Inilah 7 Profesi Ilmuwan Yang Dianggap Paling Aneh

Inilah 7 Profesi Ilmuwan yang Dianggap Paling Aneh

profesi ilmuwan teraneh
Profesi Ilmuwan yang Dianggap Aneh | www.pexels.com

Terapis tertawa? Pemerah ular? Mungkin profesi tersebut terdengar sedikit aneh. Tapi nggak sembarang orang sanggup melakoninya lho!

Mendengar kata “ilmuwan” niscaya yang terbayang di benak kita yaitu seseorang yang super pintar, punya otak encer, suka nongkrong di laboratorium, dan hobi pake seragam putih panjang alias jas lab.

Emang sih, profesi di bidang sains ini terlihat sangat keren dan oke. Tapi siapa sangka, ternyata para ilmuwan ini juga mempunyai beberapa jenis pekerjaan yang cukup unik dan absurd lho!

Berikut 7 profesi absurd para ilmuwan sains:

1. Desainer kembang api

profesi ilmuwan teraneh
Hasil rancangan ilmuwan kembang api | www.pexels.com

Di balik kilau dan kerlap-kerlip kembang api, ternyata ada jasa dari para ilmuwan sains. Uniknya, mereka bukan hanya menentukan bahan-bahan pembuatan kembang api yang tidak berbahaya, tetapi juga mendesain kembang api semoga tampak menarik.

Tugas mendesain kembang api ini dilakukan oleh para jago kimia. Mereka harus sanggup menentukan materi kimia yang berpotensi mengeluarkan warna indah ketika dipanaskan.

Misalnya, senyawa tembaga yang menghasilkan warna biru ketika dibakar, senyawa strontium melepaskan rona merah, dan natrium berkobar kuning cerah.

Perancang kembang api ini tentunya bukan sembarangan ilmuwan. Syaratnya, orang tersebut harus mempunyai gelar master atau Ph.D. dalam kimia. Kaprikornus jikalau nilai IPA-mu masih berantakan, kau nggak akan sanggup jadi desainer kembang api berstandar internasional.

2. Psikolog ruang angkasa

profesi ilmuwan teraneh
Luar angkasa | www.pexels.com

Menjadi psikolog bukanlah profesi yang mudah, apalagi psikolog ruang angkasa. Tentunya kau harus hafal dan mengerti seluk-beluk luar angkasa. Hmm, kebayang nggak sih betapa ribetnya?

Nah, ternyata profesi ribet ini juga ditekuni oleh para ilmuwan sains. Tugas psikolog ruang angkasa yaitu menunjukkan rekomendasi dan saran kepada para astronot semoga perjalanan ke luar angkasa menjadi lancar.

Selain itu, mereka juga menunjukkan info perihal kondisi di ruang angkasa, cara tidur, pup, makan, dan sebagainya.

Meski terdengar sedikit aneh, nyatanya profesi ini menjadi semakin ngetren dan penting ketika ini, mengingat banyaknya misi luar angkasa yang sedang gencar dilaksanakan. Salah satunya misi perjalanan ke Mars.

3. Seksolog

profesi ilmuwan teraneh
Profesi seksolog | www.pexels.com

Mendengar kata “Seksolog”, niscaya yang terlintas di pikiran kalian yaitu hal-hal yang sedikit sensasional. Memang benar, profesi ilmuwan yang satu ini bekerjasama dengan seks.

Jadi, para seksolog bertugas menunjukkan informasi, saran, dan ilmu pengetahuan seputar masa pubertas, orientasi seksual, dan cara bekerjasama seksualitas.

Profesi ini mengharuskan mereka memadukan beberapa bidang ilmu, yaitu biologi, psikologi, sosiologi, dan kedokteran. Selain itu, mereka juga mempelajari disfungsi sosial. Kaprikornus para seksolog ini nggak sembarangan memberi saran, lho!

4. Pemerah ular

profesi ilmuwan teraneh
ular | www.pexels.com

Kerjaan memerah sapi sih sudah biasa. Tapi gimana dengan memerah sanggup ular? Wah, tentu tidak biasa, bahkan sangat berbahaya!

Kenyataannya, ada loh profesi menyerupai ini. Para pemerah ular ini bertugas memerah racun atau sanggup dari ular, yang kemudian diolah di laboratorium menjadi debu beku kering.

Bubuk ini dipercaya ampuh untuk menangkal gigitan ular, mengobati serangan jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan pembekuan darah.

5. Ilmuwan fermentasi

profesi ilmuwan teraneh
Pakar fermentasi makanan | www.pexels.com

Kalian tentu sudah nggak asing dengan beberapa produk fermentasi, kan? Misalnya bir, anggur, roti, tape, acar, yogurt, dan sebagainya.

Memang, melaksanakan teknik fermentasi kelihatannya mudah. Tapi siapa sangka butuh ilmuwan juga untuk mempelajari prosesnya. Pada dasarnya, proses fermentasi ini berlangsung alasannya yaitu adanya kuman yang mengubah gula menjadi asam, gas, atau alkohol.

Nah, kiprah para ilmuwan di sini yaitu mempelajari bagaimana dan mengapa si kuman tersebut sanggup melaksanakan proses fermentasi.

Hmm, ribet juga ya? Hal sekecil itu pun harus diteliti.

6. Terapis tertawa

profesi ilmuwan teraneh
Membuat orang tertawa yaitu kiprah ilmuwan ini | www.pexels.com

Saat membaca sub-judul di atas, kalian niscaya kebingungan. Hah? Terapis tertawa? Apa bedanya dengan pelawak? Mana ada ilmuwan jadi pelawak?

Nah, jangan keburu galau dulu. Sebenarnya terapis tertawa dan komedian itu beda lho! Kalau komedian bikin ketawa orang dengan lawakan atau komedi. Sedangkan terapis tertawa tugasnya yaitu melatih seseorang untuk tertawa tanpa memakai lelucon.

Para ilmuwan ini berupaya semoga pasiennya sanggup selalu bahagia dengan cara ngajak si pasien untuk tertawa lepas layaknya bayi.

7. Skatologis

profesi ilmuwan teraneh
Ilmuwa skatologis | www.pexels.com

Skatologis, apaaan tuh? Skatalogis yaitu profesi yang bekerjasama dengan penelitian kotoran insan alias tinja. (aduh, ada-ada aja. Tinja pakai diteliti).

Tugas para ilmuwan di sini yaitu meneliti tinja insan guna membantu kemajuan dunia kedokteran. Salah satu penelitian yang berhasil yaitu transplantasi tinja yang dipakai untuk mengobati abses usus.

Artikel Lainnya

Gimana? Tertarik melakoni salah satu profesi di atas? Belajar IPA dengan rajin dulu, ya..