Jangan Pernah Unggah Foto Tiket Pesawat Di Media Sosial, Ini Akibatnya!

Jangan Pernah Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial, Ini Akibatnya!

jangan unggah tiketmu di medsos
www.keepo.me

Narsis sekarang, menyesal belakangan..

Siapa sih yang nggak pernah naik pesawat? Semua orang niscaya pernah, apalagi soal tiket pesawat atau yang biasa dikenal dengan sebutan boarding pass, kita semua niscaya pernah memilikinya bukan?

jangan unggah tiketmu di medsos
www.keepo.me

Pasti di antara kalian pernah menjumpai foto boarding pass di media sosial, entah milik orang tak dikenal atau milik salah satu temanmu.

Mau narsis sih boleh-boleh aja tapi jangan kelewatan. Tidak jarang kita jumpai warga media umum yang dengan bangganya mengunggah foto boarding pass ini. Nggak percaya? Cek hastag instagram #boardingpass.

Di situ berjibun foto-foto boarding pass dari aneka macam penerbangan di seluruh dunia. Hmmm… Sebenarnya tanpa kita sadari upload foto beginian juga mempunyai segudang risiko. Lho kenapa?

Menyimpan identitas diri

narsis tiket pesawat
www.keepo.me

Menurut pakar keamanan siber Brian Krebs, boarding pass yang kau pamer-pamerkan di media umum itu menyimpan identitas pribadimu, tanpa terkecuali, kegiatan penerbangan (kedatangan, kebarangkatan) sampai maskapai yang kau tumpangi selama perjalanan.

jangan unggah tiketmu di medsos
www.keepo.me

Krebs menambahkan, melalui boarding pass, kita pun dapat mempunyai kanal ke salah satu pemilik boarding pass tersebut. Gilanya lagi, kita juga dapat melihat penerbangan di masa yang akan tiba melalui nomor boarding pass yang telah terdaftar.

Coba kau banyangkan, jikalau ada orang yang ingin jahat ke penumpang terpilih, hal itu dapat dilakukan dengan mudah, ungkap Krebs.

Rawan dijadikan alat kejahatan

Sekali lagi, boarding pass menyajikan detail info penerbangan penumpang. Bisa jadi alasannya ialah info itu ada orang yang menghubungi pihak maskapai untuk menunda atau membatalkan perjalanan. Apes bagi calon penumpang yang “dijahilin” menyerupai itu.

Artikel Lainnya

Sudah sewaktunya kita lebih peduli dengan hal-hal sepele menyerupai ini. Memang sih pamer itu hak setiap individu. Tapi demi keamanan alangkah baiknya kita lebih waspada terhadap apa yang akan kita bagikan ke khayalak umum.

Kalau masih kebelet pengen pamer ya saran saja; foto pada bab nama saja itu sudah cukup, oke! Bagaimana menurutmu?