Kasian! Derita 4 Jenis Kanker Sekaligus, Dongeng Bocah Yatim Piatu Ini Sungguh Menyentuh

Kasian! Derita 4 Jenis Kanker Sekaligus, Kisah Bocah Yatim Piatu Ini Sungguh Menyentuh

Bocah yatim piatu idap 4 jenis kanker
Bocah yatim piatu idap 4 jenis kanker | news.detik.com

Riqi tak pernah mengeluhkan sakit yang ia derita

Nasib malang menimpa seorang bocah berusia 9 tahun asal Banyuwangi. Bocah yatim piatu berjulukan Muhammad Riqi itu didiagnosis mengidap kanker dan tumor. Wajah Riqi membengkak ketika tumor dan kanker mulai menggerogoti tubuhnya.

Riqi yang harusnya sudah duduk di dingklik kelas IV SD itu hampir tak pernah mengenyam pendidikan alasannya kondisinya yang tak memungkinkan untuk bersekolah. Meski demikian, Riqi tampak selalu ceria menjalani hari-harinya.

1.

Bocah yatim piatu

Bocah yatim piatu idap 4 jenis kanker
Muhammad Riqi | news.detik.com

Dilansir dari Detik.com, Jumat (22/11/19), tingkah laris Muhammad Riqi bocah (9) asal Banyuwangi sekilas menyerupai bawah umur lainnya yang lincah dan ceria. Meski begitu, secara fisik, bocah yatim piatu itu diketahui mengidap tumor dan kanker di sekitar wajahnya.

Bocah asal Dusun Srampong, Desa Segobang, Kecamatan Licin, itu telah ditinggalkan kedua orangtuanya untuk selama-lamanya. Ayah Riqi diketahui meninggal dunia ketika Riqi masih dalam kandungan. Sementara sang ibu, Nurhayati meninggal dunia ketika Riqi masih balita.

Baca juga: Jadi Korban Bully di Sekolah, Gadis 12 Tahun Nekat Bunuh Diri

Setelah sang ibu meninggal, Riqi diasuh oleh Mbah Yuhani yang kini juga telah meninggal. Kini Riqi dirawat oleh anak Mbah Yuhani, Bu Sumiyah.

“Mulanya Riqi itu diasuhkan ke warga saya seorang nenek namanya Mbah Yuhani. Nah, kini Mbah Yuhani ini sudah meninggal. Yang merawat kini Bu Sumiyah istri Pak Slamet Mariyono yang anak dari Mbah Yuhani,” kata Siti, Jumat (21/11/2019).

2.

Gejala penyakit sudah ada semenjak kecil

Bocah yatim piatu idap 4 jenis kanker
Riqi ketika dijenguk pihak kepolisian | www.winnetnews.com

Siti Layinah (35), Kepala Dusun Srampong daerah Riqi tinggal kini mendampingi Riqi untuk berobat di Surabaya. Siti mengungkapkan bahwa gejala kelainan Riqi ini muncul semenjak Riqi masih kecil. Namun alasannya terhalang biaya, Riqi tak pernah dibawa ke dokter.

Baca juga: Kesal Wajahnya Mirip Mantan Suami, Ibu Ini Siksa Anak Balitanya

“Kalau tumornya itu masih barusan. Dulu jika semenjak lahir memang menyerupai itu ada kelainan (secara fisiknya) wajahnya menyerupai itu. Cuma dari Mbah Yuhani ndak mau jika Riqi ini mau diobati. Mungkin alasannya mbah ini nggak ada biayanya untuk berobat. Tapi waktu itu sudah ditangani oleh pemerintah desa, oleh puskemas segala macam. Tapi waktu itu mengobatinya nyuri-nyuri waktu alasannya Mbah Yuhani bilang nggak mau diobati,” terperinci Siti.

Penyakit tumor dan kanker yang menggerogoti badan mungilnya itu tak menghalangi Riqi untuk beraktivitas menyerupai anak seumurannya. Ia tetap ceria dan aktif menjalani kesehariannya.

Baca juga: Tak Didampingi Suami Saat Melahirkan, Wanita Ini Kaget Malah Mantan yang Datang

“Kalau keluhan itu ndak ada. Karena sudah bawaan semenjak lahir. Kaprikornus beliau tidak mencicipi sakit atau mengeluh. Nanti jika ditanya yang sakit yang mana? Dia jawab ndak ada,” imbuh Siti.

3.

Tak pernah bersekolah

Bocah yatim piatu idap 4 jenis kanker
Muhammad Riqi | news.detik.com

Riqi yang seharusnya sudah duduk di dingklik kelas IV SD ini terpaksa tak sanggup mengenyam pendidikan. Riqi sebelumnya pernah disekolahkan di PAUD namun hanya bertahan beberapa hari alasannya Mbah Yuhani tak mau Riqi bersekolah.

Baca juga: Fakta Dibalik Sosok Budi Setiawan, Trader Handal yang Kaprikornus Pembicaraan Netizen

“Iya, pernah. Dulu sekitar tahun 2017, jika nggak salah, pernah sekolah 2 hari apa 3 hari sekolahnya ke saya sendiri. Saya kan juga ngajar di PAUD. Saya ngajar di TK. Kalau nggak salah nggak hingga 1 ahad si mbahnya itu nggak mau si Riqi ini sekolah,” kata Siti.

Atas larangan Mbah Yuhani, balasannya Riqi tak melanjutkan sekolahnya. Alasan Mbah Yuhani melarang Riqi bersekolah alasannya ia kerap diejek oleh teman-temannya.

“Katanya ditertawakan oleh temannya. Padahal itu tidak. Mbahnya ini sendiri yang nggak mau. Aslinya anaknya semangat-semangat saja,” tutur Siti.

Artikel Lainnya

Kini Riqi sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit dr Soetomo, Surabaya. Beruntung Riqi menerima pertolongan penuh dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Ditambah lagi banyak pertolongan dari masyarakat yang berharap Riqi sanggup sembuh dan tumbuh menyerupai bawah umur seumurannya.

Tags :