Kebakaran Jago Gereja Bersejarah Notre Dame, Artefak Mahkota Duri Milik Yesus Berhasil Diselamatkan!

Kebakaran Hebat Gereja Bersejarah Notre Dame, Artefak Mahkota Duri Milik Yesus Berhasil Diselamatkan!

Mahkota duri Yesus Kristus berhasil diselamatkan dari gereja Notre Dame
Mahkota duri yang pernah dikenakan Yesus Kristus berhasil diselamatkan dari bencana kebakaran Gereja Notre Dame di Paris, Perancis. | www.catholicvote.org

Syukurlah nggak hangus terbakar…

Sejumlah artefak penting yang berada di dalam Gereja Notre Dame di Paris, Perancis berhasil diselamatkan dari kebakaran andal pada Senin (15/4) malam.

Salah satunya ialah artefak paling bersejarah dan tidak ternilai dari umat Kristiani, yaitu mahkota duri milik Yesus Kristus yang dipakai ketika Dia disalib.

Lalu, bagaimana nasib artefak penting lainnya ya?

1.

Mahkota duri Yesus Kristus selamat

Mahkota duri Yesus Kristus berhasil diselamatkan dari gereja Notre Dame
Artefak mahkota duri Yesus Kristus sendiri menjadi salah satu koleksi artefak Katholik kuno yang ada di dalam Gereja Notre Dame. | www.thesun.co.uk

Dilansir dari Kompas, Selasa (16/4), mahkota duri milik Yesus Kristus yang menjadi artefak paling bersejarah di dunia berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Gereja Notre Dame sendiri memang menjadi daerah penyimpanan barang-barang bersejarah terutama yang mempunyai kaitan dekat dengan sejarah penyebaran agama Katholik pada masa keempat.

Mahkota duri Yesus Kristus ini sendiri menjadi salah satu artefak sumbangan Kekaisar Byzantium Baldwin II pada Raja Perancis Louis IX pada tahun 1238.

2.

Artefak suci lainnya juga berhasil selamat

Mahkota duri Yesus Kristus berhasil diselamatkan dari gereja Notre Dame
Puluhan artefak suci peninggalan umat Katholik juga berhasil diselamatkan dari dalam Gereja Notre Dame. | twitter.com

Selain mahkota duri milik Yesus Kristus, petugas pemadam kebakaran juga berhasil menyelamatkan artifak suci lainnya yang berada di dalam Gereja Notre Dame.

Beberapa diantaranya ialah potongan Salib yang dipakai untuk menyalib Yesus, dan juga Paku yang menusu di kaki serta tangan Yesus Kristus.

Petugas pemadam kebakaran juga berhasil menyelamatkan tunik kebesaran milik Raja Louis yang merupakan peninggalan dari masa ke-13.

3.

Kebakaran diduga alasannya ialah problem renovasi

Mahkota duri Yesus Kristus berhasil diselamatkan dari gereja Notre Dame
Menara di Gereja Notre Dame terlihat hangus terbakar pada Senin (15/4). | www.standard.co.uk

Petugas pemadam kebakaran Gereja Notre Dame hingga dikala ini masih belum memberikan secara resmi apa pemicu kebakaran di gereja berumur 850 tahun itu.

Namun, beberapa pejabat mengira adanya problem yang kemungkinan terjadi pada proses renovasi Gereja Notre Dame.

Asap sendiri mulai terlihat mengepul keluar dari bab atas Gereja Notre Dame pada pukul 18.00 waktu setempat. Tidak usang setelahnya, api berkobar semakin besar dan menjalar ke samping dua menara lonceng.

Presiden Perancis, Emmanuel Macron pun eksklusif menunda program seluruh aktivitas kerja di sentra kota untuk meninjau eksklusif kebakaran di Notre Dame.

4.

Api sudah berhasil dipadamkan

Mahkota duri Yesus Kristus berhasil diselamatkan dari gereja Notre Dame
Kebakaran Gereja Notre Dame berhasil dipadamkan pada Selasa (16/4). | www.bloomberg.com

Sebanyak 400 pemadam kebakaran pun berhasil memadamkan api yang berkobar di Gereja Notre Dame pada Selasa (16/4).

Sebagian besar bab gereja bersejarah itupun diakui berhasil diselamatkan terutama pada bangunan utama Gereja Notre Dame.

“Kami menganggap struktur utama Notre Dame masih dapat diselamatkan,” jelas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Paris, Jean Claude Gallet dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (16/4).

Seorang miliarder Perancis, Francois-Hensi Pinault pun siap menyumbangkan uang sebesar 113 juta dollar atau setara dengan Rp 1,5 triliun untuk merenovasi ulang Gereja Notre Dame pasca kebakaran terjadi.

Artikel Lainnya

Terbakarnya Gereja Notre Dame memang sangat disayangkan alasannya ialah bangunan ini mempunyai catatan sejarah yang begitu panjang dan sangat berharga.

Belum lagi, dengan banyaknya artefak penting umat Katholik yang tersimpan didalamnya menciptakan banyak orang diseluruh dunia merasa duka dengan insiden kebakaran ini.

Semoga insiden serupa tidak terulang dan artefak penting diseluruh dunia dapat tetap terjaga sebagai bab sejarah dunia.