Jadi Tersangka Penipuan Visa Haji 1,9 Milyar, Polisi Tahan Buchari Muslim Pendiri Pa 212!

Jadi Tersangka Penipuan Visa Haji 1,9 Milyar, Polisi Tahan Buchari Muslim Pendiri PA 212!

Pendiri PA 212 Buchari Muslim Ditahan Polisi
Jutaan orang dalam Aksi Reuni 212 tahun 2018 di daerah Monas. | www.liputan6.com

Semoga tidak ada demo berjilid-jilid…

Pihak kepolisian Polda Metro Jaya resmi melaksanakan penahanan pada salah satu pendiri PA 212 Buchari Muslim sehabis tersandung kasus penipuan visa haji senilai Rp 1,9 Milyar.

Kini, pihak kepolisian juga sudah memutuskan status Buchari Muslim sebagai tersangka dan akan dilakukan penyelidikan terkait kasus yang menimpnya.

Lalu, bagaimana kronologi sampai hasilnya pendiri PA 212 Buchari Muslim ditahan pihak kepolisian?

1.

Tawarkan visa haji furodah

Pendiri PA 212 Buchari Muslim Ditahan Polisi
Sosok Pendiri PA 212 Buchari Muslim. | batam.tribunnews.com

Dilansir dari detikcom, Jum’at (5/4), Buchari Muslim melaksanakan modus penipuan dengan memanfaatkan jasa pengurusan visa haji furodah pada korban berjulukan Jamaludin.

Padahal dikala itu kuota haji sudah habis. Namun, alasannya ialah sosok Buchari yang dikenal sebagai ulama dan sering melaksanakan ceramah, menciptakan korban tetap percaya.

“Tapi kuota haji dikala itu sudah habis, sehingga terlapor mengatakan bahwa sanggup membantu untuk mengurus visa haji furodah untuk haji,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono.

2.

Serah terima uang 1,9 Milyar

Pendiri PA 212 Buchari Muslim Ditahan Polisi
Kadiv Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Argo Yuwono | www.liputan6.com

Polisi pun mengungkapkan kalau transaksi antara korban dan tersangka terjadi di dalam kendaraan beroda empat milik Buchari di depan kantor kedutaan.

Korban pun menyanggupi dengan mengatakan uang sejumlah USD 136.500 atau sekitar 1,9 miliar beserta 27 buah paspor jamaah.

Sayangnya, dikala transaksi itu dilakukan tanpa tanda terima sama sekali. Buchari pun menjanjikan pada korban kalau visa haji furodah akan selesai dalam tempo waktu 3 hari saja.

3.

3 hari tak ada kabar

Pendiri PA 212 Buchari Muslim Ditahan Polisi
Penahanan pendiri PA 212 Buchari Muslim dikarenakan penipuan pengurusan visa haji. | setkab.go.id

Setelah 3 hari berselang, Buchari Muslim menghilang tiada kabar. Korban pun mencoba untuk meminta seseorang berjulukan Syeikh Ali Jabber supaya menjadi saksi dan menciptakan tanda terima pada Buchari Muslim.

Namun, meskipun sudah dibentuk bukti kesepakatan tanda terima uang pengurusan visa haji. Korban tak kunjung medapatkan kejelasan terkait visa haji yang dijanjikan.

Saat dilakukan investigasi awal, Buchari pun tidak mengakui telah mendapatkan uang USD 136.500 dari korban. Buchari hanya mengakui mendapatkan 27 paspor dari korban.

4.

Polisi menetapkan tersangka

Pendiri PA 212 Buchari Muslim Ditahan Polisi
Tokoh PA 212 Eggi Sudjana akan memberi proteksi aturan pada Buchari Muslim. | www.cnnindonesia.com

Buchari Muslim pun harus berurusan dengan pihak kepolisian sehabis dirinya melaksanakan penipuan visa haji dengan nilai 1,9 milyar.

Pihak kepolisian pun memutuskan untuk menaikan status terlapor pada Buchari menjadi tersangka sehabis mendapatkan keterangan dari para saksi dan korban.

“Kemudian saksi semua dipanggil dimintai keterangan, sehabis dilakukan gelar kasus dinaikan (status) terlapor jadi tersangka,” terang Komisaris Besar Argo.

Polisi juga mengungkapkan Buchari Muslim akan mendapatkan proteksi aturan dari tokoh PA 212 Eggi Sudjana.

Artikel Lainnya

Kasus penipuan visa haji yang dilakukan pendiri PA 212 ini kalau terbukti benar, terang sungguh sangat menyedihkan. Menggunakan kedok ibadah untuk sanggup mendapatkan laba dan mengkhianati kepercayaan dari umat Muslim.

Semoga polisi sanggup menegakkan aturan dan menuntaskan kasus penipuan visa haji ini dengan tegas dan tepat.