Geger Kepala Desa Di Bone Ngaku Temukan Harta Karun Soekarno, Ini Klarifikasi Polisi!

Geger Kepala Desa di Bone Ngaku Temukan Harta Karun Soekarno, Ini Penjelasan Polisi!

Kepala desa temukan harta karun peninggalan Soekarno
Kepala desa temukan harta karun peninggalan Soekarno | news.okezone.com

Kepala desa sengaja buat dongeng karangan inovasi harta karun

Warga Bone, Sulawesi Selatan digegerkan dengan inovasi harta karun yang terpendam di kebun milik kepala desa. Kabar tersebut pribadi tersebar dan menciptakan warga berdatangan ke lokasi penemuan. Terlihat puluhan batang emas dan juga koin emas yang diduga peninggalan Presiden Soekarno.

Polisi menilik inovasi harta karun ini dan memastikan jikalau hal tersebut hanyalah dongeng karangan dari pemilik tanah yang tak lain ialah kepala desa setempat.

1.

Temukan puluhan emas batangan

Kepala desa temukan harta karun peninggalan Soekarno
Harta karun yang ditemukan Sudirman | news.okezone.com

Dilansir dari Liputan6.com, Rabu (27/11/19), warga Desa Pinceng Pute, Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dihebohkan dengan inovasi harta karun berupa batangan logam dan potongan koin berwarna kuning keemasan.

“Yang pertama kali menemukannya ialah Kepala Desa Pinceng Pute, namanya Sudirman,” kata Andi Yusril, warga setempat, Rabu, (27/11/19).

Baca juga: Deretan Kasus Genosida yang Pernah Terjadi di Indonesia

Harta karun tersebut ditemukan di lahan kosong milik kepala Desa Pinceng Pute, Sudirman. Harta karun itu ditemukan sendiri oleh Sudirman dan menduga jikalau emas batangan dan koin itu merupakan peninggalan Presiden pertama RI, Soekarno. Dilihat dari batangan emas dan lambang di koin tersebut terdapat gambar Soekarno.

2.

Mendapat petunjuk lewat mimpi

Kepala desa temukan harta karun peninggalan Soekarno
Ilustrasi harta karun | www.liputan6.com

Sudirman mengaku kepada warga jikalau dirinya menerima petunjuk lewat mimpi terkait inovasi harta karun tersebut. Tak hanya itu, Sudirman juga menyebut jikalau di tanah miliknya itu masih terdapat banyak harta karun yang masih tertimbun. Untuk menggali harta karun tersebut, berdasarkan Sudirman harus dilakukan ritual terlebih dahulu.

“Dia mengaku kalau di situ masih banyak emas lagi, tapi harus pakai ritual dulu,” terperinci Yusril.

Baca juga: CCTV ini Rekam Penampakan Hantu Kuyang, Warga Rame-rame Serang Pakai Sapu Lidi

Penemuan harta karun ini seketika hingga di pendengaran para kolektor luar negeri. Warga pun terus berdatangan melihat lokasi penemuan. Sebelum menemukan harta karun itu, Sudirman harus menyembelih tujuh ekor kambing dan juga kuda.

“Ramai alasannya ialah digelar ritual Mappadekko dengan menyembelih tujuh ekor kambing dan kuda. Pak Sudirman yang pimpin langsung, ada juga kolektor barang antik dari Malaysia yang datang, entah Dato siapa namanya,” imbuhnya.

3.

Hanya info bohong

Kepala desa temukan harta karun peninggalan Soekarno
Penampakan harta karun yang ditemukan Soedirman | www.liputan6.com

Warga sekitar mempercayai inovasi harta karun tersebut. Kabar tersebut semakin tersebar hingga menarik perhatian kepolisian setempat. Sudirman lalu dimintai keterangan oleh polisi. Sudirman mengaku ke polisi jikalau inovasi harta karun tersebut ialah dongeng karangan yang sengaja ia buat.

Baca juga: Gara-gara Bedak Ketiak, Gadis Indonesia Dikira Bawa Narkoba hingga Ditahan Polisi Singapura

“Setelah dikroscek kita panggil kepala desanya, minta dilihat barangnya memang betul ada. Tapi itu karang-karangan sudah niscaya hoax,” kata Kasat Intel Polres Bone AKP Surahman, Rabu (27/11/2019).

Sudirman menyampaikan jikalau harta karun tersebut merupakan milik temannya. Ia sendiri sengaja menciptakan dongeng bohong untuk menarik orang yang akan membeli tanahnya. Namun perjuangan Sudirman justru gagal dan harus menanggung malu.

“Ada tamu kehormatan dari Jakarta, beliau dongeng lagi soal mimpinya. Puncaknya kemarin itu waktu ada pesta rakyat, supaya tamu ini tertarik untuk membeli, ternyata tidak tertarik alasannya ialah beliau melihat ini bukan emas,” pungkas Surahman.

Artikel Lainnya

Hoaks yang sengaja dibentuk oleh kepala desa ini menciptakan warga kecewa dan kesal. Warga sendiri tak menyangka jikalau Sudirman akan melaksanakan kebohongan hanya untuk menarik pembeli lahan miliknya.

Tags :