Inspirasi Nama Anak Wanita Jawa Yang Dijamin Nggak Pasaran

Inspirasi Nama Anak Perempuan Jawa yang Dijamin Nggak Pasaran

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Anak Perempuan Jawa Bermakna Dalam | keepo.me

Selipkan doa lewat nama anak perempuan Jawa berikut ini

Banyak orang Jawa yang mempunyai nama filosofis dan bermakna dalam. Entah itu diambil dari Bahasa Jawa sendiri ataupun dari nama tokoh di tanah Jawa. Semuanya mempunyai arti baik. Makna dari tiap namanya membawa doa tersendiri yang disematkan kepada buah hati.

Dengan menawarkan nama yang tepat, doa orang renta terbawa hingga si anak meninggal kelak. Besar cita-cita orang renta supaya si anak bisa jadi sosok yang mempunyai kegunaan bagi semua orang. Kalau kau mau memberi nama anak perempuan Jawa ke putri kesayangan, intip rekomendasi ini saja!

Nama anak perempuan Jawa yang sarat akan makna baik

Setiap nama perempuan Jawa dan artinya niscaya berbeda-beda. Tinggal kau ingin memberinya doa menyerupai apa lewat nama yang dipilih. Kamu bisa merangkai pilihan nama dari bahasa atau istilah lain yang juga bermakna baik.

1. Diajeng

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Diajeng | pixabay.com

Diajeng mempunyai makna putri bangsawan. Nama perempuan Jawa ningrat tersebut terbilang jarang digunakan walaupun artinya berkelas. Diajeng sendiri ialah salah satu gelar aristokrat Jawa yang memperlihatkan jikalau ia ialah generasi kedua hingga ketujuh dari pemimpin yang tengah memerintah.

Kamu bisa memberi nama si kecil dengan nama Diajeng. Dengan cita-cita biar nantinya ia bisa tumbuh menjadi insan yang berkelakuan sopan, ramah, dan tidak sombong terhadap semua orang.

2. Gayatri

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Gayatri | www.petacinta.com

Gayatri bermakna cerdas, sejahtera, dan rendah hati. Nama anak perempuan Jawa ini cocok diberikan dengan cita-cita nantinya ia akan bertumbuh sebagai insan yang bisa berpikir tepat. Anak tersebut juga dibutuhkan bisa selalu bersyukur dan hidup senang selamanya.

Nama Gayatri sendiri berasal dari Ratu Majapahit, yakni Ratu Gayatri Rajapatni yang rendah hati. Ia ialah istri Raden Wijaya, raja pertama Kerajaan Majapahit. Ia ialah sosok istri yang setia. Untuk itu kalau mau anakmu sehebat Ratu Gayatri, maka berikan saja nama perempuan Jawa kuno itu.

Baca juga: Aplikasi Nama Bayi yang Menginspirasi Para Calon Orangtua

3. Gendhis

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Gendhis | medium.com

Nama perempuan Jawa dan artinya yang tak kalah anti mainstream ini digunakan berasal dari materi makanan yakni gula. Gula dalam bahasa Jawa ialah gendhis. Makara nama itu cocok diberikan jikalau kau mengidamkan punya anak yang berparas semanis gula.

Gendhis juga merupakan sebuah nama anak perempuan Jawa yang kerap diidentikkan dengan perempuan yang lemah lembut dan cantik. Harus gembira dengan artinya ini, nih.

4. Isyana

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Isyana | www.netralnews.com

Menggunakan nama perempuan Jawa ningrat tersebut niscaya akan mengingatkanmu dengan Isyana Sarasvati. Semenjak penyanyi tersebut booming, nama Isyana memang naik daun. Di sisi lain, Isyana sendiri mempunyai arti sebagai perempuan yang tangguh.

Isyana sendiri ialah sebuah nama dari Ratu Kerajaan Medang yang berkuasa di tanah Jawa Timur. Nama aslinya ialah Sri Isyana Tunggawijaya. Ratu Sri Isyana ialah ratu yang hebat di mana ia menciptakan Kerajaan Medang terus berkembang sebelum digantikan putrinya.

Dengan menawarkan nama Isyana, muncul cita-cita biar si kecil bisa tumbuh menjadi perempuan yang berani menghadapi kerasnya kehidupan. Gunakan saja nama perempuan Jawa kuno tersebut kalau kau terinspirasi dengan sifat gigih Ratu Kerajaan Medang itu.

Baca juga: Anak Artis Ini Punya Nama dari Bahasa Sansekerta

5. Kenes

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Kenes | kronologi.id

Kenes ialah nama anak perempuan Jawa yang bermakna lincah dan menawan. Pasti semua ingin punya anak yang tumbuh aktif tanpa kendala bukan? Jika begitu maka kau bisa menggunakan nama yang berasal dari Bahasa Jawa orisinil tersebut.

Kamu bisa meletakkan nama tersebut baik di awal, tengah, atau di akhir. Nama perempuan Jawa dan artinya itu membawa doa supaya anak perempuanmu nantinya bisa tumbuh menjadi sosok yang gampang bergaul dengan siapa saja, aktif, dan lincah.

6. Manohara

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Manohara | www.liputan6.com

Pasti kalian pernah dengar nama Manohara Odelia Pinot? Wanita yang sempat heboh beberapa tahun silam alasannya ialah pernikahannya dengan tokoh besar Malaysia tersebut ternyata punya nama yang sarat akan makna.

Manohara ialah nama perempuan Jawa kuno yang berasal dari salah satu tokoh pewayangan yakni Dewi Manohara. Dewi Manohara merupakan istri kesayangan dari Dewa Arjuna. Tokoh tersebut terkenal sebagai dewi yang kecantikannya kolam lukisan indah.

Dengan cita-cita itu, kau bisa menggunakan nama anak perempuan Jawa tersebut supaya nanti anak itu bisa tumbuh menjadi sosok manis dan ramah yang menginspirasi banyak orang. Semoga ke depannya, putri kecilmu bisa tumbuh menjadi gadis yang jelita secantik bunga.

Baca juga: Nama Bayi Cewek di Jepang yang Paling Banyak Dipilih

7. Mirah

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Mirah | www.ngopibareng.id

Tak gila dengan nama Sedah Mirah Nasution? Itu ialah nama dari cucu perempuan Presiden Indonesia Joko Widodo, alias putri Kahiyang. Kamu bisa mengambil nama Mirah untuk buah hati tersayang.

Mirah di sini ialah Bahasa Jawa dari murah. Bukan melulu mengenai harga, tapi lebih kepada lapang dada membantu siapa saja. Dengan menawarkan nama Mirah, dibutuhkan anak tersebut nantinya akan selalu murah hati apapun yang terjadi.

Ia juga akan menjadi anak yang gampang dan tak segan untuk menolong orang lain yang membutuhkan bantuan. Filosofis sekali, ya!

8. Pembayun

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Pembayun | infobatik.id

Pembayun tergolong sebagai nama perempuan Jawa ningrat. Nama itu dahulu kala disematkan kepada putri pertama raja yang telah menikah. Gelar itu menjadi penghormatan bagi orang-orang dalam lingkungan bangsawan.

Sapaan tersebut kemudian digunakan oleh kalangan non kerajaan alasannya ialah keindahannya. Dengan menggunakan nama perempuan Jawa kuno tersebut, dibutuhkan buah hati perepuanmu kelak menjadi perempuan anggun yang bersahaja. Mirip dengan putri Keraton!

Baca juga: Inspirasi Nama Bayi Islami yang Cocok untuk Buah Hati

9. Shima

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Shima | kalinnacheff.com

Shima ialah nama dari ratu penguasa Kerajaan Kalingga yang hidup di pantai utara Jawa Tengah di 674 Masehi. Ia memimpin kerajaan semenjak kepergian sang suami, Raja Kartikeyasinga. Dengan begitu, Ratu Shima mendapat gelar Sri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara.

Ratu Shima merupakan sosok yang tegas dan bisa memimpin rakyatnya dengan adil. Ia berhasil membawa Kerajaan Kalingga hingga ada di masa keemasan. Ia juga berperan penting dalam perkembangan budaya dan agama. Tak heran jikalau ia dicintai rakyatnya.

Sebenarnya, andal bahasa belum mengkaji secara detail makna nama Shima. Namun, kau bisa menggandakan dari segi perilaku tegasnya. Untuk kau yang ingin punya anak dengan huruf tegas dan berakal memimpin, beri saja nama Shima!

Baca juga: Netizen Minta Izin Pakai Nama Anak Selebriti Ini. Sebuah Sindiran?

10. Suhita

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa
Nama Suhita | www.winnetnews.com

Rekomendasi nama perempuan Jawa dan artinya selanjutnya ialah Suhita. Suhita ialah Ratu Majapahit yang memerintah pada 1427 hingga 1447 Masehi bersama sang suami Bhra Hyang Parameswara Ratnapangkaja. Ratu yang luar biasa manis ini mulai memimpin kerajaan semenjak usia 20 tahun.

Walaupun relatif muda, ia menunjukan kemampuan kepemimpinannya. Berkat kegigihannya, ia bisa menciptakan kerajaan makin berkembang. Sama dengan sifat gigihnya, dengan memberi nama perempuan Jawa ningrat tersebut pada buah hati, tersemat doa biar kelak ia menjadi orang yang gigih dan pekerja keras.

Artikel Lainnya

Belasan nama anak perempuan Jawa itu bisa menginspirasi para calon ibu untuk menyematkan nama terbaik untu buah hatinya. Karena nama ialah doa, maka kau sanggup panjatkan doa sebaik-baiknya lewat nama yang dipilih.