat dianggap sebagai gambaran yang paling pertama kita perhatikan ibarat halnya wajah.
Kastil di logo Disney rupanya diambil dari salah satu film mereka. | www.yukepo.com

Kastil megah yang melatari goresan pena Walt Disney pada logo studio film ini diambil dari salah satu bentuk kastil yang ada di film mereka, yaitu Sleeping Beauty. Namun, pada tahun 2006, Disney mengganti desain kastilnya dengan desain kastil 3D yang kini dapat kau lihat di setiap pembukaan film-film mereka.

Artikel Lainnya

Itulah beberapa kisah menarik di balik pembuatan logo-logo studio film yang popularitasnya sudah mencapai kelas dunia. Logo-logo yang mereka gunakan sudah sangat tertanam di benak banyak orang semenjak bertahun-tahun yang lalu. Sehingga logo-logo mereka rasanya sudah bukan lagi jadi milik perusahaannya sendiri, melainkan juga seolah dimiliki banyak orang.

Tags :