Idul Adha 2020, Bolehkah Patungan Binatang Qurban ?


, Pasti kau sedang bertanya-tanya perihal apakah boleh patungan hewan qurban, Jika iya maka kau berada di situs yang tepat, karena pada kali ini aku akan membahasnya.

Jawaban pertanyaan ini saya ambil dari postingan Aksi Cepat Tanggap Nusa Tenggara Barat di halaman Facebook.

Berikut…

Bolehkah Patungan Hewan Qurban ?

Nah pastinya kamu bertanya-tanya apakah Syariat, Memperbolehkan patungan patungan membeli binatang Qurban ? Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni menjelaskan bahwa lebih banyak didominasi Ulama setuju berqurban dengan cara patungan diperbolehkan.
Syaratnya, hewan yang dikurbankan yaitu sapi, kerbau atau unta dengan jumlah maksimal akseptor 7 orang. Hal sesuai dengan Hadist :
Dari Jabir bin Abdillah Ra. Ia berkata, ” kami pernah berqurban (melakukan nahr atau penyembelihan) bersama Nabi Shalallahu alaihi wassalam pada tahun Hudaibiyah, yakni kami berqurban untuk unta dengan patungan tujuh orang.” Diriwayatkan oleh Muslim. (HR. Muslim No. 1318). 
Dalam hadits diatas dijelaskan bahwa diperbolehkannya ibadah qurban untuk dilakukan secara bantu-membantu atau kolektif, dengan berqurban sapi atau unta.
Nah jadi jikalau kau melakukan ibadah qurban bersama keluarga atau saudara, dengan maksimal 7 orang, mampu loh.
Untuk itu, bagi kamu yang mau melakukan ibadah qurban tahun ini, alangkah baiknya kau persiapkan semuanya dari sekarang.
Bagi kamu yang gak mau ribet dan mau melaksanakan ibadah Qurban mudah dan berkah, kamu bisa loh berqurban  bersama Global Qurban, di GlobalQurban.com.

Penutup

Nah itulah postingan ku yang berjudul Idul Adha 2020, Bolehkah Patungan Hewan Qurban?, Semoga bisa bermanfaat ya. Aamiin.
Sumber Jawaban : FB – Aksi Cepat Tanggap Nusa Tenggara Barat.