Jika 6 Kota Mitologi Ini Benar-Benar Ada, Maka Dunia Tidak Akan Ibarat Sekarang

Jika 6 Kota Mitologi Ini Benar-Benar Ada, Maka Dunia Tidak Akan Seperti Sekarang

kota mitologi
Kota-kota Mitologi | www.ancient-origins.net

Jika 6 Kota Mitologi Ini Benar-Benar Ada, Maka Dunia Tidak Akan Seperti Sekarang

Kota Atlantis yaitu salah satu “The Lost City” paling populer sebab kemajuan peradabannya dan teknologi tingkat tinggi. Tapi hingga ketika ini, keberadaannya belum sanggup dipastikan 100% dan banyak yang menganggapnya sebagai mitos.

Banyak kisah kota-kota mitologi yang sebagian besar dipercaya pernah ada di dunia namun kini dianggap sudah punah sebab banyak sekali macam hal. Selain kota Atlantis ada juga El Dorado, kota yang diselimuti emas.

1.

Atlantis: Kota Berperadaban Tinggi

kota mitologi
Atlantis | coolinterestingstuff.com

Ada banyak versi berbeda-beda perihal kisah kota yang hilang Atlantis. Semuanya mempunyai kesamaan bahwa kota ini berteknologi canggih, punya kekayaan alam melimpah, dan rakyatnya makmur sentosa.

Atlantis sendiri pertama kali disebut Plato dalam bukunya; Timaeus dan Critias. Dalam catatannya, Plato menyebutkan bahwa Atlantis berada “di seberang pilar-pilar Herkules”, merupakan kota dengan peradaban yang sangat canggih dan mempunyai angkatan bahari andal yang telah menaklukan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM.

Menjelang perang melawan Yunani, tiba-tiba Atlantis diguncang gempa bumi dan dilanda banjir. Tidak hingga sehari semalam, negara besar berperadaban tinggi ini amblas ke dalam samudra, lenyap tak bersisa. Kisah wacana keberadaan daratan Atlantis memang masih menjadi perdebatan, antara benar-benar ada atau cuma sekadar kisah fiksi semata.

Dari beberapa representasi, ada yang menyampaikan bahwa Indonesia yaitu Atlantis. Hal ini dikarenakan sebab kekayaan alam di Indonesia ibarat mirip dalam kisah kota hilang tersebut. Dikatakan pula Indonesia yang merupakan negara kepulauan dulunya merupakan satu kesatuan daratan yang terpecah akhir gempa bumi dan tsunami.

Selain itu, dibuktikan pula dengan keberadaan peninggalan-peninggalan sejarah yang masih ada hingga kini di Indonesia, ibarat Candi Borobudur yang dibangun dengan bentuk simetris, dan situs Gunung Padang yang diyakini sebagai piramida terbesar di dunia.

Peninggalan-peninggalan tersebut kalau dipikir dengan logika sehat tampaknya sulit dibangun tanpa adanya teknologi yang canggih.

2.

El Dorado: Kota Berbalut Emas

kota mitologi
El Dorado | historycollection.co

El Dorado merupakan nama sebuah kota mitologi di Amerika Selatan yang terbuat dari emas. Kisahnya bermula ketika Christopher Colombus menemukan benua Amerika dan mengabarkan wacana dunia gres yang kaya akan emas.

Tidak usang kemudian, penjelajah Spanyol mulai memasuki benua ini untuk mencari emas, mereka menemukan artefak dari emas di sebuah hutan di Amerika Selatan.

Di samping itu, penjelajah Spanyol juga menerima gosip penting dari salah satu suku di wilayah Bogota, yaitu wacana keberadaan kerajaan yang sangat kaya akan emas, bahkan badan rajanya sendiri konon diselimuti serbuk emas dan berenang di danau emas.

Dari gosip tersebutlah maka kota itu dinamakan El Dorado yang berarti Manusia Bersepuh Emas. Kota emas tersebut mengundang penjelajah untuk terus melaksanakan pencarian, bahkan Danau Guatavita yang diduga merupakan lokasi dari kota El Dorado pun dikeringkan.

Hasilnya, selain memakan banyak korban ditemukan sedikit sisa emas, namun kota yang dicari tidak berhasil ditemukan.

Tapi pada tahun 1969 ada secercah impian wacana keberadaan kota emas tersebut, pekerja yang sedang melaksanakan penggalian di sebuah gua kecil di bersahabat Bogota tanpa sengaja menemukan sebuah patung emas.

Patung itu berbentuk rakit dengan figur kepala suku dan delapan laki-laki yang sedang mengayuh di atasnya. Bentuk patung ini segera mengingatkan para peneliti dengan ritual El Dorado yang telah diceritakan selama ratusan tahun.

Tapi wacana keberadaan Kota Emas Eldorado hingga kini tetap menjadi misteri, apakah benar ada atau hanya hisapan jempol semata.

3.

Asgard: Kota Para Dewa

kota mitologi
Asgard | www.walpapercave.com

Buat kalian yang pernah menonton film Thor yang diproduksi Marvel niscaya tahu wacana Asgard, sebuah kota di atas langit yang sangat indah yang dihuni oleh para dewa.

Menurut legenda masyarakat Eropa Utara, Asgard merupakan rumah para ilahi Nordik dan rumah untuk Odin Raja para Dewa dan ayah dari Thor Dewa Petir dalam mitologi Nordik.

Kisah wacana Asgard bersumber dari prosa Edda yang ditulis pada era ke 13, diceritakan kota tersebut merupakan kota berdarah di mana penduduknya saling membunuh untuk menunggu Ragnarok atau perang simpulan dunia. Selama pertempuran tersebut Asgard hancur dan karam ke laut.

4.

Shambala: Kota Penuh Kedamaian Yang Tersembunyi

kota mitologi
Shambala | www.keepo.me

Shambala merupakan kisah mitologi yang berasal dari Tibet. Shambala sendiri merupakan sebuah kerajaan diam-diam tersembunyi yang terletak di antara pegunungan es Himalaya.

Nama Shambala sendiri disebutkan dalam banyak sekali teks kuno ibarat Kalachakra dan teks budaya kuno Zhang Zhung yang muncul sebelum Buddha Tibet berada di wilayah barat Tibet. Literatur suci Bon yang ditulis tangan oleh bangsa Tibet kuno juga menyebutkan tempat yang hampir serupa namun diberi nama Olmolungring.

Di tempat ini diceritakan sebagai tempat yang penuh kedamaian, ketenangan, dan kebahagiaan. Lokasi Shambala sendiri masih menjadi misteri dan menjadi perdebatan, ada pemahaman yang menyampaikan kalau Shambala tidak mempunyai lokasi fisik namun hanya sanggup dicapai melalui pikiran yang suci.

Menurut teks kuno Zhang Zhung, tertulis letak Shambala berada di Lembah Sutlej Valley di wilayah Himachal Pradesh, sedangkan orang Mongol menyampaikan kalau letak dari Shambala berada di lembah-lembah cuilan selatan Siberia.

5.

Ys: Kota Dengan Konstruksi Mengagumkan Di Eropa

kota mitologi
Ys | wallpapercave.com

Kota Ys berasal dari kisah mitologi Perancis, Ys yaitu sebuah kota yang dibangun oleh Raja Cornouaille yang memerintah kerajaan Gradlon. Kota ini sendiri yaitu hasil undangan Sang Putri berjulukan Dahut. Ys konon terletak di bersahabat teluk di kota Dournenzez.

Bentuk dari bangunan ini sendiri sangat mengagumkan, sehingga tak hayal membuatnya menjadi paling indah dan menawan di daerah Eropa. Tapi sayangnya keindahan dan kemegahan kota ini dirusak oleh kelakuan Sang Putri, Dahut sering melaksanakan pesta dan perbuatan yang menyimpang, dan kejamnya beliau sering memerintahkan pengawalnya untuk membantai para kekasihnya.

Tapi itu tidak berlangsung lama, hingga risikonya ombak besar meluluhlantahkan kota yang fenomenal ini. Kota Ys beserta penduduknya risikonya karam dan hilang untuk selamanya.

6.

Avalon: Kota Apel Tempat Terakhir Raja Arthur

kota mitologi
Kota Avalon | www.ancient-origins.net

Avalon merupakan kota dalam kisah mitologi rakyat Inggris. Kota ini merupakan tempat terakhir sebelum Raja Arthur dari Inggris meninggal dunia. Di tempat ini juga pedang legendaris, Exalibur milik Raja Arthur dibuat. Diceritakan pula kota ini populer juga sebab mempunyai buah apel dengan kualitas terbaik di dunia.

Artikel Lainnya

Itulah kota-kota mitologi yang dipercaya pernah ada di dunia. Benar tidaknya keberadaan kota-kota tersebut masih jadi perdebatan yang seru hingga sekarang. Mau percaya atau tidak, semua terserah kau sebagai pembaca.